ANALISIS PENGUKURAN KUALITAS WEBSITE DENGAN METODE WEBQUAL 4.0

Rayna Kartika, Ares Albirru Amsal, Muthia Sang Putri

Abstract


Sebagai salah satu aplikasi pencari kerja yang diminati dan popular, Jobstreet hadir membawa keterbaruan dalam memberian kemudahan dan informasi dalam mencari kerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara beberapa factor dari user satisfaction yaitu usability quality, information quality dan service interaction quality terhadap user satisfaction pada aplikasi Jobstreet. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif dan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dengan beberapa kriteria. Responden penelitian adalah 100 orang yang merupakan pengguna aplikasi Jobstreet. Data dianalisis dengan model regresi dengan alat menggunakan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan semakin baik usability quality, information quality dan service interaction quality yang dimiliki oleh website atau aplikasi maka semakin tinggikepercayaan user dan semakin baik pula user satisfaction. Variabel usability quality, information quality, dan service interaction quality memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap user satisfaction. Sehingga dapat disimpulkan semakin tinggi usability quality, information quality, dan service interaction, maka semakin baik pula user satisfaction pada aplikasi Jobstreet tersebut

Keywords


User quality, Information quality, Service interaction, User satisfaction

Full Text:

PDF

References


Al Baiti, Amirah. Suprapto dan Rachmadi, Aditya. 2017. Pengukuran Kualitas Layanan Website Dinas Pendidikan Kota Malang Dengan Menggunakan Metode Webqual 4.0 dan IPA. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer e-ISSN: 2548-964X Vol. 1, No. 9, Juni 2017

Alsultanny, Y. A., dan Alotaiby, M.F. 2015. Evaluating The Factors Affecting on Intension to Use of E-Recruitment. American Journal of Information Science and Computer Engineering, 1(5), 324-331

Arifin, Suci Ramadhani. Nugroho, Eko dan Hantono, Bimo Sunarfri. 2015. Analisis Kualitas Layanan Website Universitas Hasanuddin Dengan Metode Webqual 4.0 Modifikasi. Jurnal Teknomatika Vol. 8, No. 1, Juli 2015. ISSN: 1979-7656. Universitas Hasanuddin: Makassar

Barnes, S., & Vidgen, R. (2000). WebQual: An Exploration of Website Quality.

ECIS 2000 Proceedings.

Barnes, S., & Vidgen, R. (2001). Assessing the Quality of Auction Web Sites. Hawaii International Conference on System Sciences (pp. 1-10). IEEE.

Barnes, S. J., & Vidgen, R. (2003). Measuring Website Quality Improvements: A Case Study of The Forum on Strategic Management Knowledge Exchange. Industrial Management & Data System, 103(5), 297-309

Hafiz, Aliy. 2017. Mengukur Kualitas Website Dengan Pendekatan Webqual 4.0 Modifikasi. Jurnal SEMNAS IIB Darmajaya Lembaga Penelitian, Pengembangan Pembelajaran & Pengabdian Kepada Masyarakat

Huang, Hen-Yi dan Pan, Chan. Factors Influencing the User Behaviour Intention of Online Recruitment Websites. International Journal of Business and Commerce Vol. 1, No. 9: May 2012[107-126] (ISSN: 2225-2436

Rezkiani, Ananty. Yunanda., Suprapto, dan Rachmadi, Aditya. 2018. Pengukuran Kualitas Website Unit Pengembangan Karir dan Kewirausahaan Universitas Brawijaya Menggunakan Metode Webqual 4.0. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer e-ISSN: 2548-964X Vol. 2, No. 2,

Santoso, Budi Setiawan dan Anwar, Muhammad Fauzi. 2017. Analisis Kualitas Website Menggunakan Metode Webqual Dan Importance - Performance Analysis (IPA) Pada Situs Kaskus. Jurnal Jurusan Sistem Informasi Bisnis

Waloyo, Lorensius Anang Setiyo. 2018. Mengukur Kualitas Website Universitas Dengan Pendekatan Webqual (Studi Kasus: Unika Widya Mandala Madiun). Jurnal Prosiding SNST ke-9




DOI: https://doi.org/10.33373/bening.v9i2.4708

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN Barcode:

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.