PENGARUH MARKETING MIX 4P TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN DI DAE JANG GEUM RESTAURANT ROSEDALE KOTA BATAM

siska amelia maldin

Abstract


Minat beli merupakan komponen perilaku dalam mengkonsumsi yang terpengaruh oleh beberapa faktor seperti strategi marketing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi bauran pemasaran (marketing mix) 4P (product, price, place promotion) terhadap minat beli konsumen di Restoran Dae Jang Geum Rosedale Batam. Tempat penelitian ini di Restoran Dae Jang Geum yang berlokasi di Jl. Laksamana Bintan, Tlk. Tering, Kec. Batam Kota.  Jenis Penelitian yang digunakan adalah penelitian asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Ukuran sampel penelitian sebanyak 240 orang yang ditentukan dengan rumus Slovin. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik accidental sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menyebar angket tertutup dengan Skala Likert. Hasil uji validitas 33 sampel menyatakan valid dan hasil uji reliabilitas menyatakan nilai Alpha Cronbach sebesar 0,975. Hasil uji normalitas Kolmogrov Smirnov dengan menggunakan Monte Carlo telah berdistribusi normal. Model regresi penelitian ini juga terbebas dari multikolonieritas dan heterokedastisitas. Untuk hasil analisis data yang digunakan yaitu model analisis regresi linear berganda, uji T, uji F, dan uji koefisien determinan (R2) dengan bantuan program SPSS versi 26.0.  Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Terdapat pengaruh pada variabel product, place, dan promotion terhadap minat beli konsumen di Dae Jang Geum Rosedale  (2) Tidak terdapat pengaruh price terhadap minat beli konsumen di Dae Jang Geum Rosedale yang dibuktikan dengan thitung < ttabel atau 1,772 < 1,970110 (3) Secara simultan, strategi pemasaran 4P (product, price, place, promotion) berpengaruh terhadap minat beli konsumen di Dae Jang Geum Rosedale dengan nilai signifikansi F sebesar 0,000 < 0,05 serta mendapatkan hasil presentase kontribusi (R2) sebesar 48,8%.


Keywords


Bauran Pemasaran (Marketing Mix), Minat Beli Konsumen

Full Text:

PDF

References


Alhaq, D. D., & Dewi, Citra Kusuma, S.E, M.A.B, P. . (2020). PENGARUH MARKETING MIX TERHADAP MINAT BELI BRIGHT GAS Di KOTA BANDUNG. E Proceeding of Management, 7(2), 6666–6674.

Arifka, N. (IAIN P. (2021). PENERAPAN STRATEGI BAURAN PEMASARAN 7P DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN (Studi Kasus Pada Sambel Layah Arcawinangun).

Arrahma Elian Tania, Haris Hemawan, A. I. (2022). Pengaruh Lokasi Dan Harga Terhadap Minat Beli Konsumen. PUBLIK: Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, Adminsitrasi Dan Pelayanan Publik, IX(1), 75–84. https://doi.org/https://doi.org/10.37606/publik.v9i1.258

Cahya, A. D., Ayu kristiani, F., Sari, Nova, D., & Mayrenda, N. (2021). Pengaruh Marketing Mix Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah Konveksi Ega Collection. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Dharma Andalas, 19(1), 113–126.

Febriansyah, & Reni, D. (2020). Peran Bauran Pemasaran di Minimarket 212 Mart Karawaci Tangerang dalam Mendorong Minat Beli Konsumen. Journal of Islamic Economics, STIE Syariah Islamic Village Tangerang, 10(1), 45–54.

Febriyani, F. (2017). Pengaruh Strategi Pemasaran dan Pengembangan Produk Terhadap Minat Beli. Jurnal Ilmu Manajemen, 4(2), 243–247. https://doi.org/ttp://dx.doi.org/10.2827/jeim.v4i2.1158

Gede Marendra, I. (2018). Pengaruh Bauran Pemasaran (Produk, Harga, Lokasi Dan Promosi) Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Di Minimarket (Alfamart Atau Indomaret). Jurnal Pemasaran Kompetitif, 1(3), 2598–2823.

Haqiqi, N., & Adji, W. H. (2021). PENGARUH KUALITAS PRODUK TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN DI PERKEBUNAN SAYURAN ANDRITANI FARM KABUPATEN CIANJUR. In JIMEA | Jurnal Ilmiah MEA ( Manajemen , Ekonomi , dan Akuntansi ) (Vol. 5, Issue 3, pp. 717–729). https://doi.org/https://doi.org/10.31955/mea.vol5.iss3.pp717-729

Hardiansyah, R. (2019). Pengaruh Suasana Toko, Lokasi Dan Promosi Terhadap Minat Beli Di Toko Roti Morning Bakery. Jurnal Bening Unrika, 6(1), 214. https://doi.org/10.33373/bening.v6i1.1798

Irnanda, Husnurrofiq, S. (2020). Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Minat Beli Konsumen Pada Toko Mahkota Ayu Banjarmasin [Universitas Islam Kalimantan]. http://eprints.uniska-bjm.ac.id/2782/

Jannah, A. M. (Universitas N. Y. (2015). Strategi Pemasaran Usaha Kafe Kucing “‘Cats and Coffe’” [Universitas Negeri Yogyakarta]. In Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents. https://eprints.uny.ac.id/41052/1/Alfi Maesol Jannah_08511244016.pdf

Juhriatun, Y., Studi Manajemen, P., & Tinggi Ilmu Ekonomi Bima, S. (2021). Pengaruh Word O F Mouth Terhadap Minat Beli Pada Foodbox Kota Bima. Jurnal Bening Unrika, 8(2), 203–213. https://doi.org/https://doi.org/10.33373/bening.v8i2.3120

Karundeng, N. (Universitas S. R., Kalangi, J. A. F., & Walangitan, O. F. C. (2019). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Home Industri Pia Deisy Desa Kapitu Kecamatan Amurang Barat. Jurnal Administrasi Bisnis, 8(2), 83. https://doi.org/10.35797/jab.8.2.2019.23566.83-90

Koetler, P. (Northwestern U., & Keller, K. L. (Dartmouth C. (2016). Marketing Management. In Pearson (Global, Vol. 15).

Maqnunah, U. N. (IAIN P. (2020). IMPLEMENTASI BAURAN PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN MINAT BELI KONSUMEN FERDI PUTRA GROSIR (Jl. Raden Patah Dsn. Jambean Ds. Cekok Kec. Babadan Kab. Ponorogo). http://etheses.iainponorogo.ac.id/8874/1/PDF UMI AINUL.pdf

Mulyandi, M. R., & Sani, E. P. (2020). Pengaruh E Marketing Mix Terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Kasus Pada E Commerce Di Indonesia). Jurnal IImiah Teknologi, 3(1), 41–49. https://www.bps.go.id/publication/download.html?nrbvfeve=ZmQxZTk2YjA1MzQyZTQ3OWE4MzkxN2M2&xzmn=aHR0cHM6Ly93d3cuYnBzLmdvLmlkL3B1YmxpY2F0aW9uLzIwMTkvMTIvMTgvZmQxZTk2YjA1MzQyZTQ3OWE4MzkxN2M2L3N0YXRpc3Rpay1lLWNvbW1lcmNlLTIwMTkuaHRtbA%3D%3D&twoadfnoarfeauf=MjA

Nooraina, A. (2016). Penerapan Bauran Pemasaran Yang Mempengaruhi Minat Beli Konsumen Di Bonchon Jogja City Mall. Universitas Negeri Yogyakarta.

Rahayu, S. (2021). Pengaruh Strategi Pemasaran dan Promosi terhadap Minat Beli Pelanggan pada PT Kresna Reksa Finance Pamulang Tangerang Selatan. Jurnal Disrupsi Bisnis : Jurnal Ilmiah Prodi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Pamulang, 4(1), 13. https://doi.org/10.32493/drb.v4i1.8909

Rahmawati. (2016). Manajeman Pemasaran (T. Fitriastuti & Kiswanto (eds.); Vol. 1, Issue 1). Mulawarman University Press.

Rahmawati, Y. (IAIN P. (2019). PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN (Studi Kasus Toko Cahaya Murah Kecamatan Jenangan). In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53, Issue 9). http://etheses.iainponorogo.ac.id/8166/1/etheses yosin 2.pdf

Rasyid, M. N., Nasrullah, N., & Sumarni, S. (2021). Pengaruh Strategi Pemasaran Online Terhadap Minat Beli Konsumen Di Kota Makassar (Studi Kasus Toko Ramadhan Stationery). Ar-Ribh: Jurnal Ekonomi Islam, 4(April), 100–110. https://36.89.54.123/index.php/ar-ribh/article/view/5217

Salim, Y. U., & Widaningsih, S. (2017). Analisis Minat Beli Konsumen Terhadap Program Kursus Bahasa Inggris Di Lembaga Kursus Bahasa Northern Light Education Center (Nlec) Bandung. EProceedings of Applied Science, 3(2), 521–527.

https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/appliedscience/article/view/3856/3647

Sanda, A. U. (2019). ANALISIS MARKETING MIX TERHADAP MINAT BELI MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS PADA STUDENT MALL UNISMUH MAKASSAR [Universitas Muhammadiyah Makasar]. https://digilibadmin.unismuh.ac.id/upload/6225-Full_Text.pdf

Satria, A. A. (Universitas C. S. (2017). PENGARUH HARGA, PROMOSI, DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN PADA PERUSAHAAN A-36. PERFORMA: Jurnal Manajemen Dan Start - Up Bisnis, 2(1), 45–53.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.

Wibowo, A. E. (2012). Aplikasi Praktis SPSS Dalam Penelitian.




DOI: https://doi.org/10.33373/bening.v9i2.4132

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN Barcode:

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.