PENGARUH NILAI PELANGGAN, KUALITAS PELAYANAN, KEPERCAYAAN PELANGGAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PT DNR CORPORATION BATAM

Edwin Agung Wibowo, Rimayang Anggun Laras Prastianty Ramli, Tibrani Tibrani, Didi Rustandi

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh nilai pelanggan, kualitas layanan, dan kepercayaan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan PT. DNR Corporation Batam, baik secara parsial maupun secara simultan. Sampel dalam penelitian ini adalah 60 orang konsumen PT. DNR Corporation Batam. Pengujian dalam penelitian ini menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas data, uji multikolinieritas, uji heteroskedastitas, uji parsial, uji simultan, dan uji koefisien determinasi. Dari hasil pengujian didapatkan hasil bahwa secara parsial variabel nilai pelanggan berpengaruh positif dan signifikan, dengan nilai t hitung adalah 2,282 dan signifikansi 0,026. Variabel kualitas pelayanan juga berpengaruh positif dan signifikan, dengan nilai t hitung adalah 2,216 dan signifikansi 0,004. Variabel kepercayaan pelanggan berpengaruh positif dan signifikan, dengan nilai t hitung adalah 3,087 dan signifikansi 0,003. Hasil uji simultan dalam penelitian ini didapatkan kesimpulan bahwa nilai pelanggan, kualitas pelayanan dan kepercayaan pelanggan secara bersama-sama (simultan) berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan yang ditunjukkan pada nilai Fhitung sebesar 272,166 dan signifikasni 0,000.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.33373/bening.v9i1.4218

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN Barcode:

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.