PENGARUH KUALITAS PRODUK, KUALITAS PELAYANAN, HARGA DAN STRATEGI PEMASARAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN

Edwin Agung Wibowo, Tibrani Tibrani, Habibuddin Nasution

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk, kualitas pelayanan, harga, dan strategi pemasaran terhadap kepuasan konsumen pada Kentucky Fried Chicken (KFC) Palm Spring Kota Batam. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasinya adalah konsumen yang pernah membeli produk KFC di Gelael. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan rumus Slovin sehingga didapat sampel berjumlah 93 responden. Hasil penelitian ini disimpulkan secara parsial dan simultan kualitas produk, kualitas pelayanan, harga, dan strategi pemasaran berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen pada Kentucky Fried Chicken (KFC) Palm Spring Kota Batam. Dibuktikan dari hasil uji t bahwa variabel Kualitas Produk dengan t hitung 2,342 > t tabel 1,987 dan signifikansi 0,021 < 0,05. Variabel Kualitas Pelayanan dengan t hitung 2,265 > t tabel 1,987 dan signifikansi 0,026 < 0,05. Variabel Harga dengan t hitung 3,205 > t tabel 1,987 dan signifikansi 0,002 < 0,05. Variabel Strategi Pemasaran dengan t hitung 3,772 > t tabel 1,987 dan signifikansi 0,000 < 0,05. Serta hasil uji F yang menunjukkan nilai F hitung 19,232 > F tabel 2,48 dengan Sig. (0,000) < 0,05.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.33373/bening.v10i2.5972

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN Barcode:

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.