PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN LOKASI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA AISY DRINK CABANG BIMA

indah nurainiah, Ita Purnama

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan lokasi terhadap keputusan pembelian pada aisy drink cabang bima, dimana dalam penelitian ini menggunakan penelitian asosiatif untuk mencari pengaruh kualitas pelayanan (X1), lokasi (X2) dan keputusan pembelian (Y) dengan jumlah populasi tidak diketahui pasti jumlahnya dan menggunakan teknik purposive sampling sampling untuk pengambilan data sampel sebanyak 96 responden. Instrumen penelitian menggunakan skala likert dengan menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, regresi linier berganda, analisis koefisien korelasi (R), analisis koefisien determinasi (R2), uji t dan uji f. Hasil penelitian menunjukan yaitu 1) terdapat pengaruh secara parsial kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian pada aisy drink cabang bima dengan  nilai thitung sebesar 4,445, 2) terdapat pengaruh secara parsial lokasi terhadap keputusan pembelian pada aisy drink cabang bima dengan nilai thitung sebesar 4,903, 3) terdapat pengaruh secara simultan kualitas pelayanan dan lokasi terhadap keputusan pembelian diperoleh nilai thitung sebesar 59,286.

 

Keywords: Kualitas Pelayanan, Lokasi, Keputusan Pembelian


Keywords


Kualitas Pelayanan, Lokasi, Keputusan Pembelian

Full Text:

PDF

References


Andi Tjiptono, Fandy. 2015. Strategi Pemasaran. Edisi 4: Andi Tjiptono, Fandy. 2002. Strategi Pemasaran. Penerbit Andi, Yogyakarta.

Aprileny, I., Imalia, I., & Emarawati, J. A. (2020). Pengaruh Harga, Fasilitas Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian. Ikraith Ekonomika, 4(3), 243–252.

Atmaja, K. V. W., Sujana, I. N., & Suwena, K. R. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Pelanggan pada PT. Pos Cabang Singaraja. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 10(1), 12.

Ekasari, R., Purnamasari, W., & Ali, M. (2018). Terhadap Keputusan Konsumen Dalam Membeli. Kualitas Pelayanan, 4(2), 1–31.

Fauji, R., Faddila, S. P., Hs, J., Waluyo, R., Timur, T., Karawang, K., & Barat, J. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Johan Futsal Karawang. 35–56.

Febriansyah, A., Sapari, A. A., Herfando, Zakka, M., & Sewaka. (2022). Pengaruh Lokasi dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian Konsumsi pada Pasar Swadaya Pamulang 2 di Tangerang Selatan. 2, 359–366.

Gama, A., Rustiarni, W., & Nita, P. (2016). Pengaruh Lokasi, Fasilitas, dan Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Pasar Seni Guwang Sukawati). 11(1), 22–30.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25 (9 th ed.). Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Kelvinia, K., Putra, M. U. M., & Efendi, N. (2021). Pengaruh Lokasi, Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Wira Ekonomi Mikroskil, 11(2), 85–98.

Khairani, R., Siregar, C. A., Hutabalian, R. H., & Karolina, I. I. (2019). Pengaruh Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Pt. Matahari Putera Prima (Hypermart). Jurnal Untuk Ilmu Ekonomi Dan Perpustakaan, 5(2), 129–136.

Kotler, Philip, dan Kevin Lane Keller, (2016): Marketing Management, 15th Editior New Jersey: Pearson Pretice Hall, Ine.

Latifah, S., & Suhardi. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian pada PT Pos Belakang Padang Batam. Ekuivalensi, 6(1), 57–72.

Lesmana, I. S., Bahits, A., & Adiswanse, J. (2022). Promosi Dan Fasilitas Serta Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Pada Perumahan Persada Banten. Jesya (Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah), 5(1), 515–525.

Nurlia, L. (2021). Pengaruh Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Pengunjung Di Minimarket Menggunakan Metode Regresi Linier. Jurnal Riset Sistem Informasi Dan Teknologi Informasi (JURSISTEKNI), 3(1), 1–12.

Patmala, H. S., & Fatihah, D. C. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Di Ukmmart Kartikawidya Utama. JIMEA | Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, Dan Akuntansi), 5(3), 1154–1170.

Purnawati, L., Ernawati, & Susanti, R. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Lokasi terhadap Keputusan Pembelian dengan Harga sebagai Variabel Moderating. Jurnal Ekonomi Dan Kewirausahaan, 16(3), 380–386.

Puspitasari, P., Eka, D., & Nailis, W. (2018). Pengaruh Lokasi dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Studi Kasus Pada Konsumen KFC Dermaga Point Palembang). Jembatan, 15(1), 23–32.

Soenawan, A. D., & Malonda, E. S. (2020). Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen D ’ Stupid Baker Spazio Graha Family Surabaya. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 6(2), 395–409.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. In Bandung: Alfabeta.

Sumarni Saota, Progresif Buulolo, & Samanoi Halowo fau. (2021). Pengaruh lokasi terhadap keputusan pembelian konsumen di UD. TRIAL VELA kecamatan fanayama kabupaten nias selatan. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Nias Selatan, 4(2), 135–142.

Tjiptono, Fandy. 2014, Pemasaran Jasa-Prinsip, Penarapan, dan Penelitian, Andi Offset, Yogyakarta.

Wariki, G., Mananeke, L., & Tawas, H. (2015). Pengaruh Bauran Promosi, Persepsi Harga Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Dan Kepuasan Konsumen Pada Perumahan Tamansari Metropolitan Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 3(2), 1073–1085.




DOI: https://doi.org/10.33373/bening.v10i1.5248

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN Barcode:

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.