ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI LOYALITAS PADA JASA NOTARIS DAN PPAT

Elisa Purnawati, fathur rochman, devia urrin janah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelayanan Notaris-PPAT pelanggan Notaris-PPAT Bapak Joko Pranoto, SH, M.Kn. di kota tangerang selatan. Penelitian ini menggunakan metode survei kuantitatif dan teknik pengambilan sampel non-probabilitas, yaitu purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dengan skala likert lima poin. Penelitian ini menggunakan teknik analisis statistik yaitu analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Nilai signifikansi variabel kepuasan konsumen (X1) sebesar .005<.05 dan nilai t hitung sebesar 2,941>2,012. (2) Nilai signifikansi variabel lokasi (X2) sebesar .016 < .05 dan nilai t hitung sebesar 2,490 > 2,012 yang berarti variabel kepuasan pelanggan dan lokasi mempunyai pengaruh signifikan secara parsial. (3) Kepuasan pelanggan dan lokasi secara simultan berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan Jasa Notaris dan PPAT Tangerang Selatan Bapak Joko Pranoto, SH, M.Kn dengan nilai F sebesar 21,801 dan nilai signifikan sebesar .000. Berdasarkan hasil tersebut, diharapkan Kantor Pelayanan Notaris dan PPAT Bapak Joko Pranoto, SH, Bapak Kn yang berlokasi di Tangerang Selatan dapat memperbaiki dan meningkatkan kualitas indikator kepuasan pelanggan dan kinerja Notaris dan PPAT. lokasi kantor untuk mempertahankan loyalitas pelanggan Manajemen yang baik berorientasi pada ijazah.
Kata Kunci : kepuasan pelanggan, lokasi, loyalitas pelanggan

Keywords


kepuasan pelanggan;lokasi;loyalitas pelanggan

References


Anjani, N. S. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan DI Kantor Notaris dan PPAT Indah Khaerunnisa, SH., M. Kn. Jurnal Inovatif Mahasiswa Manajemen, 2(2), 119-129.

Budi, U. (2015). 22 Karakter Pejabat Umum (Notaris dan PPAT) Kunci Sukses Melayani. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25. Yogyakarta: Universitas Diponegoro

Handayani, M. T., & Fernandes, A. P. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Lokasi pada Kantor Notaris dan PPAT Gunawan, SH di Kabupaten Sukabumi. Jurnal Mahasiswa Manajemen Vol. 2 No. 2, 42-59

Hendra, R. (2012). Tanggung Jawab Notaris Terhadap Akta Otentik Yang Penghadapnya Menggunakan Identitas Palsu Di Pekanbaru. Jurnal Ilmu Hukum, 3 No. 1.

Kotler, P., & Kevin, L. (2007). Manajemen Pemasaran (2 ed.). Jakarta: Erlangga.

Kurniawan, T. (2016). Analisis Pengaruh Kualitas Jasa, Citra Perusahaan, Kepuasan dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas Tertanggung PT. Asuransi Jasindo (Persero) Cabang Yogyakarta

Nata, S. N. (2019). Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Nasabah Kredit Mikro PT. Bank BJB Bandar Lampung . Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Manajemen, 362-374.

Othman, A., & Owen, L. (2001). The multi dimensionality of Carter Model to measure customer service quality (SQ) in Islamic banking industry: a study in Kuwait finance house. International Journal of Islamic Financial Services 3.4, 1-12.

Putra, R. P. (2015). Pengaruh Kualitas Pelayanan Islami Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Nasabah Bank BRI Syariah Surabaya. Jurnal Ekonomi Syariah Teori dan Terapan, 1(9).

Putri, Nuriska.S.A, and Sri Yanthy Yosepha. 2022. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kepuasan Pelanggan Loyalitas Pelanggan Di Kantor Notaris Dan Ppat Khaerunnisa, Sh., M.Kn.” JIMEN Jurnal Inovatif Mahasiswa Manajemen 2 (2).

Ratnasari, R. T., & Aksa, M. (2011). Manajemen Pemasaran Jasa. Bogor: Ghalia Indonesia.

Sahara, Y. (2016). Loyalitas Pelanggan Dalam Pandangan Islam. Retrieved March 31, 2023, from Bismansyausublogspot:

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tjiptono. (2005). Service, Quality, and Satisfaction. Yogyakarta: Andi Offset.

Tjiptono, F. (2001). Tjiptono, Fandy. 2001. Strategi pemasaran. Edisi ke S. Yogyakarta: Penerbit Andi. Yogyakarta: Penerbit Andi Offset.




DOI: https://doi.org/10.33373/bening.v10i2.5698

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN Barcode:

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.