PENINGKATAN PROFESIONALISME BISNIS UMKM MELALUI PELATIHAN KEWIRAUSAHAAN BAGI IBU SANTRI YATIM

Kussusanti Kussusanti

Abstract


Sustainability Development Goals (SDGs) yang dirancangkan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa, program pengabdian kepada masyarakat menjadi tanggung jawab bersama seluruh masyarakat. Salah satu pihak yang memerlukan bantuan adalah ibu santri yatim. Ibu tunggal yang merawat anak yatim piatu bukan hal mudah untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari karena terbatasnya pendidikan dan keterampilan. Sebagai solusi, membuka usaha kecil menjadi pilihan. Namun, usaha kecil yang dikelola tidak berkembang dengan baik dan kurang profesional. Menyikapi hal ini, tim Program Pengabdian Kepada Masyarakat dari Universitas Al Azhar Indonesia menyele nggarakan pelatihan dengan tema peningkatan keterampilan usaha kecil, agar para ibu santri yatim dapat menjalankan UMKM dengan lebih profesional. Peserta pelatihan ini adalah 20 orang ibu santri yatim yang bernaung di Yayasan Yatim Piatu Pejaten (YYPP), yang berlokasi di Jakarta Selatan. Metode yang digunakan adalah pelatihan secara offline tatap muka di YYPP dengan tema Peningkatan Keterampilan Usaha Kecil, meliputi achievement motivation, business creativity, time management, product and service quality serta communication skills. Target atau indikator capaian keberhasilan kegiatan ini adalah terjadi perubahan pengetahuan dari para peserta. Pre test dan post test menunjukkan perubahan pengetahuan mengenai lima materi yang disampaikan, berkisar dari 20% sampai 50%. Sedangkan untuk tingkat kepuasan, terukur sebesar 87% peserta menyatakan sangat puas terhadap pelatihan ini.

Keywords


ibu santri yatim, kewirausahaan, pemberdayaan wanita, profesionalisme bisnis, UMKM.

References


Arindita, R., & Arifah, N. (2023). The Influence of Islamic Content on Instagram Through Product Attractiveness Towards Corporate Image. Wacana, Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 204, 201–218. https://doi.org/10.32509/wacana.v22i2.2677

Azrianti, S. (2020). Sosialisasi E-commerce Untuk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di RW 18 Keluarahan Tembesi Kecamatan Sagulung. Minda Baharu, 4(2), 99. https://doi.org/10.33373/jmb.v4i2.2598

Badan Pusat Statistik. (2024). Upah Minimum Provinsi DKI Jakarta. https://jakarta.bps.go.id/id/statistics-table/2/MTIzNiMy/upah-minimum-provinsi-dki-jakarta.html

Beth, M. (2019). What Is the Eisenhower Matrix, and How Can It Help With Time Management? Training Industry. https://trainingindustry.com/articles/strategy-alignment-and-planning/what-is-the-eisenhower-matrix-and-how-can-it-help-with-time-management/

Deviacita, Q. A., & Kussusanti, K. (2023). Strategi Komunikasi Persuasi Online Dalam Relationship Marketing. Ekspresi Dan Persepsi : Jurnal Ilmu Komunikasi, 6(2), 380–395. https://doi.org/10.33822/jep.v6i2.4904

Faradila, F., & Kartini, T. (2023). Implementasi Merek dan Kemasan Untuk Meningkatkan Penjualan Produk Usaha Mikro, Kecil dan Menengah di Desa Purwadadi. Minda Baharu, 7(2), 267–276. https://doi.org/10.33373/jmb.v7i2.5796

Farhani, A. (2023). Dimension of Service Quality (Rater) on Consumer Satisfaction. PubBis: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Administrasi Publik Dan Administrasi Bisnis, 7(1), 42–53. https://doi.org/10.35722/jurnalpubbis.v7i1.648

Gea, A. A. (2014). Time Management: Menggunakan Waktu Secara Efektif dan Efisien. Humaniora, 5(2), 777–785.

Kussusanti, K., Arindita, R., Atmadi, G., & Arifah, N. (2021). Online Communications in Medical Mobile Application: Customer Complaint’s Assertiveness During Covid-19 Pandemic. 3rd Jogjakarta Communication …, 596(Jcc), 46–51.

Kussusanti, K., Gunawan, I., & Turpyn, J. (2022). Listening Behaviour and Assertive Communications in Preventing Switching Intentions of Hospital Customers. International Journal of Social Science And Human Research, 05(11), 5043–5050. https://doi.org/10.47191/ijsshr/v5-i11-30

Kussusanti, K., Tjiptoherijanto, P., Halim, R. E., & Furinto, A. (2019). Informational justice and post-recovery satisfaction in e-commerce: The role of service failure severity on behavioral intentions. Journal of Asian Finance, Economics and Business, 6(1), 129–139. https://doi.org/10.13106/jafeb.2019.vol6.no1.129

Kussusanti, K., Tjiptoherijanto, P., Halim, R. E., & Furinto, A. (2021). The Role of Communication Justice and Assertive Communication in B2C Marketplace Post Recovery Satisfaction. International Journal of Social Science and Human Research, 04(06), 1342–1353. https://doi.org/10.47191/ijsshr/v4-i6-18

Oktarina, S., Akbar, W. K., Wijaya, W., & Rahayu, S. (2024). Perjuangan Perempuan Single Parent di Nagari Lubuk Malako: Menyiasati Tantangan dalam Penghidupan Keluarga. Community, 10(April), 69–85.

Prasetya, R. E., Syarif, A., & Lydiani, S. (2022). Pelatihan Ketrampilan Penguasaan Teknologi, Komunikasi Bahasa Inggris Dan Ketahanan Mental Untuk Kelompok Umkm Karang Tengah. Jurnal Warta Desa (JWD), 4(3), 139–147. https://doi.org/10.29303/jwd.v4i3.195

Putra, M. R. D., & Rusmawati, D. (2021). Hubungan Antara Motivasi Berprestasi Dengan Intensi Berwirausaaha Pada Mahasiswa Fakultas Teknik Jurusan Pendidikan Kesejahteraan Keluarga Universitas Negeri Semarang. Jurnal EMPATI, 9(6), 461–465. https://doi.org/10.14710/empati.2020.30064

Rusdianto, R., Subiyanto, S., & Arini, A. (2022). Peranan Kreativitas dan Inovasi Dalam Usaha Meningkatkan Volume Penjualan Pada Pondok ”Aroma Vegetarian. Jurnal Bisnis, Manajemen, Dan Ekonomi, 3(3), 163–180. https://doi.org/10.47747/jbme.v3i3.781

Savitri, E., Yughi, S. A., Lestari, A. W., Awaludin, T., & Cahyadi, E. (2020). Membangkitkan Motivasi Dan Jiwa Keirausahaan Di Pondok Pesantren Yatim Alhanif Kelurahan Serua Kecamatan Ciputat Kota Tangerang Selatan. Dedikasi PKM, 2(1), 126. https://doi.org/10.32493/dedikasipkm.v2i1.8504

Susita, D., Mardiyati, U., & Aminah, H. (2017). Pelatihan Kewirausahaan Bagi Pelaku Usaha Kecil Dan Binaan Koperasi Di Rumah Susun Sederhana Sewa (Rusunawa) Cipinang Besar Selatan. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), 1(1), 58–72. https://doi.org/10.21009/jpmm.001.1.05

United Nations The 17 Sustainable Development Goals. (2024). Division of Sustainable Development Goals. https://sdgs.un.org/goals

Vinatra, S., Bisnis, A., Veteran, U., & Timur, J. (2023). Peran Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dalam Kesejahteraan Perekonomian Negara dan Masyarakat. Jurnal Akuntan Publik, 1(3), 1–08.

Wangania, D., Tarandung, C., & Patiro, A. (2024). Menciptakan Peluang Bisnis Berdasarkan Kreativitas Mahasiswa Universitas Teknologi Sulawesi Utara. Jurnal Riset Ilmu Manajemen Dan Kewirausahaan, 2(3), 1–8.

YYPP. (2019). Yayasan Yatim Piatu Pejaten. https://yyppejaten.wordpress.com

Zamora, R., & Nurhayati, N. (2019). Pendampingan Dan Pelatihan Kewirausahaan Masyarakat Nelayan Di Tanjung Gundap. Minda Baharu, 3(2), 75. https://doi.org/10.33373/jmb.v3i2.2005




DOI: https://doi.org/10.33373/jmb.v9i1.7026

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


License URL: https://creativecommons.org/licenses/by/4.0/

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.