PENGARUH KOMPETENSI KOMUNIKASI, KECERDASAN EMOSIONAL DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PT. POS PUSAT BATAM

Rahman Hasibuan

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untukmengetahui apakah kompetensi komunikasi, kecerdasan emosional dan budaya organisasi berpengaruh terhadap kinerja karyawan pada karyawan PT. Pos indonesia kantor pusat batam. Data penelitian diperoleh dari hail penyebaran kuesioner. Jumlah responden sebanyak 41 karyawan, selanjutnya data diolah menggunakan SPSS versi 25.Teknik pengujian instrumen dalam penelitian ini adalah uji validitas dan uji reliabilitas, sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah uji asumsi klasik dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1.) Variabel kompetensi komunikasi tidak berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap kinerja karyawan pada PT. Pos Pusat Batam karena berdasarkan uji t didapatkan nilai t hiting < t tabel atau -0,562 < 1,684 dan nilai signifikan 0,577 > 0,05. 2). Variabel kecerdasan emosional tidak berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap kinerja karyawan pada PT. Pos Kantor Pusat Batam karena berdasarkan uji t didapatkan nilai t hitung < t tabel atau 0,633 < 1,684 dan nilai signifikan 0,531 > 0,05. 3). Variabel budaya organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan pada PT. Pos Pusat Batam karena berdasarkan uji t didapatkan nilai t hitung >t  tabel atau 11,004 > 1,684 dan nilai signifikan 0,000 < 0,05. 4). Variabel bebas yang mencakup kompetensi komunikasi, kecerdasan emosional dan budaya organisasi secara simultan (bersama-sama) memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap variabel terikat kinerja karyawan pada PT. Pos Pusat Batam.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.33373/bening.v7i1.2400

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN Barcode:

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.