PENGARUH BRAND AWARENESS, BRAND AMBASSADOR, INFUENCER MARKETING DAN ONLINE CUSTOMER REVIEW TERHADAP MINAT BELI PRODUK SKINCARE SCARLETT WHITENING DI TIKTOK SHOP (STUDI KASUS PADA GENERASI Z DI FEB UNRIKA BATAM)

Rimayang Anggun Laras Prastianty Ramli, Richard Hansamoni Sarali Telaumbanua, Edwin Agung Wibowo, Dini Anggraini

Abstract


Penelitian ini dilakukan pada Mahasiswa Generasi Z di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Riau Kepulauan Batam dengan tujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Brand Awareness, Brand Ambassador, Influencer Marketing, dan Online Customer Review Terhadap Minat Beli Skincare Scarlett Whitening di TikTok Shop baik secara parsial maupun secara simultan. Populasi dalam penelitian ini merupakan Mahasiswa Generasi Z yang ada di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Riau Kepulauan Batam yang berjumlah 275 responden menggunakan metode sampel jenuh. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan analisis regresi linear berganda dengan bantuan SPSS 30. Hasil penelitian ini disimpulkan bahwa secara parsial dan secara simultan variabel Brand Awareness, Brand Ambassador, Influencer Marketing, dan Online Customer Review berpengaruh positif dan signifikan terhadap Minat Beli Produk Skincare Scarlett Whitening di Tiktok Shop pada Mahasiswa Generasi Z Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Riau Kepulauan Batam.

Full Text:

PDF

References


Anggraeni, D. (2020). Peran Brand Ambassador Dalam Meningkatkan Kesadaran Merek Dan Keputusan Pembelian Konsumen. Jurnal Pemasaran Modern, 18(1), 102–115.

Brown, A. (2018). Influencer marketing: Leveraging social media influencers to promote products and services. Journal of Digital Marketing, 12(3), 45–59.

Fajrin, M., Prasetyo, R., & Wibowo, A. (2017). Peran Brand Ambassador Dalam Meningkatkan Penjualan Dan Kesadaran Merek: Studi Pada Industri Produk Konsumen. Jurnal Manajemen Pemasaran, 9(3), 123–135.

Greenwood, A. (2021). The Role Of Brand Ambassadors In Celebrity Marketing And Its Impact On Sales. Journal of Marketing and Consumer Behavior, 23(4), 89–101.

Kanitra, R., & Kusumawati, R. (2018). The Influence Of Online Customer Reviews On Consumer Purchasing Decisions. Jurnal Pemasaran dan Bisnis, 22(4), 56–67.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing management (15th ed.). Pearson Education.




DOI: https://doi.org/10.33373/bening.v12i1.7700

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN Barcode:

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.