PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, KOMPETENSI PEGAWAI, DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT

Elvera Arifia Putri, Ika Listyawati

Abstract


Tujuan dan manfaat pada penelitian ini adalah untuk menguji secara empiris, menganalisis serta mengetahui bagaimana pengaruh Kualitas Pelayanan, Kompetensi Pegawai, dan Disiplin Kerja terhadap Kepuasan Masyarakat (Studi Kasus pada Kantor Kecamatan Ambarawa, Kabupaten Semarang). Sampel pada penelitian ini sebanyak 100 responden atau masyarakat Kecamatan Ambarawa yang diambil menggunakan Teknik Slovin. Data yang diperoleh dalam penelitian ini diolah menggunakan SPSS versi 25. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan dalam penelitian ini dapat ditarik kesimpulan berdasarkan hasil uji t bahwa kualitas pelayanan (X1) dan kompetensi pegawai (X2), dan disiplin kerja (X3) terdapat pengaruh positif signifikan terhadap kepuasan masyarakat (Y) pada Kantor Kecamatan Ambarawa. selanjutnya berdasarkan hasil uji f menunjukian bahwa nilai signifikan 0,000 < 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kualitas pelayanan, kompetensi pegawai, dan disiplin kerja secara bersama-sama atau simultan memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan masyarakat pada Kantor Kecamatan Ambarawa

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.33373/bening.v3i1.7686

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN Barcode:

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.