Pengaruh Pelayanan Prima Terhadap Kepuasan Pelanggan di Keramiku Coffee &Gallery

Annisa Sofiayanti, Dhara Vida Ramadhani, Yunyun Ratna

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelayanan prima terhadap kepuasan pelanggan di Keramiku Coffee & Gallery. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan studi pustaka, observasi, dan kuesioner. Sedangkan teknik analisis data menggunakan uji validitas, realibilitas, koefisien korelasi, koefisien determinasi, uji hipotesis dengan alat bantu berupa Microsoft Excel 2010 dan SPSS 20 for windows. Berdasarkan hasil penelitian diketahui nilai sig. (2 tailed) sebesar 0.000, karena nilai sig. (2tailed) < 0.005 maka artinya terdapat hubungan yang signifikan antara Variabel Pelayanan Prima (X) dengan Variabel Kepuasan Pelanggan (Y). Dari hasil output SPSS diperoleh angka koefisien korelasi sebesar 0.781 artinya tingkat hubungan pengaruh Variabel Pelayanan Prima (X) terhadap Variabel Kepuasan Pelanggan (Y) adalah kuat. Nilai koefisien determinasi sebesar 0,611 atau 61,1 % memiliki arti yaitu Variabel Y (Kepuasan Pelanggan) di Keramiku Coffee and Gallery dipengaruhi oleh Variabel X (Pelayanan Prima) sebesar 61,1%, adapun sisanya yakni 39% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti oleh penulis.

Keywords


Kepuasan pelanggan;pelayanan prima

Full Text:

PDF

References


Ghozali, I. (2016). Ghozali,. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 23. Semarang: BPFE Universitas Diponegoro.

Gustiana, Y., & Suryana, P. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Citra Perusahaan Terhadap Kepuasan Pelanggan Dampaknya Pada Loyalitas Pelanggan (Studi Pada Pelanggan Bandung Printing). Hilos Tensados, 1, 1–476.

Herlambang. (2018). No Title. Pengertian Pelayanan.

kotler dan Amstrong. (2013). Manajemen Pemasaran. Jilid I. Edisi Ke 13.Jakarta: Erlangga.

Sugiyono. (2013). No Title. Metodologi Penelitian Akuntansi. Bandung: PT Refika Aditama.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Dan Pengenbangan (Research and Development / R&D),. Cetakan ke.

Sugiyono. (2018). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tjiptono, Fandy, dan G. C. (2016)..“Service, Quality, & Satisfaction”. Jakarta : Penerbit Andi.Hlm 219.




DOI: https://doi.org/10.33373/bening.v9i1.3370

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN Barcode:

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.