Analisis Komparatif Nilai Perusahaan Pada Era Dan Sebelum Pandemi Covid 19

Ainun Jariah, Ninik Lukiana, Hartono Hartono, Jesi Irwanto

Abstract


Harga saham tinggi berdampak pada tingginya nilai perusahaan. Tingginya nilai saham dapat meningkatkan kepercayaan pasar, tidak hanya terhadap kinerja perusahaan saat ini, namun juga pada prospek perusahaan di masa mendatang. Nilai perusahaan tercermin dalam nilai pasar dari suatu ekuitas perusahaan dan nilai pasar utang. Nilai perusahaan dapat diukur melalui keputusan keuangan, ukuran perusahaan dan kinerja keuangan. Tujuan penelitian menguji dan menganalisis keputusan investasi, pendanaan, ukuran perusahaan pengaruhnya terhadap kinerja keuangan dan nilai perusahaan, serta  menguji dan menganalisis kinerja keuangan sebagai mediasi antara keputusan investasi, pendanaan, dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan pada era dan sebelum Pandemi Covid 19. Populasi penelitian sebanyak 46 perusahaan transportasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2019 – 2021. Analisis data dengan path analysis dan uji sobel (sobel test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum pandemi semua variabel prediksi tidak berpengaruh terhadap kinerja keuangan, hanya keputusan investasi dan kinerja keuangan yang berpengaruh terhadap nilai perusahaan, dan kinerja keuangan mampu memediasi pengaruh ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan. Saat pandemic menunjukkan bahwa hanya keputusan investasi yang berpengaruh terhadap kinerja keuangan. Semua variabel prediksi tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan, dan kinerja keuangan mampu memediasi pengaruh keputusan investasi dan pendanaan terhadap nilai perusahaan.

Keywords


Keputusan Investasi, Keputusan Pendanaan, Nilai Perusahaan, Pandemi Covid 19, Ukuran Perusahaa.

Full Text:

PDF

References


Agus, S. (2010). Manajemen Keuangan Teori dan Aplikasi. Edisi Keempat. Yogyakarta: BPFE.

Akuntansi, P. S., Ekonomi, F., & Dharma, U. S. (2021). Pengaruh Good Corporate Governance Terhadap Kinerja Keuangan ( Studi Empiris pada Perusahaan BUMN ) ( Studi Empiris pada Perusahaan BUMN ).

Ambarwati, S., Astuti, T., & Azzahra, S. (2021). Determinan Nilai Perusahaan Sebelum dan pada Masa Pandemic COVID-19. 3(2), 79–89. https://doi.org/10.21512/becossjournal.v3i2.7415

Brigham, E. F., & Houston, J. F. (2001). Manajemen Keuangan. Buku 1 edisi 8. Jakarta: Erlangga.

Dividen, K., & Ukuran, D. A. N. (n.d.). Pengaruh keputusan investasi, keputusan pendanaan, kebijakan dividen dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan.

Fahmi, I. (2015). Pengantar Manajemen Keuangan Cetakan Keempat. Bandung: CV Alfabeta.

Ghozali, I. (2006). Aplikasi analisis multivariate dengan program SPSS. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Gitman, L. J. (2009). Introduction to managerial finance. Prentice Hall, a division of Pearson Education, Inc.

Hasnawati, S. (2005). Implikasi Keputusan Investasi, Pendanaan dan Dividen terhadap Nilai Perusahaan Publio di BEJ. Media Bulanan Manajemen Usahawan Indonesia.

Horne, J. C. Van, & Wachowicz, J. M. (2007). Fundamentals of Financial ManagementPrinsip-prinsip Manajemen Keuangan Buku 2 Edisi 12. Jakarta: Salemba Empat.

Husnan, S., & Pudjiastuti, E. (2015). Dasar-dasar manajemen keuangan edisi ketujuh. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.

Ilmiah, J. (2021). Analisis Perbandingan Kondisi Undervalued Dan Overvalued Saham Syariah Jakarta Islamic Index ( Jii ) Pada Sebelum Dan Ditengah Pandemi Covid-19.

Jumingan, D. (2010). Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Kasmir. (2017). Pengantar Manajemen Keuangan: Edisi Kedua. Jakarta: Penerbit Kencana.

Keuangan, K. (2021). No Title. 15, 9–17.

Lie, T. (n.d.). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Keuangan Pada Perusahaan Manufaktur. (November 2021), 1–16.

Nursandari, M. (2015). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Kebijakan Dividen Dengan Size (Ukuran Perusahaan) Sebagai Variabel Moderasi Pada Perusahaan Manufaktur Yangterdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Manajemen.

Paramita, R. W. D. (2012). Pengaruh Firm Size Terhadap Earnings Response Coeffisient (Erc) Dengan Voluntary Disclousure Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia). WIGA-Jurnal Penelitian Ilmu Ekonomi, 2(1).

Reschiwati, R., Syahdina, A., & Handayani, S. (2020). Effect of liquidity, profitability, and size of companies on firm value. Utopía y Praxis Latinoamericana, 25(6), 325–332.

Seftianne, S., & Handayani, R. (2011). Faktor-faktor yang mempengaruhi struktur modal pada perusahaan publik sektor manufaktur. Jurnal Bisnis Dan Akuntansi, 13(1), 39–56.

Simanjuntak, G. T. (2022). Analisis Pengaruh Pandemi Covid-19 Terhadap Nilai Perusahaan Perbankan Di Indonesia. STIE Indonesia Banking School.

Sitanggang, B. P. (2014). Pengaruh Price Earning Ratio, Return On Investment, Dan Dividen Per Share Terhadap Return Saham Pada Perusahaan Manufaktur Di Bursa Efek Indonesia. UNIMED.

Sudana, I. (2011). Manajemen Keuangan Perusahaan: Teori & Praktik.

Sudarmakiyanto, E., Prasetya, H., & Anoraga, P. (2012). ( Studi Empiris pada Perusahaan Sektor Property , Real Estate , and Building Construction yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2008-2012 ).

Toni, N. (2017). Pengaruh Keputusan Investasi, Struktur Modal, Kebijakan Dividen Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Kinerja Keuangan Serta Implikasinya Pada Nilai Perusahaan (Studi Empiris Pada Perusahaan Go Public Yang Terdaftar Di Bei). Unpas.

Ukuran, S., Terhadap, P., & Widodo, F. A. (2012). Peran Corporate Governance Perception Index.

Wahyudi, U., & Pawestri, H. P. (2006). Implikasi Struktur Kepemilikan Terhadap Nilai Perusahaan: Dengan Keputusan Keuangan Sebagai Variabel Intervening. Simposium Nasional Akuntansi, 9, 1–25.

Yaumi, S. (2021). Analisis pengaruh rasio keuangan terhadap nilai perusahan manufaktur go public yang terdaftar di BEI serta perbandingan antara pada sebelum dan pada saat pandemi covid 19. Wijaya Kusuma Surabaya University.




DOI: https://doi.org/10.33373/bening.v9i2.4703

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN Barcode:

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.