PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, PERSEPSI HARGA, DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP TINGKAT PENJUALAN MOBIL TOYOTA YARIS DI WILAYAH BATAM

Rimayang Anggun Laras Prastianty Ramli, Rudi yanto batara silalahi

Abstract


 

Lancarnya suatu perekonomian ditentukan oleh kempuan membeli dan kemampuan menjual dari suatu produk. Penjualan merupakan masalah yang paling menarik untuk diteliti dimana tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kulaitas pelayanan, persepsi harga, dan kualitas produk terhadap penjualan mobil Toyota Yaris di Wilayah Batam. Penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan non probability sampling dengan metode pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling sehingga diperoleh 82 orang sebagai sempel. Teknik pengumpulan data dengan menyebarkan kuesioner dan hasilnya diolah dengan SPSS versi 20 dan dianalisis dengan analisa regresi linear berganda yang hasil persamaannya Y= 4,962 + 0,300X1 +0,282X2 + 0,231X3. Selanjutnya dilakukan Uji t dan Uji F untuk menguji hipotesisnya sehingga diperoleh hasil: 1) kualitas pelayanan secara parsial berpengaruh signifikan terhadap penjualan (Sig 0,024 < 0,05), 2) persepsi harga secara parsial berpengaruh signifikan terhadap penjualan (sig 0,015 < 0,05), 3) kualitas produk secara parsial berpengaruh signifikan terhadap penjualan (sig 0,027 < 0,05), dan 4) kualiatas pelayanan, persepsi harga, dan kualitas produk secara simultan berpengaruh signifikan terhadap penjualan (sig 0,000 < 0,05).

 

Keywords: Kualitas Pelayanan, Persepsi Harga, Kualitas Produk, dan Penjualan


Full Text:

PDF

References


Amrullah, Siburian, P. S., & ZA, S. Z. (2016). Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda. Kinerja : Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 13(2), 99.

Fatmawati, N., & Soliha, E. (2017). Kualitas Produk, Citra Merek dan Persepsi Harga Terhadap Proses Keputusan Pembelian Konsumen Sepeda Motor Matic “Honda.” Journal of Theory and Applied Management, 10(1), 1.

Gusrizaldi, R., & Komalasari, E. (2016). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Penjualan Di Indrako Swalayan Teluk Kuantan. Jurnal Valuta, 2(2), 286–303.

Juniantara, I. M. A., & Sukawati, T. G. R. (2018). Pengaruh Persepsi Harga, Promosi, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Dan Dampaknya Terhadap Loyalitas Konsumen. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 7(11), 5955.

Lesmana, R. (2019). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pt. Radekatama Piranti Nusa. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 2(2), 115.

Manik, corenela dumarya. (2015). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Promosi Terhadap Tingkat Penjualan. Jurnal Ilmiah Prodi Manajemen Universitas Pamulang, 3(1), 40–56.

Montung, P., Sepang, J., & Adare, D. (2015). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan Dan Persepsi Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Di Restoran Kawan Baru. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, 15(5), 678–689.

Sari, M. R., & Lestari, R. (2019). Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Pelayanan dan Kualitas produk terhadap kepuasan dan dampaknya pada minat pembelian Ulang konsumen keretaapi kelas eksekutir argo parahiyangan. Jurnal Ilmu Manajemen Oikonomia, 13(2), 37–48.




DOI: https://doi.org/10.33373/bening.v7i1.2380

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN Barcode:

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.