PENGARUH MOTIVASI KERJA, DISIPLIN KERJA, LINGKUNGAN KERJA, DAN GAYA KEPEMIMPINAN TERHADAP KINERJA PEGAWAI NEGERI SIPIL DINAS PERINDUSTRIAN DAN PERDAGANGAN DAERAH PEMERINTAH KOTA BATAM

Kepi Kusumayanti, Sri Langgeng Ratnasari, Lukmanul Hakim

Abstract


Kinerja Pegawai memiliki peranan yang sangat penting dalam organisasi, karena kinerja Pegawai merupakan hasil akhir dari proses kinerja Pegawai dalam menyelesaikan tugasnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Motivasi Kerja terhadap Kinerja Pegawai. Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Disiplin Kerja terhadap Kinerja Pegawai. Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Pegawai. Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Gaya Kepemimpinan terhadap Kinerja Pegawai Negeri Sipil Dinas Perindustrian dan Perdagangan Pemerintah Kota Batam. Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Motivasi Kerja, Disiplin Kerja, Lingkungan Kerja, dan Gaya Kepemimpinan terhadap Kinerja Pegawai Negeri Sipil Dinas Perindustrian dan Perdagangan Pemerintah Kota Batam. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh Pegawai Negeri Sipil Dinas Perindustrian dan Perdagangan Pemerintah Kota Batam yang berjumlah 51 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh dimana seluruh populasi pada penelitian ini dijadikan sampel dengan jumlah 51 responden. Data diperoleh dengan menggunakan instrumen angket dan telah diuji validitas dan reliabilitas. Pengujian data ini dianalisis dengan menggunakan regresi linear berganda, dan dilakukan pengujian hipotesis secara uji t dan uji F. Hasil penelitian berdasarkan pengujian secara parsial menunjukkan bahwa Motivasi Kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja Pegawai, Disiplin Kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja Pegawai, Lingkungan Kerja tidak berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap Kinerja Pegawai, dan Gaya Kepemimpinan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja Pegawai Negeri Sipil Dinas Perindustrian dan Perdagangan Daerah Pemerintah Kota Batam. Pengujian secara simultan menunjukkan bahwa Motivasi Kerja, Disiplin Kerja, Lingkungan Kerja, dan Gaya Kepemimpinan berpengaruh positif dan signifikan  terhadap Kinerja Pegawai Negeri Sipil Dinas Perindustrian dan Perdagangan Daerah Pemerintah Kota Batam.


Keywords


Kinerja Pegawai; Motivasi kerja; Disiplin kerja; Lingkungan Kerja; Gaya Kepemimpinan

Full Text:

PDF

References


Achmad, F. 2018. Pengaruh Motivasi Kerja, dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan AJB Bumi Putera, Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), Vol. 54, No. 1, 40.

Ambar, T. S. & Risidah. 2018. Manajemen Sumber Daya Manusia, Yogyakarta: Gava Media.

Anisah, Tri., dan Ratnasari, S. L. (2019). Pengaruh Kompensasi, Promosi Jabatan Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Bagian Produksi PT. Mega Synergy Powerindo Batam. Jurnal Bening. Vol.6. No.2. Hal. 26-31.

Bintoro. & Daryanto. 2017. Manajemen Penilaian Kinerja Karyawan, Yogyakarta: Gava Media.

Elvina, W. dan Sri Langgeng Ratnasari. 2016. Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan PT. Citra Pembina Pengangkutan Industri Batam, Jurnal Eksekutif Vol. 13, No. 1, 97.

Fachreza, & Shabri, A. 2018. Pengaruh Motivasi Kerja, Lingkungan Kerja, dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan dan Dampaknya Pada Kinerja Bank Aceh Syariah Di Kota Banda Aceh, Jurnal Magister Manajemen Vol. 2, No. 1, 115-117.

Ghozali, I. 2016. Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Handriyani, D., dan Ratnasari, S. L. (2014). Budaya Organisasi dan Motivasi Sebagai Prediktor Kinerja Karyawan PT. Snepac Shipping Batam. Jurnal Zona Keuangan. Vol. 6. No. 2. Agustus 2014.

Haruddin, H. 2018, Pengaruh Kompetensi, Kepemimpinan dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pada Samsat Polewali Mandar, Jurnal Manajemen Vol. 13, No. 2, 286.

Heny, S. 2015. Pengaruh Lingkungan Kerja, Disiplin Kerja dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Negeri Sipil Di Sekretariat DPRD Kabupaten Madiun, Jurnal Jibeka Vol. 9, No. 1, 44-53.

Hery. 2019. Manajemen Kinerja, Jakarta: PT. Grasindo

Umar, H. 2019. Metode Riset Manajemen Perusahaan, Jakarta: PT. Gramedia.

Indah, D. Rahayu. 2017. Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Program Keselamatan dan Kesehatan Kerja Terhadap Motivasi Kerja (Studi pada Karyawan Tetap Maintenance Departement PT. Badak LNG Bontang, Jurnal Administrasi (JAB) Vol. 43, No. 1, 1-9.

Isyandi. 2017. Manajemen Sumber Daya Manusia, Depok: PT. Rajagrafindo Persada.

Jeli, N. Liyas. 2019. Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Motivasi Kerja, dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Kantor Notaris Panam, Jurnal Equilibrium, Vol. 7, No. 1, 40.

Julianti, C. K. & Bernhard, T. 2017. Pengaruh Motivasi Kerja, Gaya Kepemimpinan dan Kemampuan Individu di Rektorat Universitas Sam Ratulangi Manado (Studi Pada Biro Akademik dan Kemahasiswaan), Jurnal Emba Vol. 5, No. 3, 4357.

Kasmir. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persasa.

Lilo, C., dan Ratnasari, S. L. (2015). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Dan Kompensasi Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Supreme Nusapermai Development. Jurnal Zona Manajerial. Vol.7. No.2., Agustus 2015.

Mangkunegara, A. 2015. Evaluasi Kinerja SDM, Bandung: PT. Refika Aditama.

Marjuardi, L., dan Ratnasari, S. L. (2019). Pengaruh Disiplin Kerja, Loyalitas, Dan Pengembangan Karir Terhadap Kinerja Karyawan Yayasan Raudlatul Qur’an Batam. Jurnal Benefita. Vol.4. No.3., Oktober 2019. Hal. 560-569.

Melayu, S.P. Hasibuan, 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta: Bumi Aksara.

Murwanto, D., & Ratnasari, S. L. (2016). Pengaruh Kompensasi Dan Gaya Kepemimpinan Terhadap Motivasi Kerja Karyawan PT. Fast Precision Manufacturing Indonesia. Zona Manajerial, 8 (2).

Tegar, N. 2019. Manajemen Sumber Daya Manusia dan Karyawan, Yogyakarta: Quadrant.

Nova, S. 2017. Pengaruh Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Suka Fajar Pekan Baru, Jurnal Economics and Business Vol. 8, No. 4, 4-6.

Rahmat H. & Anna, C. 2017. Pengaruh Karakteristik Individu dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan PT. Cladtek BI Metal Manufacturing. Journal Of Business Administration Vol. 1, No.2 .187.

Ratnasari, S. L. (2014). Pelatihan Dan Motivasi Sebagai Prediktor Kinerja Karyawan Departemen Produksi PT. Y Batam. Mix, 4.

Ratnasari, S. L. (2019). Human Capital Manajemen Sumber Daya Manusia. Pasuruan: CV. Penerbit Qiara Media.

Robbins, P. Stephen & Judge, T. A. 2017. Perilaku Organisasi, Jakarta: Salemba Empat.

Sedarmayanti. 2017. Manajemen Sumber Daya Manusia, Bandung: PT. Refika Aditama.

Shannon, C. & Lucky O.H. 2015. Pengaruh Disiplin, Motivasi dan Semangat Kerja Terhadap Produktivitas Kerja Pegawai Dinas Pendapatan Daerah Kota Manado, Jurnal EMBA Vol. 3, No. 2, 641.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Bisnis Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sutrisno, E. 2019. Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta: Prenadamedia

Suwanto & Priansa. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Organisasi Publik dan Bisnis, Bandung: Alfabeta Group.

Syafriadi 2016, Analisis Faktor Motivasi Instrinsik dan Motivasi Ekstrinsik Terhadap Kinerja Karyawan Pada Baitul Mal Wat Tamwil (BMT) Amanah Ray Medan, Jurnal Ilmiah “Dunia Ilmu” Vol. 2, No. 4, 77-78.

Taher, A. & Hamidah, N. U. 2017. Pengaruh Pelatihan, Kompensasi dan Disiplin Kerja Terhadap Prestasi Kerja Karyawan (Studi Pada Kantor PT. PLN (Persero) Area Pelayanan dan Jaringan Malang), Jurnal Profit Vol. 6, No. 2 58-59.

Tanto, W. dan Fransisca, A. 2015. Pengaruh Motivasi dan Kompensasi Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT Sinar Jaya Abadi Bersama, Jurnal Agora Vol. 3, No. 2, 41.

Wahyudi. 2017. Manajemen Konflik dan Stres dalam Organisasi, Bandung: Alfabeta.

Wicaksono, B. D., & Ratnasari, S. L. (2017). Determinasi Komunikasi, Motivasi Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Di Perusahaan Umum (PERUM) Bulog Sub-Divre Kota Batam. Jurnal Bening, 4 (1).

Wijaya, T & Andreani, F. 2015. Pengaruh Motivasi dan Kompensasi Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Sinar Jaya Abadi Bersama, Jurnal Agora Vol. 3, No. 2, 37-45.

Zahara, R., dan Ratnasari, S. L. (2014). Pengaruh Pengalaman Kerja dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Holland Bakery Batam. Jurnal Zona Manajemen. Vol. 6. No.1. April 2014.

Zainudin dan Ratnasari, S. L. (2015). Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Lingkungan Kerja, Dan Motivasi Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar Kecamatan Batu Ampar Kota Batam. Jurnal Zona Manajemen. Vol.7. No.3., Desember 2015. Hal. 14-21.




DOI: https://doi.org/10.33373/bening.v7i2.2445

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN Barcode:

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.