ADAPTASI PERILAKU KONSUMEN ATAS DIGITALISASI PASAR TRADISIONAL DI KOTA DENPASAR

Gita Apsari Dewi, A.A Ayu Intan Wulandari, Dewa Gde Yoga Permana

Abstract


Digitalisasi ditandai dengan penggunaan platform yang dapat memberikan pelayanan dan menampilkan berbagai produk dan/atau jasa sehingga memudahkan pengguna untuk mengakses darimana dan kapan saja. Konsumen hanya memerlukan jaringan internet dan perangkat seluler untuk melakukan pembayaran di merchant manapun, hal inilah yang kemudian diterapkan pula pada pasar tradisional Kota Denpasar. Pandemi Covid-19 yang membatasi ruang gerak masyarakat semakin menyebabkan konsumen beralih pada sistem pembayaran berbasis online. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif, yang pengamatannya hanya terbatas di Kota Denpasar. Adanya sambutan positif dari para pedagang dan pembeli atas penerapan sistem pembayaran, salah satunya QR Code Indonesian Standard (QRIS) sehingga semakin memberikan kemudahan dari segi biaya, tenaga, dan waktu.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.33373/bening.v9i2.4765

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN Barcode:

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.