PENGARUH MARKETING MIX TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN PADA MOBIL MEREK KIJANG INNOVA

Dadi Akhmad Perdana, Riki Riki

Abstract


Merek Toyota saat ini merupakan pemimpin pasar yang telah mendominasi selama beberapa tahun terakhir di industri otomotif di Indonesia, khususnya pada mobil merek Kijang Innova. Kesuksesan dari mobil merek Toyota Kijang Innova dalam meningkatkan penjualan dan menghadapi para pesaingnya tentu tidak lepas dari strategi pemasaran yang dilakukan selama beberapa tahun terakhir ini, dan salah satu strategi pemasaran yang dilakukan adalah dengan strategi Marketing Mix (Bauran Pemasaran). Dalam penelitian terhadap loyalitas konsumen mobil merek Toyota Kijang Innova ini, penulis menggunakan sampel sebanyak 35 responden dan menggunakan skala Likert untuk skala pengukurannya serta melakukan pengujian dengan program statistik SPSS. Dari hasil penelitian dengan Multiple Regression Analysis dengan SPSS, dapat diketahui bahwa nilai Sig. dari variable Marketing Mix (Product, Price, Place dan Promotion), seluruhnya memiliki nilai Sig. < 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa seluruh variable Marketing Mix (Product, Price, Place dan Promotion) memiliki pengaruh yang positif terhadap loyalitas konsumen terhadap Mobil merek Kijang Innova. Dan dari hasil Uji Koefisien Determinasi R square menunjukkan hasil sebesar 0,544, yang berarti 54,4% dari variable Marketing Mix memiliki kontribusi dalam mempengaruhi loyalitas konsumen terhadap Mobil Merek Kijang Innova sebesar dan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain.


Keywords


Loyalitas Konsumen; Marketing Mix, Merek



DOI: https://doi.org/10.33373/bening.v10i1.5285

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN Barcode:

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.