POTENSI DAN PROSPEK WISATA HALAL DALAM MENINGKATKAN EKONOMI MASYARAKAT DI KABUPATEN KEPULAUAN ANAMBAS

Juni Aziwantoro, Pauzi Pauzi

Abstract


Tren wisata halal ini merupakan segmen pariwisata dengan menyediakan kebutuhan pokok yang dibutuhkan oleh wisatawan muslim sesuai dengan syariat Islam, terkait fasilitas ibadah, halal makanan dan minuman serta fasilitas penunjang lainnya menurut hukum syariah yang disediakan di tempat tujuan wisata. Menurut sistem maritim yang ada Kepulauan Anambas, kawasan ini sangat potensial untuk dijadikan sebagai objek wisata halal. Pasalnya, tren wisatawan selalu mengunjungi tempat-tempat yang menarik dan alami. Oleh karena itu, potensi dan prospek tersebut perlu dikaji lebih dalam tentang pentingnya wisata halal di Kabupaten Kepulauan Anambas. Penelitian ini bersifat deduktif yang berupaya menjelaskan kebijakan pariwisata halal di Indonesia. Sedangkan bagian terpenting dan subjek kajian yang diharapkan adalah tentang pencapaian konsep wisata halal secara keseluruhan dan memberikan catatan untuk mendapatkan prospek dan potensi wisata halal di Kabupaten Kepulauan Anambas. Alat pengumpulan data yang penulis dapatkan adalah studi pustaka yang berkaitan dengan observasi literatur terstruktur melalui laporan, buku, jurnal. Sedangkan pengembangan data primer dilakukan melalui wawancara dengan Kepala Dinas Pariwisata, Kepala Kementerian Agama dan beberapa tokoh adat setempat dalam upaya mengimbangi narasi yang disampaikan. Keberadaan wisata halal di Kabupaten Kepulauan Anambas merupakan momentum yang sangat baik dalam upaya meningkatkan perekonomian masyarakat dan sebagai peluang untuk menghasilkan pendapatan asli daerah. Potensi dan prospek pariwisata dalam upaya menuju wisata halal telah banyak dimainkan oleh pemerintah daerah di Kabupaten Kepulauan Anambas sehingga upaya tersebut terlihat hingga saat ini dengan peningkatan jumlah kunjungan wisatawan. Begitu pula bagi masyarakat sekitar, hal ini tentunya menjadi momentum yang sangat penting dalam upaya meningkatkan perekonomian dengan berbagai cara

Keywords


Halal, Wisata, Ekonomi

References


Sekretariat Kabinet Republik Indonesia. “5 Tahun Dikembangkan, Indonesia Raih Peringkat Pertama Wisata Halal Dunia 2019,” 18 April 2019. https://setkab.go.id/5-tahun-dikembangkan-indonesia-raih-peringkat-pertama-wisata-halal-dunia-2019/.

Anugrah, Krisna. “Potensi pengembangan wisata halal dalam perspektif dukungan ketersediaan restoran halal lokal (non waralaba) di kota gorontalo.” Jurnal Pariwisata Pesona 2, no. 2 (2017): 12.

Aziwantoro, Juni, dan Asrizal Saiin. “LAW ENFORCEMENT DALAM MENERAPKAN CSR DI KOTA TANJUNGPINANG.” BENING 7, no. 2 (2020): 143–52.

“BI: Jumlah Wisatawan Muslim di Dunia Capai 158 Juta Orang Tahun Depan - Bisnis Katadata.co.id,” 16 November 2019. https://katadata.co.id/agustiyanti/berita/5e9a4c560a4cb/bi-jumlah-wisatawan-muslim-di-dunia-capai-158-juta-orang-tahun-depan.

Coster, Tinnike, Lala M Kolopaking, dan A. Faroby Falatehan. “Pariwisata Berbasis Masyarakat Untuk Peningkatan Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Kepulauan Anambas” 9, no. 1 (2017): 49–72.

Destiana, Riska, dan Retno Sunu Astuti. “Pengembangan Pariwisata Halal di Indonesia.” Dalam Conference on Public Administration and Society, Vol. 1, 2019.

Fandeli, Chafid. Perencanaan kepariwisataan alam. Yogyakarta: Fakultas Kehutanan Universitas Gadjah Mada, 2002.

Jaelani, Aan. “Industri wisata halal di Indonesia: Potensi dan prospek.” MPRA Paper No. 76237, 10 Maret 2017. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.29350.52802.

Martaleni, Martaleni. “Atribut Wisata Halal Sebagai Peningkatan Daya Saing Pariwisata.” Dalam Prosiding Seminar Nasional Akuntansi, Manajemen, dan Keuangan, Vol. 1, 2019.

“Masterplan Pariwisata Kabupaten Kepulauan Anambas.” Anambas: Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kepulauan Anambas dengan Pusat Studi Pariwisata Universitas Gadjah Mada, 2019.

“MASTERPLAN PARIWISATA KABUPATEN KEPULAUAN ANAMBAS – Puspar.” Diakses 7 September 2020. https://puspar.ugm.ac.id/2020/05/12/masterplan-pariwisata-kabupaten-kepulauan-anambas/.

Moleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif. xv, 220 hlm. : il.; 24 cm ed. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2008.

Pendit, Nyoman S. Ilmu Pariwisata: sebuah pengantar perdana. Jakarta: Pradnya Paramita, 1994.

Satriana, Eka Dewi, dan Hayuun Durrotul Faridah. “Halal tourism: development, chance and challenge.” Journal of Halal Product and Research 1, no. 2 (2018): 32–43.

Sharianews.com. “Prospek Wisata Halal 2019.” Sharia News. Diakses 7 September 2020. prospek-wisata-halal-2019.

Sujali. Geografi Pariwisata dan Kepariwisataan. Yogyakarta: Fakultas Geografi UGM, 1989.

Suwantoro, Gamal. Dasar-dasar pariwisata. Yogyakarta: Andi Offset, 2004.

Yoeti, Oka A. Perencanaan dan Pengembangan Pariwisata. Jakarta: Pradnya Paramita, 2002.




DOI: https://doi.org/10.33373/bening.v8i1.3000

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN Barcode:

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.