Analisis Implementasi Manajemen Konflik, Manajemen Stres dan Manajemen Waktu Dalam Pendidikan Di Indonesia

Juni Aziwantoro

Abstract


Tujuan penelitin ini untuk mendeskripsikan secara komprehensif terhadap konsep manajemen Konflil, manajemen stres dan manajemen wakti dalam pendidikan di Indonesia, mengingat pola pendidikan di Indonesia dapat dikatakn jauh tertinggal dibanding dengan negara-negara lain. Sehingga diperlukan upaya-upaya peningkatan dan solusi praktis dalam Implementasi manajemen konflik, manajemen stres dan manajemen waktu. Penelitian ini pula menganut dalam jenis penelitian kualitatif yang berusaha mendeskripsikan secara komprehensif dari kajian ini. Banyak hal yang perlu dikelola dalam sistem pendidikan, tiga diantaranya adalah manajemen konflik, manajemen stress, dan manajemen waktu. Konflik dalam dunia pendidikan dipandang sebagai salah satu titik lemah dalam pengelolaan lembaga pendidikan. Perspektif ini muncul dikarenakan pengelola lembaga pendidikan memandang konflik sebagai sesuatu yang negatif dan kontraproduktif. Konflik pada dasarnya terjadi karena adanya perbedaan individu, dan terbatasnya sumber daya yang ada. Konflik yang terjadi di sebuah sistem, termasuk juga sistem pendidikan harus dikendalikan. Pengendalian konflik dilakukan melalui pendekatan musyawarah, campur tangan pihak ketiga, konfrontasi, tawar-menawar (bargaining), dan kompromi.

Kata kunci: Manajemen, Konflik, Pendidikan

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.33373/bening.v8i2.3373

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN Barcode:

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.