PENGARUH WORD O F MOUTH TERHADAP MINAT BELI PADA FOODBOX KOTA BIMA

Yiyin Juhriatun, Amirulmukminin Amirul

Abstract


ABSTRACT

Word of mouth is a promotional activity by word of mouth from one individual to another that generates stimulation to find out and even buy the product. This study aims to determine the effect of word of mouth on buying interest in the Bima City Foodbox. This type of research is associative. The population used in this study were all consumers in the Bima City Foodbox whose number was not known with certainty (unknwon populations). The sample in this study were 100 respondents with side purposive technique. The data collection techniques used were observation, questionnaires and literature study. The data analysis technique used is validity test, reliability test, simple linear regression analysis, simple correlation coefficient, determination test and t test. The results showed that there was an influence between word of mouth on buying interest in the Bima City Foodbox.

 

Keywords: Word Of Mouth, Interests

 

 

ABSTRAK

Word of mouth merupakan kegiatan promosi dari mulut ke mulut dari satu individu ke individu lainnya yang menimbulkan rangsangan untuk mengetahui bahkan membeli produk tersebut.  Penelitian ini bertujuan untuk mengatahui pengaruh word of mouth terhadap minat beli pada Foodbox Kota Bima. Jenis penelitian adalah asosiatif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu seluruh konsumen pada  Foodbox Kota Bima yang jumlahnya tidak diketahui secara pasti (unknwon populations). Sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 100 orang responden dengan teknik purposive samping. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, kuesioner dan studi pustaka. Teknik analisa data yang digunakan yaitu uji validitas, uji reliabilitas, analisis regresi linear sederhana, koefisien korelasi sederhana, uji determinasi dan uji t. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdaat pengaruh  antara word of mouth terhadap minat beli pada Foodbox Kota Bima.

 

Kata Kunci: Word Of Mouth, Minat Beli

Arikunto, Suharsimi.2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Astuti,D, Ernawati, S.2020. Strategi Promosi Dan Word Of Mouth Dalam Upaya Peningkatan Keputusan Pembelian Produk Tenun. Jurnal Ditribusi. Vol. 8, No. 2 – September 2020, Hal. 225-238.

Azwar, Saifuddin. 2016. Metode Penelitian. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Ernawati, S, Muhajirin, Ismunandar. 2018. The Effect Of Word Mouth (Wom) On Purchasing Decision Of Region Exclusive Fabric Of West Nusa Tenggara Profince (Case Study On Sasombo Fabric In Bima City). Jurnal Terapan Manajemen Dan Bisnis. Vol. 4 No 2 e-ISSN: 2477-5282 p-ISSN: 2599-3127  Page 115-119

Febiana,D, Kumadji,S, Sunarti. 2014.Pengaruh Word Of Mouth Terhadap Minat Beli Serta Dampaknya Pada Keputusan Pembelian (Survei pada Pengunjung yang Melakukan Pembelian pada Biker’s Resto dan Cafe di Kota Malang).Jurnal Administrasi Bisnis  (JAB). Vol. 16 No. 1 November  2014, Hal. 1-6.

Ferdinand. 2014. Metode Penelitian Manajemen. Edisi 2. Semarang: BP UNDIP.

Hasan, Ali. 2010. Marketing Dari Mulut Ke Mulut, Cetakan 1. Yogyakarta: Media  Pressindo

Kotler, Philip dan Keller, Kevin, L. (2016). “Marketing Management, 15th Edition”. Pearson Education Limited. New Jersey.

Kotler, Philip. 2010. Manajemen Pemasaran. Edisi Tiga Belas Bahasa. Indonesia. Jilid 1 Dan 2. Jakarta:Erlangga.

Lestari, A.S, Rahmidani, S. 2019. Pengaruh Harga dan Word Of Mouth (Wom) Terhadap Minat Beli Laptop Merek Toshiba Dikalangan Mahasiswa Universitas Negeri Padang. Jurnal Ecogen. Vol. 2, No. 3, Hal. 524-531

Putri,C.F, Kumadji, S, Sunarti. 2016. Pengaruh Word Of Mouth Terhadap Minat Beli  Dan Dampaknya Pada Keputusan Pembelian (Survei Pada Konsumen Legipait Coffeeshop Malang).Jurnal Administrasi Bisnis  (JAB).Vol. 34  No. 1  Mei  2016, Hal. 86-95.

Riduwan. 2015. Dasar-Dasar Statistika. Bandung: Alfabeta

Sernovitz. 2012. Word Of Mouth Marketing. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung :Alfabeta.


Sumardy. Merlin, Melina. 2011. The Power Word Of Mouth Marketing, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama

Tjiptono, F. 2015. Strategi Pemasaran, Edisi 4. Andi Offset, Yogyakarta.



Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi.2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Astuti,D, Ernawati, S.2020. Strategi Promosi Dan Word Of Mouth Dalam Upaya Peningkatan Keputusan Pembelian Produk Tenun. Jurnal Ditribusi. Vol. 8, No. 2 – September 2020, Hal. 225-238.

Azwar, Saifuddin. 2016. Metode Penelitian. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Ernawati, S, Muhajirin, Ismunandar. 2018. The Effect Of Word Mouth (Wom) On Purchasing Decision Of Region Exclusive Fabric Of West Nusa Tenggara Profince (Case Study On Sasombo Fabric In Bima City). Jurnal Terapan Manajemen Dan Bisnis. Vol. 4 No 2 e-ISSN: 2477-5282 p-ISSN: 2599-3127 Page 115-119

Febiana,D, Kumadji,S, Sunarti. 2014. Pengaruh Word Of Mouth Terhadap Minat Beli Serta Dampaknya Pada Keputusan Pembelian (Survei pada Pengunjung yang Melakukan Pembelian pada Biker’s Resto dan Cafe di Kota Malang). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB). Vol. 16 No. 1 November 2014, Hal. 1-6.

Ferdinand. 2014. Metode Penelitian Manajemen. Edisi 2. Semarang: BP UNDIP.

Hasan, Ali. 2010. Marketing Dari Mulut Ke Mulut, Cetakan 1. Yogyakarta: Media Pressindo

Kotler, Philip dan Keller, Kevin, L. (2016). “Marketing Management, 15th Edition”. Pearson Education Limited. New Jersey.

Kotler, Philip. 2010. Manajemen Pemasaran. Edisi Tiga Belas Bahasa. Indonesia. Jilid 1 Dan 2. Jakarta:Erlangga.

Lestari, A.S, Rahmidani, S. 2019. Pengaruh Harga dan Word Of Mouth (Wom) Terhadap Minat Beli Laptop Merek Toshiba Dikalangan Mahasiswa Universitas Negeri Padang. Jurnal Ecogen. Vol. 2, No. 3, Hal. 524-531

Putri,C.F, Kumadji, S, Sunarti. 2016. Pengaruh Word Of Mouth Terhadap Minat Beli Dan Dampaknya Pada Keputusan Pembelian (Survei Pada Konsumen Legipait Coffeeshop Malang). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB).Vol. 34 No. 1 Mei 2016, Hal. 86-95.

Riduwan. 2015. Dasar-Dasar Statistika. Bandung: Alfabeta

Sernovitz. 2012. Word Of Mouth Marketing. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung :Alfabeta.

Sumardy. Merlin, Melina. 2011. The Power Word Of Mouth Marketing, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama

Tjiptono, F. 2015. Strategi Pemasaran, Edisi 4. Andi Offset, Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.33373/bening.v8i2.3120

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN Barcode:

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.