STEM EDUCATION WORKSHOP DI MGMP MATEMATIKA SMP KOTA BANDUNG UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU

Riska Novia Sari, Nurjanah Nurjanah, Elah Nurlaelah, Atika Defita Sari, Tri Nova Hasti Yunianta, Marfi Ario, Wita Ratna Puspita, Ika Wulandari, Afifah Latip Rasyid Jauharu, Ratri Isharyadi, Hermanto Hermanto, M Soeleman

Abstract


STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) telah menjadi fondasi utama dalam perkembangan teknologi, ekonomi, dan inovasi global. Saat ini, perlunya STEM dalam masyarakat menjadi semakin nyata, karena perubahan dunia yang semakin cepat dan kompleks memerlukan pemahaman mendalam tentang ilmu-ilmu ini. Dalam konteks pendidikan, kebutuhan akan STEM semakin mendesak. Generasi muda harus siap menghadapi tantangan masa depan yang semakin kompleks sehingga membutuhkan keterampilan STEM yang kuat. Pendidikan STEM tidak hanya mengajarkan siswa tentang ilmu pengetahuan dan teknologi, tetapi juga membentuk pemikiran kritis, problem solving, dan kreativitas yang lebih dikenal dengan istilah kemampuan abad 21. Ini adalah keterampilan yang sangat dibutuhkan di pasar kerja modern. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan ini berfokus pada penyelenggaraan workshop berbasis STEM bagi forum Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) matematika tingkat SMP di Kota Bandung, dengan tujuan mengatasi sejumlah permasalahan yang meliputi kurangnya pemahaman dan praktik STEM di kalangan guru matematika, keterbatasan penyebaran hasil pelatihan, dan kurangnya motivasi guru untuk meningkatkan kompetensinya. Workshop ini memberikan pemahaman tentang STEM, pendekatan EDP, serta contoh praktik STEM dalam pembelajaran matematika. Metode kegiatan pengabdian berupa pelatihan dengan metode ceramah, tanya jawab, dan praktik. Tahapan kegiatan mencakup perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Hasil kegiatan pengabdian berupa peningkatan pemahaman guru tentang STEM, EDP dan praktik STEM dalam pembelajaran matematika. Capaian ini terlihat dari antusiasme guru pada saat kegiatan praktik dan dari hasil refleksi.

Keywords


Workshop, STEM, Guru Matematika SMP, Pembelajaran Matematika

Full Text:

PDF

References


Ahmad, I. (2018). Proses Pembelajaran Digital dalam Era Revolusi Era 4.0. Direktur Jendral Pembelajaran dan Kemahasiswaan. Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi. Jakarta.

Bowman, K. (2010). Background paper for the AQF Council on generic skills. South Australian Department of Further Education Employment Science and Technology

Capraro, R. M., Capraro, M. M., dan Morgan, J. R. (2013). STEM Project-Based Learning: An Integrated Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) Approach. Sense Publishers. https://doi.org/10.1007/978-94-6209-143-6

Eltanahy, M., Forawi, S., dan Mansour, N. (2020). Incorporating Entrepreneurial Practices into STEM Education: Development of Interdisciplinary E-STEM Model in High School in the United Arab Emirates. Thinking Skills and Creativity, 37(April), 100697. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2020.100697

English, L.D., dan King, D.T. (2015). STEM learning through engineering design: Fourth-grade students’ investigations in aerospace. International Journal of Stem Education, 2, 1-18.

Furner, J.M., dan Kumar, D.D. (2007). The mathematics and science integration argument: A stand for teacher education. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 3(3), 185–189. https://doi.org/10.12973/ejmste/75397

Gallant, D.J. (2010). Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) education. McGraw-Hill.

Gundogdu, N.S., dan Tunc, M.P. (2022). Improving Middle School Students ’ Proportional Reasoning Through STEM Activities. Journal of Pedagogical Research, 6(2), 164–185.

Hester, K., dan Cunningham, C. (2007). Engineering is elementary: An engineering and technology curriculum for children. ASEE Annual Conference and Exposition, Conference Proceedings. https://doi.org/10.18260/1-2--1469

Jolly, A. (2017). STEM by Design Strategies and Activities for Grades 4-8. Routledge.

Lamb, R., Akmal, T., dan Petrie, K. (2015). Development of a cognition-priming model describing learning in a STEM classroom. Journal of Research in Science Teaching, 52(3), 410–437. https://doi.org/10.1002/tea.21200

Morrison, J. (2006). Attributes of STEM education: The student, the school, the classroom. TIES (Teaching Institute for Excellence in STEM).

Öner, A.T., dN Capraro, R.M. (2016). Is STEM academy designation synonymous with higher student achievement? Education and Science, 41(185), 1–17. https://doi.org/10.15390/EB.2016.3397

Roberts, A., dan Cantu, D.V. (2012). Applying STEM Instructional Strategies to Design and Technology Curriculum.

Rennie, L., Venville, G., dan Wallace, J. (2012). Reflecting on curriculum integration: Seeking balance and connection through a worldly perspective. In L. Rennie, G. Venville, & J. Wallace (Eds.), Integrating Science, Technology, Engineering, and Mathematics: Issues, Reflections, and Ways Forward (pp. 123–142). Routledge.

Sahin, A., Ayar, M. C., dan Adiguzel, T. (2014). STEM Related After-School Program Activities and Associated Outcomes on Student Learning. Educational Sciences: Theory & Practice, 14(1), 309–322. https://doi.org/10.12738/estp.2014.1.1876

Thibaut, L., Ceuppens, S., De Loof, H., De Meester, J., Goovaerts, L., Struyf, A., Boeve-de Pauw, J., Dehaene, W., Deprez, J., De Cock, M., Hellinckx, L., Knipprath, H., Langie, G., Struyven, K., Van de Velde, D., Van Petegem, P., dan Depaepe, F. (2018). Integrated STEM Education: A Systematic Review of Instructional Practices in Secondary Education. European Journal of STEM Education, 3(1), 1–12. https://doi.org/10.20897/ejsteme/85525




DOI: https://doi.org/10.33373/jmb.v7i2.5861

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


License URL: https://creativecommons.org/licenses/by/4.0/

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.