PENGARUH DIGITAL MARKETING DAN HARGA TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN PADA APLIKASI TIKTOK (STUDI PADA KONSUMEN DI KOTA BIMA)

Yuni Mantika, Intisari Haryanti, Ita Purnama

Abstract


Abstrak : Penggunaan tiktok sebagai media pemasaran masih belum merata, para konsumen masih awam dalam membeli produk di aplikasi tiktok, karena aplikasi tiktok sendiri dikenal sebagai aplikasi hiburan yang menampilakan konten-konten video yang menarik. Produk yang ditawarkan pada aplikasi Tiktok lebih terjangkau dibandingkan dengan toko online lainnya. Sebagian besar pengguna Tiktok di kota bima yang menyatakan bahwa harga barang di Tiktok jauh lebih murah dari pada harga barang di marketplace lain. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu seluruh pengguna Aplikasi Tiktok yang ada di Kota Bima yang tidak diketahui secara pasti jumlahnya (Unknown Population) dengan jumlah sampel 96 orang. Tehnik analisis yang digunakan yaitu uji validitas dan reliabilitas, uji koefisien korelasi dan koef determinasi, uji regresi berganda, uji T dan uji F. Berdasarkan hasil analisis statistik uji t variabel Digital marketing berpengaruh terhadap minat beli pada aplikasi tiktok (studi pada konsumen kota bima). Begitu juga variabel harga berpengaruh terhadap Minat Beli konsumen pada aplikasi tiktok (studi pada konsumen kota bima). Berdasarkan hasil uji f diketahui bahwa variabel Digital marketing dan harga berpengaruh terhadap minat beli konsumen pada aplikasi tiktok (studi pada konsumen kota bima).
Kata Kunci: Digital Marketing, Harga dan Minat Beli

Abstract : The use of tiktok as a marketing medium is still uneven, consumers are still unfamiliar with buying products on the tiktok application, because the tiktok application itself is known as an entertainment application that displays interesting video content. The products offered on the Tiktok application are more affordable than other online stores. Most Tiktok users in Kota Bima stated that the prices of goods on Tiktok were much cheaper than the prices of goods on other marketplaces. The population used in this study is all users of the Tiktok application in Bima City whose number is unknown (Unknown Population) with a sample size of 96 people. The analytical techniques used are validity and reliability tests, correlation coefficient tests and coefficient of determination, multiple regression tests, T tests and F tests. Based on the results of statistical analysis of the t test variable Digital marketing has an effect on buying interest in the tiktok application (studies on consumers in Bima city) . Likewise, the price variable has an effect on consumer buying interest in the tiktok application (a study of consumers in Kota Bima). Based on the results of the f test, it is known that digital marketing and price variables affect consumer buying interest in the tiktok application (studies in Bima city consumers).
Keywords: Digital Marketing,Price and Purchase Interest

References


DAFTAR PUSTAKA

Abdu, Rafi (2018). “Pengaruh Digital Marketing Terhadap Corporate Image Pada PT AHM Di Kota Bandung Tahun 2017.” eProceeding of Applied Science 4, no. 2

Abdulhakim, A. (2019). Memahami Pengalaman Komunikasi Orang Tua– Anak Ketika Menyaksikan Tayangan Anak-anak di Media Sosial Tik Tok (Doctoral dissertation, Faculty of Social and Political Science)

Abimanyu Bayu Pamungkas (2023). Pengaruh Kelengkapan Produk, Persepsi Harga dan Digital Marketing TerhadaP Minat Beli Konsumen Pada Alfamidi Raya Ketintang Surabaya”.

Aptaguna dan Pitaloka. 2016. Pengaruh Kualitas Layanan Dan Harga Terhadap Minat Beli Jasa Go-Jek.Jurnal Program Studi Manajemen Universitas Pembangunan Jaya. Vol.3.

Arikunto, S. 2016. Prosedur Penelitian Suatu Pendektan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Adi, Ignatius Venta Wijaya. 2015. Pengaruh Suasana Toko (Store Atmophere) dan Lokasi Terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Kasus Pada Distro Koffin Store di Yogyakarta).Yogyakarta: Universitas Sana Dharma Yogyakarta..

Ari Setyaningrum. (2015). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Yogyakarta: CV. AndiOffset

Arrahma ET dkk (2022) pengaruh lokasi dan harga terhadap minat beli konsumen. Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, Adminsitrasi dan Pelayanan Publik. Vol. IX No.1

As’ad H, Anas Y, A. R., & Alhadid. (2014). The Impact of Social Media Marketing on Brand Equity: An Empirical Study on Mobile Service Provider in Jordan. Science Private University, 3

Dedi Purwana ES., R. S. (2017). pemanfaatan digital marketing bagi usaha mikro, kecil, dan menengah (umkm) di kelurahan malaka sari, duren sawit. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), 1-17.

Darda, A., & Abdulah, B. (2018). Pengaruh Harga, Kualitas Pelayanan, dan Promosi terhadap Minat Masyarakat Bersekolah di SMAM Wanaraja. Jurnal EKOBIS: Ekonomi Bisnis & Manajemen, 8(1), 01–16.

Ghozali, I. 2016. “Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23 (Edisi 8).” Cetakan ke VIII. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro 96.

Hisam, S. (2018). Digital Marketing: Pengertian Menurut Para Ahli ( Manfaat-Kelebihan-Kekurangan )

Hajli, M. 2013. ‘A research framework for social commerce adoption’. Information Management & Computer Security. Vol. 21, No. 3, pp. 144-154.

Handryanus Edwinto Raga, Anak Agung Putu Agung, N. P. N. A. (2021). Pengaruh Digital Marketing, Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Minat Beli Pada Produk Kuliner Tegal Dadong. Skripsi. Vol.2 No.2, 512–520.

Ilham Hilal Ramadhan, Ryan Priatama, A. A. F. (2021). Analisis Teknik Digital Marketing pada Aplikasi Tiktok (Studi Kasus Akun TikTok @jogjafoodhunterofficial). Vol. 18, No. 1, 49-60

Kotler, and Keller. 2014. Manajemen Pemasaran. 11th ed. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Amstrong. 2016. Principles of Marketing Sixteenth Edition Global Edition.England. Pearson Education Limited.

Liesander, I dan Dharmayanti, D. 2017. Pengaruh Digital Marketing Terhadap Organizational Performance dengan Intellectual Capital dan Perceived Quality Sebagai Variabel Intervening pada Industri Hotel Bintang Lima di Jawa Timur. Jurnal Strategi pemasaran. Vol. 2 (4). Pp. 1-13. http://publication.petra.ac.id/index.php/manajemen-pemasaran/article/view/5690.

Oktaviani, F., & Rustandi, D. (2018). Implementasi Digital Marketing dalam Membangun Brand Awareness. Profesi Humas, 3(1).

Prabowo, W.A. (2018). Pengaruh Digital Marketing terhadap Organizational Performance Dengan intellectual Capital Dan Perceived Quality sebagai Variabel Intervening Pada Industri Hotel Bintang Tiga di Jawa Timur. Jurnal Manajemen Pemasaran, 12, (2), 101–112. https://doi. org/10.9744/pemasaran.12.2.101-112

Sanjaya, Ridwan dan Josua Tarigan (2009). Creative Digital Marketing. Jakarta: PT Elex Media Komputindo

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methode). Alfabeta

Smith, Katherine Taken. (2011). Digital Marketing strategies that Millennials find appealing, motivating, or just annoying. Journal of Strategic Marketing, 19(6), 489–499.

Tjiptono, Fandy. 2014, Pemasaran Jasa –Prinsip, Penerapan, dan Penelitian, Andi Offset, Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.33373/bening.v10i1.5441

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN Barcode:

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.