PENGARUH HARGA BARANG TERHADAP OMSET PENJUALAN DI OPTIK MELAWAI CABANG PASKAL 23 BANDUNG

Sandi firdaus, Redi Taufiq Nugraha, Dian chandra Fatihah

Abstract


Penelitian ini mengambil judul tentang “Pengaruh Harga Barang Terhadap Omset Pejualan di Optik Melawai Cabang Paskal 23 Bandung”. Tujuan dilakukan penelitian ini untuk mengetahui gambaran penjualan yang dilakukan oleh PT. Optik Melawai Cabang Paskal 23 Bandung. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Pengumpulan informasi melalui kuesioner, daftar kajian pustaka dan wawasan penulis. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, diketahui nilai koefisien korelasi sebesar 0,465 yang mengartikan bahwa hubungan antara pengaruh harga terhadap omset penjualan dalam penelitian ini berada pada kategori sedang. Nilai koefisien determinasi sebesar 21,6% menunjukkan besarnya pengaruh harga barang terhadap omset penjualan dan sisanya 78,4% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti oleh penulis. Persamaan regresi linier Y = a + bX = 6,684 + 0,653 X, artinya bahwa setiap kenaikan 1 nilai harga barang maka nilai omset penjualan akan mengalami peningkatan sebesar 0,653. Dari hasil uji t didapatkan 3,238 > 1,685 (thitung > ttabel), dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti terdapat pengaruh harga barang terhadap omset penjualan di optik melawai cabang paskal 23 Bandung. Saran penulis perlu adanya perbaikan harga barang, menjaga kualitas barang, serta promosi penjualan dengan meningkatkan omset penjualan setiap minggunya melalui berbagai terobosan seperti promosi di media sosial, sms,telepon.

The tittle of this study is “The effectiveness of price to the omzetk at Optik Melawai branch Paskal 23 Bandung”. The aim of this study is to know about sells that been doing by PT Optik Melawai branch Paskal 23 Bandung. The method of this study used quantitative method. The information gets by questioner, bibliografhi and the knowledge. The result that have been done the value of corelation coefficient is 0,465 means to conection between the price sell to the omzet at middle category. Value of determine coefficient is 21,6% it shows that the effective of price to the omzet is huge, the rest 78,4% was effective by other factors, which not observed by writer, linear equation Y=a+bX =6, 684+0, 653X, means that every increase one point price of goods will effect the value of omzet 0,653, that T result gets 3,238>1, 685 (Thitung > Ttabel) so Ho was refused and Ha is accepted. That means there are influence between the price to the omzet at optik melawai branch paskal 23 bandung. The writer advice needs to pix the price, to keep the quality of goods and pix the sells promotion will increase the omzet every weeks by takes adventages of social media, sms, phone call.

Keywords


Stock Price, Omzet, Omzet Of Sales

Full Text:

PDF

References


Basu, Swastha Dharnaseta. 2014. Manajemen Pemasaran. BPFE: Yogyakarta

Fandy, Tjiptono. 2015. Strategi Pemasaran. 4th Ed. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Hadi, Fahrul. 2020. “Pengaruh Pemasaran Online Terhadap Omset Penjualan Produk Haitea Surabaya.”

Kaller, And Kotler. 2012. Manajemen Pemasaran. 12th Ed. Jakarta: Erlangga.

Kotler. P. Dan Keller . K.L. 2012. Manajemen Pemasaran Jilid 1. Jakarta: Indeks

Ririn Tri Ratnasari & Mastuti. 2011 Manajemen Pemasaran Jasa, Ghalia Indonesia

Siat, Andre Hendri. 2013. “Analisis Harga Pokok Produk Dengan Metode Full Costing Dan Penentuan Harga Jual.” Jurnal EMBA 1(3):110–17.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.

Sumarni, Murti, And Soeprihanto John. 2010. Pengantar Bisnis (Dasar - Dasar Ekonomi Perusahaan). 5th Ed. Yogyakarta: Liberty Yogyakarta.

Tjiptono, Fandy.2014.Pemasaran Jasa, Andi, Yogyakarta




DOI: https://doi.org/10.33373/bening.v9i2.3392

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN Barcode:

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.