ANALISIS PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI DINAS KELAUTAN, PERIKANAN, PERTANIAN DAN KEHUTANAN KOTA BATAM

Amiruddin A, Dini Anggraini

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh gaya kepemimpinan dan motivasi kerja terhadap kinerja pegawai (studi pada pegawai Dinas Kelautan, Perikanan, Pertanian dan Kehutanan kota Batam).

Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 60 responden dari 106 pegawai. Adapun metode yang digunakan dalam pengambilan sampel ini adalah dengan menggunakan purposive sampling. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Berdasarkan hasil analisis data, maka persamaan regresi yang didapat adalah sebagai berikut:

 

Y = 0,465 X1 + 0,398 X2

 

Hasil dari uji t, gaya kepemimpinan dan motivasi kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai. Hasil secara simultan dengan uji F menunjukkan bahwa semua variabel independen berpengaruh signifikan tehadap kinerja pegawai. Nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,680 yang menunjukkan bahwa 68% variabel kinerja pegawai dapat dijelaskan oleh variabel independen gaya kepemimpinan dan motivasi kerja, sedangkan sisanya sebesar 32% dijelaskan oleh variabel lain.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 1997. Produser penelitian suatu pendekatan praktek. Batam: Rineka Cipta.

Barner, G. James. 2001. Secrets of Costumer Relationship Management: Rahasia Manajemen Hubungan Pegawai. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Bramson, Robert. 2005. Customer Loyalty 50. Batam: Prestasi Pustaka

Ghozali, Imam. 2005, Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit UNDIP

Griffin, Jill. 2002. Customer Loyalty. Batam: Erlangga.

Hadi, Sutrisno.2004. Metodologi Research. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Kotler, Philip.1999. Manajemen Pemasaran. Batam: Erlangga

Kotler, Philip. 2002. Manajemen Pemasaran Edisi Milenium. Batam: Prehallindo.

Kountur, Ronny. 2005. Metode Penelitian: Untuk Penulisan Skripsi dan Tesis. Batam: Penerbit PPM

Lupiyoadi, Rambat dan A. Hamdani. 2006. Manajemen Pemasaran Jasa. Batam: Salemba Embat.

Nasution, A. P., Mahargiono, P. B., & Soesatyo, Y. (2016). EFFECT OF LEADERSHIP STYLES, ORGANIZATIONAL CLIMATE AND ETHOS OF WORK ON EMPLOYEE PRODUCTIVITY (PT. HP METALS INDONESIA THE POWDER COATING). International Journal of Business and Management, 11(2), 262. http://doi.org/10.5539/ijbm.v11n2p262

Sarwono, Jonathan. 2007. Analisis Jalur untuk RisetBisnis dengan SPSS. Batam: Penerbit Andi Sitepu, Nirwana.1994. Path Analisis. Bandung: UNPAD.

Suardi, Rudi. 2003. Sistem Manajemen Mutu ISO 9000: 2000 Penerapannya untuk mencapai TQM. Cetakan 2. Batam: Penerbit PPM.

Sulastiyono, Agus. 2006. Manajemen Penyelenggaraan KP2K. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2004. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta

Swasta, Basu. 2002. Azas-azas Marketing. Yogyakarta: Liberty.

Tjiptono, Fandy. 1997. Prinsip-prinsip Total Quality Service. Yogyakarta: Penerbit Andi.

---------. 2004. Pemasaran Jasa. Jawa Timur: Bayumedia.

----------dan Diana Anantasia. 2001. Total Quality Manajemen.Yogyakarta: Penerbit Andi Umar, Husein. 2002. Riset Pemasaran dan Perilaku Pegawai. Batam: PT. Gramedia Pustaka City View.

Wijaya, Tunggal. 1996. Kamus Marketing. Batam: Rineka Cipta Yoeti, Oka A. 2001. Strategi Pemasaran KP2K. Batam : PT. Gr




DOI: https://doi.org/10.33373/bening.v4i1.693

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN Barcode:

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.