PENGARUH SUPERVISI AKADEMIK, KOMPETENSI GURU, FASILITAS BELAJAR, DAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU SDN 008 SAGULUNG KOTA BATAM

Mira Yona, Nabila Syahira, Sastra Tamami, Sriwati Sriwati, Jeffi Mutiara

Abstract


Masalah dalam penelitian ini adalah “Kinerja Guru SDN 008 Sagulung Kota Batam”. adapun variabel dari penelitian ini adalah Supervisi Akademik, kompetensi Guru, Fasilitas Belajar, dan Lingkungan Sekolah (sebagai variabel bebas) dan Kinerja Guru (sebagai variabel terikat). penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui pengaruh Supervisi akademik, kompetensi guru, fasilitas belajar, dan lingkungan sekolah secara bersama-sama terhadap kinerja guru, 2)supervisi akademik, kompetensi guru, fasilitas belajar, dan lingkungan sekolah secara parsial terhadap kinerja guru. Sampel penelitian ini adalah para guru, SDN 008 Sagulung Kota Batam.Teknik pengambilan sampel adalah dengan purposive sampling dengan jumlah responden 50 Orang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survey dimana penulis menyebarkan kuesioner untuk mengumpulkan data melalui kuesioner yang diuji validitas dan rehabilitasnya. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji t, uji F, uji determinan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa supervisi akademik, kompetensi guru dan fasilitas belajar berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru. sedangkan lingkungan sekolah menunjukkan signifikan terhadap kinerja guru. Hasil penelitian secara simultan menunjukkan bahwa variabel supervisi akademik, kompetensi guru, fasilitas belajar, dan lingkungan sekolah secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.33373/bening.v12i2.8590

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN Barcode:

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.