PEMANFAATAN MEDIA PEMASARAN DIGITAL: UPAYA MENINGKATKAN PEMASARAN PRODUK UMKM DI PULAU PANJANG, KELURAHAN SIJANTUNG, KECAMATAN GALANG, KOTA BATAM

Magneta Hisyam, Ahmad Yanizon, Rimayang Anggun Ramli, Habibuddin Nasution, Dini Angraini, Edwin Agung Wibowo, Ramses Ramses

Abstract


Pemanfaatan media pemasaran digital pelaku usaha, mikro, kecil dan menengah (UMKM) memungkinkan pembeli memperoleh seluruh informasi mengenai produk dan bertransaksi melalui internet, dan memungkinkan penjual memantau dan menyediakan kebutuhan serta keinginan calon pembeli tanpa batasan waktu dan geografis. Saat ini para pelaku UMKM di Pulau Panjang, Kelurahan Sijantung masih sangat minim tingkat pengetahuan tentang teknologi pemasaran digital serta praktik digitalisasi yang mereka laksanakan masih sangat terbatas. Tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan tentang pemasaran digital bagi para pelaku UMKM di Pulau Panjang, Kelurahan Sijantung serta dapat memanfaatkan media pemasaran digital untuk meningkatkan pemasaran produk UMKM Kelurahan Sijantung. Pelaksanaan kegiatan dilakukan melalui beberapa tahapan, yaitu: (1) Tahap persiapan yang terdiri dari kegiatan observasi dan perizinan serta pendataan para pelaku UMKM di Kelurahan Sijantung (2) Tahap implementasi atau pelaksanaan kegiatan yaitu memberikan materi tentang pemanfaatan media pemasaran digital (3) Evaluasi Keterlibatan dan Partisipasi, (4) Analisis Kualitas Konten Digital. Pemanfaatkan media pemasaran digital yang telah dilakukan oleh pelaku UMKM Kelurahan Sijantung sudah memberikan dampak positif seperti pembuatan media sosial instagram untuk menjual produk, membuat logo produk, membuat pamflet iklan digital untuk produk-produk UMKM, serta mengedit foto produk agar lebih menarik untuk dijual, sehingga sangat membantu dalam mempromosikan produk dan memperluas jangkauan konsumen.

Keywords


Pemasaran Digital, Produk UMKM, Kelurahan Sijantung

Full Text:

PDF

References


Andreas, A. (2021). The Fundamental Of Digital Marketing. PT. Elek Media Komputindo. Jakarta.

Anjungroso, F. (2019). Pentingnya UMKM Punya Pembukuan, Accurate Kampanyekan Program Kapan Naik Kelas. Dikutip dari https://www.tribunnews.com/bisnis/ 2019/11/05/pentingnya-umkm-punyapembukuan -accurate- kampanyekan program -kapan-naik-kelas. Diakses pada tanggal 20 November 2023

Chaffey, D., dan Chadwick, F. (2016). Digital Marketing: Strategy, Implementation, and Practice. Pearson Education Limited. United Kingdom.

Hapsoro, B.B., Palupiningdyah, dan Slamet, A. (2019). Peran Digital Marketing sebagai Upaya Peningkatan Omset Penjualan Bagi Klaster UMKM di Kota Semarang. ABDIMAS, 23(2), 117-120.

Hamzah, R. E., dan Putri, C. E. (2021). Pemanfaatan Digital marketing oleh Pelaku UMKM di Kuningan Barat Jakarta Selatan. Jurnal Pustaka Dianmas, 1(1), 12-20.

Nur. F., dan Maulidza. (2023). Penerapan Digital Marketing Sebagai Upaya Peningkatan Penjualan Pada UMKM Di Desa Waruk. Jurnal Pengabdian Masyarakat Akademik, 1 (2), 30-35.

Rizaldi, T., dan Putranto, H. A. (2018). Penerapan digital marketing sebagai strategi marketing dan branding pada UMKM. Prosiding Seminar Nasional hasil Penelitian dan Pemgabdian, Tahun 2018. Politeknik Negeri Jember. Hal. 56–59.

Segarwati, Y., Fitrananda, C.A., Iqbal, M., dan Rahiem, V.A. (2016). Pengembangan Pemasaran Online Untuk Pelaku Usaha di Desa Warnasari, Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung. Kaibon Abhinaya: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 45-52.

Susanti, E. (2020). Pelatihan Digital marketing Dalam Upaya Pengembangan Usaha Berbasis Teknologi Pada UMKM Di Desa Sayang Kecamatan Jatinangor. Sawala: Jurnal pengabdian Masyarakat Pembangunan Sosial, Desa dan Masyarakat, 1(2), 36-50.

Tjiptono, F. (2018). Strategi Pemasaran. Edisi Ketiga. Penerbit Andi. Yogyakarta.

Vincent, W.A., dan Wismantoro, Y. (2020). Marketing Digital. Solusi Bisnis Masa Kini dan Masa Depan. PT. Kanisius. Yogyakarta.

Wardhani, A., dan Romas. A.N., 2021. Analisis Strategi Digital Marketing di Masa Pandemi Covid-19. Journal of Research in Business and Economics, 4 (1), 29-54.




DOI: https://doi.org/10.33373/jmb.v7i2.5818

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


License URL: https://creativecommons.org/licenses/by/4.0/

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.