Strategi Bersaing Bisnis Etnis Warga Tionghoa Pada Masa Pandemi Di Selatpanjang Meranti

Ermansyah Ermansyah, Mulia Sosiady, Annesa Adriyani, Nasrullah Djamil

Abstract


Badai Pandemi Covid-19 yang menyerang dunia dan berimbas ke Indonesia membuat dunia usaha hancur lebur begitu juga Kota Selatpanjang yang berada di Kepulauan Meranti Riau yang harus diakses melalui perjalanan laut dan membuat kota tersebut terisolasi karena pelabuhan menuju ke Kota Selatpanjang ditutup oleh Pemerintah berdampak ke dunia usaha terutama Usaha Mikro Kecil Menengah di Kota Selatpajang yang di dominasi Etnis Keturunan Tionghoa yang harus bersaing dalam menjalankan bisnisnya. Pelaku UMKM di Kota Selatpanjang melakukan beberapa Strategi dalam bersaing yaitu Strategi Differensiasi, Strategi Lowcost dan Staretgi Fokus. Strategi differensiasi dan strategi fokus berpengaruh terhadap strategi bersaing UMKM warga etnis keturunan tionghoa kota Selatpanjang. Hal tersebut ditunjukkan dengan besarnya signifikansi strategi differensiasi sebesar 0,006 dan strategi fokus sebesar 0,003 yang lebih kecil dari tingkat signifikansi 0,05 sedangkan Strategi lowcost tidak berpengaruh terhadap strategi bersaing UMKM warga etnis keturunan tionghoa kota Selatpanjang. Hal tersebut ditunjukkan dengan besarnya signifikansi strategi lowcost sebesar 0,872 yang lebih besar dari tingkat signifikansi 0,05. Saran yang dapat menjadi referensi dalam penilitian ini bahwa pelaku UMKM Etnis Keturunan Tionhoa harus menerapkan ide kreatif terhadap produk dan jasanya, mengurangi panjangnya rantau distribusi barang dan memfokuskan arah bisnis yang menciptakan loyalitas kepada konsumen.


Keywords


Strategi Bersaing, Strategi Differensiasi, Strategi Lowcost, Strategi Fokus

Full Text:

PDF

References


Amri, Andi. 2020. Dampak Covid-19 Terhadap UMKM Di Indonesia. Jurnal Brand, Vol. 2, No. 1, p (123-130).

Badan Pusat Statistik Kabupaten Kepulauan Meranti tersedia di www.merantikab.bps.go.id. (Diakses tanggal 30 September 2021).

Ghozali, I. 2016. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 20. Semarang: BP Undip.

Hafni, Roswita., Rozali, Ahmad. 2015. Analisis Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) Terhadap Penyerapan Tenaga Kerja Di Indonesia. Ekonomikawan Jurnal Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan, Vol. 15, No. 2, p (77-96).

Halim, Abdul. 2020. Pengaruh Pertumbuhan Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Kabupaten Mamuju. Growth Jurnal Ilmiah Ekonomi Pembangunan, Vol. 1, No. 2, p (157-172).

Undang Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2008 Tentang Usaha Mikro, Kecil dan Menengah.

Kadeni dan Srijani, Ninik. 2020. Peran UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat. Equilibrium Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Pembelajarannya, Vol. 8 No. 2, p (191-200).

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Syarifatul, A., Melay, R., Tugiman. 2018. Sejarah Masuknya Etnis Tionghoa Di Selatpanjang Kabupaten Kepulauan Meranti. Jurnal Bidang Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Vol. 5 Edisi 2.

Tambunan, Tulus. 2019. UMKM Di Indonesia. Bogor: Ghalia Indonesia.




DOI: https://doi.org/10.33373/bening.v9i2.4582

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN Barcode:

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.