PENGARUH LINGKUNGAN KERJA, STRES KERJA, BEBAN KERJA DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN DI BIDANG RAWAT JALAN RS GRAHA HERMINE KOTA BATAM

Yannik Ariyati, Ferry Muliadi Manalu, Liza Mulia Putri

Abstract


Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui Pengaruh Lingkungan Kerja, Stres Kerja, Beban Kerja dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Karyawan di Bidang Rawat Jalan Rumah Sakit Graha Hermine Kota Batam. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Populasi dalam penelitian ini menggunakan sampel 109 orang karyawan. Teknik analisis dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda. Teknik samplingnya menggunakan teknik proportionate stratified random sampling. Data penelitian ini diolah menggunakan SPSS versi 20. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial variabel Lingkungan Kerja (X1) dan Disiplin Kerja  (X4)  tidak terdapat pengaruh signifikan terhadap Kinerja Karyawan (Y), sedangkan variabel Stres Kerja (X2) dan Beban Kerja (X3) terdapat pengaruh signifikan terhadap Kinerja Karyawan (Y). Hasil penelitian secara simultan menunjukkan bahwa variabel Lingkungan Kerja (X1), Stres Kerja (X2), Beban Kerja (X3) dan Disiplin Kerja (X4) secara bersama-sama berpengaruh terhadap Kinerja Karyawan (Y).

Kata kunci : Lingkungan Kerja, Stres Kerja, Beban Kerja dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Karyawan


References


Afandi, Pandi. 2016. Concept & Indicator Human Resources Management For Management Researth. Yogyakarta : Deepublish.

Afandi, Pandi. 2018. Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Teori, Konsep dan Indikator. Cetakan Kesatu. Nusa Media.

Hariyati, M. 2011. “Pengaruh Beban Kerja Terhadap Kelelahan Kerja Pada Pekerja Linting Manual Di PT. Djitoe Indonesia Tobacco Surakarta”. Skripsi. Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Hasibuan, H. Malayu. 2014. Manajemen sumber daya manusia. Jakarta: PT Bumi Aksara

Sugiyono (2017). Metode Penelitian Kualitatif: Untuk penelitian yang bersifat: eksploratif, enterpretif, interaktif, dan konstruktif. Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.33373/bening.v8i1.3119

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN Barcode:

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.