Pentingnya Peran Manajemen Akreditasi Dalam Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan

Khairina Khairina, Sumiati Sumiati, Salfen Hasri, Sohiron Sohiron

Abstract


Permasalahan Mutu Pendidikan merupakan hal yang sangat penting pada satuan pendidikan Untuk itu pemerintah dalam hal ini sebagai wujud tanggung jawab dalam meningkatkan layanan Pendidikan kepada masyarakat dengan menetapkan standar Pendidikan Nasional. Metode penelitian pada artikel ini menggunakan metode riset kepustakaan (Library Research) metode penelitian ini berkenaan dengan metode pengumpulan data pustaka, Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan dokumentasi dan teknik analisis data penelitian ini menggunakan analisis kritis yang dimana analisis ini sifatnya kritis umumnya beranjak dari pandanggan atau nilai-nilai tertentu yang diyakini oleh peneliti terkait dalam permasalahan peningkatan mutu pendidikan yang melalui dokumen-dokumen yang berkaitan dengan permasalahan yang peneliti teliti. Hasil penelitian ini adalah akreditasi merupakan salah satu upaya dalam meningkatkan mutu pendidikan pada satuan pendidikan. Dalam pelaksanaan akreditasi satuan pendidikan perlu memperhatikan manajemen akreditasi sekolah, faktor yang menjadi penghambat dalam akeditasi dan solusinya, tindak lanjut pasca akrteditasi dan langkah dalam mencapai akreditasi yang baik.

Keywords


Akreditasi; Manajemen Akreditasi; Mutu Pendidikan

References


Al-Qur’an Digital. (n.d.). https://www.merdeka.com/quran

Awaludin, A. A. R. (2017). Akreditasi Sekolah sebagai Suatu Upaya Penjaminan Mutu Pendidikan di Indonesia. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 2(1), 12–21. https://doi.org/10.30998/sap.v2i1.1156

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Sekretariat Negara (2003).

Iskamto, D., Jeli Nata Liyas, Elida Gultom, Ansori, P. B., Harwina, Y., & Hendra, T. (2022). Pelaksanaan Proses Akreditasi Sekolah untuk menjaga kualitas Pendidikan Sekolah/Madrasah. Jurnal Pengabdian Masyarakat Akademisi, 1(2), 46–51. https://doi.org/10.54099/jpma.v1i2.132

Malik, A., Nyoto, A., Arismunandar, Susetyo, B., Marjuki, C. A., Maskuri, Muchlas, Yusro, M., Surapranata, S., Soetantyo, S. P., & Toharudin, T. (2023). Pedoman Akreditasi Sekolah Dan Madrasah Tahun 2023.

Sallis, E. (2002). Total Quality Management in education. In Developing quality systems in education (Third edit). https://doi.org/10.4324/9780203423660_chapter_5

Suardipa, I. P., & Pitriani, K. (2020). Urgensi Sistem Penjaminan Mutu dan Akreditasi Dalam Pemetaan Mutu Satuan Pendidikan. Jurnal Penjaminan Mutu, 1(2), 143–153.




DOI: https://doi.org/10.33373/bening.v10i2.5385

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN Barcode:

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.