PELATIHAN BAHASA INGGRIS MARITIM MELALUI ROLE PLAY METHOD KEPADA SISWA-SISWI SMKS PELAYARAN PUTRA SAMUDRA SORONG

Yuniar Ayu Hafita, Agus Sulistiono, Ryan Puby Sumarta, Dian Saputra, Hasanudin Hasanudin, Inang Inang

Abstract


Pelatihan Bahasa Inggris maritim merupakan komponen kritis dalam persiapan siswa pelayaran untuk menunjang karir di industri maritim global. Dalam pengabdian kali ini bertujuan untuk melihat metode bermain peran (role play method) dalam pelatihan Bahasa Inggris maritim menggunakan terhadap kemampuan siswa dalam berkomunikasi efektif di lingkungan maritim. Pengabdian ini melibatkan sekelompok siswa SMK Pelayaran Putra Samudra Kota Sorong yang mengikuti program pelatihan intensif selama periode tertentu. Dalam program ini, metode bermain peran digunakan sebagai alat utama untuk mempraktikkan situasi komunikasi yang realistis di kapal dan pelabuhan. Hasil dari pengabdian ini menunjukkan bahwa siswa yang mengikuti pelatihan ini menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam keterampilan berbicara, mendengarkan, dan memahami Bahasa Inggris maritim. Mereka juga menunjukkan peningkatan dalam pemahaman tentang protokol komunikasi dan penggunaan istilah teknis yang khas dalam dunia maritim. Pengabdian ini memberikan bukti kuat bahwa metode bermain peran adalah salah satu pendekatan yang efektif dalam pelatihan Bahasa Inggris maritim. Implikasi dari hasil ini adalah bahwa program pelatihan Bahasa Inggris maritim dapat diperkaya dengan memasukkan latihan yang meniru situasi nyata di kapal dan pelabuhan. Hal ini akan mempersiapkan siswa secara lebih baik untuk menghadapi tantangan komunikasi dalam lingkungan maritim internasional, meningkatkan keberhasilan mereka dalam karir pelayaran.

Keywords


Bahasa Inggris Maritim, Metode Bermain Peran, Pelayaran, Pelatihan, SMKS Pelayaran

Full Text:

PDF

References


Al-Syahrin, M. N. (2018). Kebijakan Poros Maritim Jokowi dan Sinergitas Strategi Ekonomi dan Keamanan Laut Indonesia. Indonesian Perspective, 3(1), 1-17.

Aprizawati, A., dan Satria, B. (2020). Bimbingan Marlin Test Secara Daring dalam Meningkatkan Kemampuan Bahasa Inggris Maritim Bagi Alumni Pelayaran di Kecamatan Bukit Batu. Humanism: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(3), 209-217

Demydenko, N. (2012). Teaching maritime English: A linguistic approach. Journal of Shipping and Ocean Engineering, 2(4), 249.

Fauziningrum, E., dan Nicolas, E. (2019). Evaluasi Kegiatan Belajar dan Mengajar Bahasa Inggris Maritim Menggunakan Need Analysis Approach. Jurnal Sains dan Teknologi Maritim, 20(1), 75–82. https://doi.org/10.33556/jstm.v20i1.219

Manurung, S., dan Yana, D. (2018). Learning English Using Songs For Elementary Students At Kavling Seroja. Minda Baharu, 2(2), 132-142.

Muslim, I. F., Salsabila, F., dan Priyono, P. (2022). Urgensi model komunikasi dua arah pada proses pendidikan. Intelektium, 3(2), 147–151. https://doi.org/10.37010/int.v3i2.892

Mustofa, M. I., dan Martina, F. (2019). The Analysis of Cultural Content in Two EFL Textbooks Used at SMA IT Iqra’ And SMKN 1 Bengkulu City. Journal of English Education and Teaching, 3(4), 481–493. https://doi.org/10.33369/jeet.3.4.481-493

Pritchard, B. (2003). Maritime English syllabus for the modern seafarer: safety-related or comprehensive courses? WMU Journal of Maritime Affairs, 2, 149-166.

Rosyada, K., Zulhatta, A. I., dan Marsetio, M. (2020). Memajukan Keamanan Maritim pada Sektor keselamatan Laut dalam Menghadapi Penyebaran Covid-19. NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 7(3), 489-501.

Saleh, A., Anggraini, M., dan Efastri, S. M. (2018). Implementasi keselamatan lalu lintas pada anak usia dini dengan metode pendekatan pembelajaran koopertaif tipe role playing. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 42–46. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v2i1.998

Saputra, D., Said, E., dan Maipauw, N. J. (2020). Peran pendidikan di era milenial. Abdimas: Papua Journal of Community Service, 2(1), 18-22.

Sinaga, J. B., Manurung, S., dan Marpaung, J. (2022). Pendampingan Pembelajaran Bahasa Inggris Melalui Bimbingan Belajar Untuk Anak SD di Sagulung English Learning Assistance For The Children Of Elementary School In Sagulung. Minda Baharu, 6(2), 215-224.

Wael, A., Akib, M., Hasanudin, H., dan Akib, R. (2023). Autonomous Learning Strategies for Academic Speaking by English Education Department Students. J-SHMIC: Journal of English for Academic, 10(1), 51–62.

Wahyono, E., Supraba, A., dan Asmin, A.I. (2021). Pelatihan Bahasa Inggris untuk Pelayaran (SMK Pelayaran Samudera Nusantara Utama-Palopo). Abdimas Langkanae, 1(2), 49-53.

Wannan, G., dan York, A. (2005). Using video and role‐play to introduce medical students to family therapy: is watching better than appearing? Journal of Family Therapy, 27(3), 263-271.

Westrup, U., dan Planander, A. (2013). Role-play as a pedagogical method to prepare students for practice: The students’ voice. Högre utbildning, 3(3), 199-210.




DOI: https://doi.org/10.33373/jmb.v7i2.5797

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


License URL: https://creativecommons.org/licenses/by/4.0/

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.