UPAYA PENINGKATAN PEMAHAMAN KARYA ILMIAH BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI BAGI GURU DAN SISWA MADRASAH ALIYAH

Laili Wahyunita, Erry Fitrya Primadhany, Novita Mayasari Angelia, Deli Pramuditya

Abstract


Karya ilmiah merupakan bagian yang tak terpisahkan dari dunia pendidikan. Kebutuhan akan pemahaman terkait karya ilmiah sangat penting bagi guru dan siswa terutama di Sekolah Menengah Atas maupun Madrasah Aliyah. Terdapat 7 (tujuh) Sekolah Madrasah Aliyah di Kota Palangka Raya yang menjadi sasaran subjek pengabdian. Dari survey awal ditemukan permasalahan bahwa masih rendahnya pemahaman terhadap karya ilmiah yang ditandai dengan masih minimnya karya tulis ilmiah yang dihasilkan. Salah upaya peningkatan pemahaman karya ilmiah dilakukan dengan adanya kegiatan pengabdian yang diselenggarakan oleh perguruan tinggi. Melalui metode Participatory Action Research (PAR) dirancanglah kegiatan pengabdian untuk menyelesaikan objek pengabdian dari hasil analisis kebutuhan bersama. Langkah-langkah dalam kegiatan pengabdian ini dibagi menjadi 3 tahapan yaitu: (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan, dan (3) Evaluasi dan tindak lanjut. Hasil pengabdian menunjukkan guru dan siswa lebih termotivasi untuk membuat karya ilmiah berbasis teknologi informasi. Pihak sekolah sangat antusias dan menyambut baik kegiatan pengabdian dan mengisyaratkan adanya rencana tindak lanjut untuk kegiatan pendampingan lebih intens. Berdasarkan proses evaluasi dan tindak lanjut di akhir kegiatan, maka 100 persen peserta telah memahami dengan baik mengenai penulisan kaya ilmiah berbasis teknologi informasi.

Keywords


Teknologi Informasi, Karya Ilmiah, Madrasah Aliyah

Full Text:

PDF

References


Andriani, R., dan Afidah, M. (2020). Evaluasi Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat Dosen Universitas Lancang Kuning. JUPIIS: Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 12(1), 271-278.

Ambarwati, D., Wibowo, U.B., Arsyiadanti, H., dan Susanti, S. (2021). Studi Literatur: Peran Inovasi Pendidikan Pada Pembelajaran Berbasis Teknologi Digital. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 8(2), 173-184.

El-Sulukiyyah, A.A., dan Mardiningsih (2023). Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah Bagi Remaja Untuk Meningkatkan Ide Kreatif, Berpikir Kritis dan Inovatif Pada Siswa SMAN 1 Kota Pasuruan. Jurnal Abdi Insani 10(1), 389-400.

Fadjar, M. (1998). Madrasah Dan Tantangan Modernitas. Mizan. Bandung.

Hartati, S., Bayu, K., Eri, M., dan Karim, E. (2021). Pemberdayaan Perempuan Nelayan Melalui Metode Community Based Participatory Action (Studi Kasus Perempuan Nelayan Desa Pangandaran, Jawa Barat). Sarwahita, 18(1), 91-105.

Kantun, S., Sedyati, R.N., Sholekhah, I., Widayani, A., dan Mulyaningsih, W. (2023). Optimalisasi Keterampilan Menulis Karya Ilmiah Bagi Guru SMA/SMK. SELAPARANG. Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 7(1), 113-117

Mardin, H., Nane, L., Demulawa, M., Hardianti, W.E., dan Alwi, N.M. (2023). Peningkatan Kemampuan Penulisan Dan Publikasi Karya Tulis Ilmiah Bagi Peserta Didik dan Guru Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Boalemo Provinsi Gorontalo. E-DIMAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 14(1), 167-173.

Wahyuddin. (2016). Komitmen Profesi dan Pengaruhnya Terhadap Kompetensi Profesional Guru Pada Madrasah Tsanawiyah di Kota Makassar. Auladuna Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 3(1), 1-10

Nugraha, I.R.R., U Supriadi, U., dan Firmansyah, M.I. (2023). Efektivitas Strategi Pembelajaran Project Based Learning Dalam Meningkatkan Kreativitas Siswa. Jurnal Penelitian Dan Pendidikan IPS (JPPI), 17(1), 39-47

Prasetyono, H., dan Asikin, I. (2022). Workshop Penulisan Karya Tulis Ilmiah Bagi Guru SMK Bina Nusa Mandiri. Publikasi Pengabdian Masyarakat Komputer dan Teknologi (PUNDIMASKOT) 1(2), 64-68.

Primadhany, E.F., Angelia, N.M., Angraeni, N., dan Jarkani, B. (2022). Maḥāsin Al-Syari ‘ah on The Implementation of Mahḍah Worship: Overview of Islamic Legal Philosophy. Samarah: Jurnal Hukum Keluarga dan Hukum Islam 6(2):634-654

Primadhany, Erry Fitrya, Purwoto, A., Mikhael, L., Kurniawati, E., Bachriani, R.D., Elfikri, N.F., Ramadhani, M. Y. A., Utama, A.S., R Fitri, R., Pajrin, R., dan Kusumadewi, Y. (2023). Hukum Bisnis Di Indonesia. Global Eksekutif Teknologi. Get Press Indonesia. Jakarta. 192 hal.

Romadani, A.T.F., dan Prasetyo, D. (2020). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi Dalam Mata Kuliah Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi. Jurnal Edukasi Khatulistiwa Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia, 3(2), 54-61

Sholeh, M., Susetyo, J., dan Hapsari, P. (2017). IbM Kelompok Guru Sebagai Upaya Meningkatkan Kompetensi Profesional Melalui Pendampingan Penulisan Karya Tulis Ilmiah dan Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Prosiding Seminar Sains Nasional dan Teknologi, 1(1), 98-103

Solikha, N. (2014). Analisis Hasil Belajar Matematika pada kelas XI Bahasa Ditinjau Dari Asal Sekolah dan Kemampuan Bahasa Inggris di MA. Ma’arif Sukorejo. (Thesis). Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN Sunan Ampel, Surabaya.

Sumarna, C. (2006). Filsafat Ilmu Dari Hakikat Menuju Nilai. Pustaka Bani Quraisy. Bandung.

Uhbiyati, N. (1998). Ilmu Pendidikan Islam. Pustaka Setia. Bandung.




DOI: https://doi.org/10.33373/jmb.v7i2.5788

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


License URL: https://creativecommons.org/licenses/by/4.0/

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.