https://www.journal.unrika.ac.id/index.php/beningjournal/issue/feedBENING2024-03-11T18:25:26+07:00Rona Tanjungronatanjung07@gmail.comOpen Journal Systems<p align="justify">BENING Journal publishes scientific articles of research results that have not been published anywhere and focuses on the fields of Management science and relevant fields of science such as marketing, leadership, financial management and other relevant fields of science.</p>https://www.journal.unrika.ac.id/index.php/beningjournal/article/view/5395PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN DI MADRASAH ALIYAH NEGERI BATAM2024-03-11T18:23:03+07:00Hendrizal Hendrizalhendrizalgo1@gmail.comFikri Irpan Fauzifikriirfanfauzi@gmail.comSalfen Hasrisalfen.hasri@uin-suska.ac.idSohiron Sohironsohiron@uin-suska.ac.id<em>Salah satu faktor penting dalam peningkatan mutu pendidikan adalah peran dari kepala sekolah dalam mengelola sekolah demi tercapainya tujuan pendidikan. Peran ini tentunnya yang harus dianalisis untuk mengetahui keberhasilan seorang kepala sekolah dalam mengembang tugas dan tanggung jawabnya dalam peningkatan mutu sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peran kepala sekolah dalam peningkatan mutu pendidikan di Madrasah Aliyah Negeri Batam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif yang menggambarkan kembali data-data yang telah terkumpul mengenai peran kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan. Hasil yang diperoleh menjelaskan bahwa kepala sekolah telah melaksanakan berbagai upaya dalam meningkatkan mutu pendidikan di Madrasah Aliyah Negeri Batam yang meliputi membuat terobosan program unggulan (Program Keasramaan /MAN PK, Program Kelas Cambrige, Layanan PTSP dan Sistem Perpustakaan Digital), menjadikan visi dan misi sekolah sebagai pedoman dan komitmen pengembangan pembelajaran, pembentukan tim penjamin mutu melibat semua unsur dan pengelolaan SDM dengan prinsip Profesionalitas dan Integritas.</em>2023-11-24T17:50:44+07:00Copyright (c) 2023 BENINGhttps://www.journal.unrika.ac.id/index.php/beningjournal/article/view/5442PENGARUH TOTALASSET TURNOVER (TATO) DAN WORKING CAPITAL TURNOVER (WCTO) TERHADAP RETURN ON ASSETS (ROA) PADA PT. MUSTIKA RATU TBK2024-03-11T18:23:05+07:00Putri Humairasiapsiap.yukk@gmail.comIta Purnamaita123purnama@gmail.comAbstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Total Asset Turnover (TATO) dan Working Capital Turnover (WCTO) terhadap Return On Assets (ROA) pada PT. Mustika Ratu Tbk. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian asosiatif. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah daftar tabel yang berisi data total aset, penjualan, laba bersih dan modal kerja pada PT. Mustika Ratu Tbk, jenis data yang digunakan adalah data sekunder yang didapat dari laporan keuangan yang diperoleh dari website www.idnfinancial.com. Populasi dalam penelitian ini adalah data laporan keuangan PT. Mustika Ratu Tbk. selama 26 tahun sejak tercatatnya pada bursa efek indonesia pada tahun 1995-2021. Dengan sampel yang digunakan dari tahun 2011-2021. Dengan Tehnik sampling yang digunakan yaitu purposive sampling dengan kriteria data laporan keuangan terupdate yang tersedia selama 11 tahun berturut-turut yaitu dari tahun 2011-2021. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dokumentasi dan studi pustaka. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji asumsi klasik (uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heterokedastisitas, uji autokorelasi), analisis regresi linear berganda, koefisien korelasi, koefisien determinasi, uji t dan uji f. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa Total Asset Turnover (X1) tidak berpengaruh dan signifikan secara parsial terhadap Return On Asset (Y) pada PT. Mustika Ratu Tbk. Working Capital Turnover (X2) berpengaruh dan signifikan secara parsial terhadap Return On Asset (Y) pada PT. Mustika Ratu Tbk. Total Asset Turnover(X1) dan Working Capital Turnover (X2) berpengaruh dan signifikan secara simultan terhadap Return On Asset (ROA). Keywords: Total Asset Turnover, Working Capital Turnover, dan Return On Assets2023-11-24T17:57:10+07:00Copyright (c) 2023 BENINGhttps://www.journal.unrika.ac.id/index.php/beningjournal/article/view/5678ANALISIS SIKAP NASIONALISME BERDASARKAN MOTIVASI PENDIDIK DI WILAYAH PERBATASAN PADA GURU SMA DI KECAMATAN RUPAT UTARA DAN RANGSANG PESISIR2024-03-11T18:23:08+07:00Annesa Adriyaniannesa.adriyani@gmail.comMulia Sosiadymulia_sosiady@yahoo.comErmansyah Ermansyahermansyah@uin-suska.ac.idNasrullah Djamilnasrullah.djamil@uin-suska.ac.idRupat Utara dan Rangsang Pesisir merupakan wilayah yang berada di zona perbatasan wilayah Indonesia dan Malaysia. Potensi besar masuknya pengaruh di wilayah perbatasan yang mempengaruhi tingkat nasionalisme masyarakat di wilayah Rupat Utara dan Rangsang Pesisir. Adapun sampel dalam penelitian ini 35 Guru SMA Negeri di Rangsang Pesisir dan Rupat Utara dengan nilai koefisien regresi variabel motivasi pendidik (X) sebesar 0,899 dan nilai t hitung sebesar 4,826. Nilai koefisien motivasi pendidik positif, ini menunjukkan bahwa motivasi pendidik mempunyai hubungan yang searah dengan peningkatan sikap nasionalis guru, Hal ini menujukkan bahwa semakin meningkat motivasi pendidik guru semakin meningkat pula peningkatan sikap nasionalis guru di SMA Negeri di Rupat Utara dan Rangsang Pesisir. Pengaruh motivasi pendidik terhadap peningkatan sikap nasionalis guru di SMA Negeri di Kecamatan Rupat Utara dan Kecamatan Rangsang Pesisir mampu memberikan sumbangan pengaruh sebesar 41,4% atau motivasi pendidik mampu menjelaskan sebesar 41,4%. Sedangkan sisanya sebesar 58,6% dipengaruhi atau dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam model penelitian ini.2023-11-24T18:11:03+07:00Copyright (c) 2023 BENINGhttps://www.journal.unrika.ac.id/index.php/beningjournal/article/view/5385Pentingnya Peran Manajemen Akreditasi Dalam Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan2024-03-11T18:23:11+07:00Khairina Khairinabukhari.khairina@gmail.comSumiati Sumiatisumiatihanafi60@gmail.comSalfen Hasrisalfen.hasri@uin-suska.ac.idSohiron Sohironsohiron@uin-suska.ac.idPermasalahan Mutu Pendidikan merupakan hal yang sangat penting pada satuan pendidikan Untuk itu pemerintah dalam hal ini sebagai wujud tanggung jawab dalam meningkatkan layanan Pendidikan kepada masyarakat dengan menetapkan standar Pendidikan Nasional. Metode penelitian pada artikel ini menggunakan metode riset kepustakaan (Library Research) metode penelitian ini berkenaan dengan metode pengumpulan data pustaka, Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan dokumentasi dan teknik analisis data penelitian ini menggunakan analisis kritis yang dimana analisis ini sifatnya kritis umumnya beranjak dari pandanggan atau nilai-nilai tertentu yang diyakini oleh peneliti terkait dalam permasalahan peningkatan mutu pendidikan yang melalui dokumen-dokumen yang berkaitan dengan permasalahan yang peneliti teliti. Hasil penelitian ini adalah akreditasi merupakan salah satu upaya dalam meningkatkan mutu pendidikan pada satuan pendidikan. Dalam pelaksanaan akreditasi satuan pendidikan perlu memperhatikan manajemen akreditasi sekolah, faktor yang menjadi penghambat dalam akeditasi dan solusinya, tindak lanjut pasca akrteditasi dan langkah dalam mencapai akreditasi yang baik.2023-11-24T20:23:13+07:00Copyright (c) 2023 BENINGhttps://www.journal.unrika.ac.id/index.php/beningjournal/article/view/5837Faktor-Faktor yang Memengaruhi Peningkatan Kesuksesan Bisnis Usaha Kecil Menengah di Kabupaten Badung Pasca Pandemi Covid-192024-03-11T18:23:13+07:00Anak Agung Ayu Intan Wulandariagungayuintan@iikmpbali.ac.idGita Apsari Dewigitaapsari@iikmpbali.ac.idPenelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh penggunaan informasi akuntansi, modal ventura, dan ketidakpastian lingkungan terhadap keberhasilan Usaha Kecil Menengah (UKM). Penelitian ini menggunakan metode linier regresi berganda. Sampel pada penelitian ini yaitu beberapa pemilik UKM di Bali. Hasil penelitian ini menemukan bahwa penggunaan Sistem Informasi Akuntansi (SIA) berperan penting dalam perencanaan, pengendalian, pengorganisasian kegiatan, dan pengambilan keputusan bisnis. SIA membuat kesuksesan bisnis menjadi lebih mudah dicapai oleh UKM di Bali. Selain itu, pengelolaan modal usaha dapat menjamin kelangsungan dan pertumbuhan UKM dengan menyediakan likuiditas yang memadai. Implikasi praktis dari penelitian ini yaitu pelaku usaha UKM harus mengelola keuangannya seperti pembukuannya supaya lebih cepat dan efisien. Pemerintah diharapkan agar mendorong dan memberikan kemudahan bagi UKM dalam mencapai kesuksesan bisnis. Penelitian ini berfokus pada UKM yang sebelumnya terdampak pandemi Covid-19. Pasca terdampak pandemi Covid-19, UKM masih memiliki harapan untuk tetap sukses dengan melihat peluang yang ada di tengah kondisi yang tidak menentu.2023-11-25T14:13:55+07:00Copyright (c) 2023 BENINGhttps://www.journal.unrika.ac.id/index.php/beningjournal/article/view/5695KOMPETENSI DIGITAL, DISIPLIN KERJA DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PERUSAHAAN INDAH LOGISTIK PEKANBARU2024-03-11T18:23:15+07:00Yuyuk Lianaylian@stie-mce.ac.idNikodemus Koloylian@stie-mce.ac.idAgussalim Andriansyahylian@stie-mce.ac.idAli Latingylian@stie-mce.ac.idTujuan dari penelitian ini adalah utntuk mengetahui pengaruh kompetensi digital, motivasi kerja dan disiplin kerja terhadap kinerja karyawan pada PT. Indah Logistik Cargo Pekanbaru. Peneltian ini menggunakan sampel sebanyak 61 responden dengan menggunakan teknik porposive sampling. Hasil penelitian ini adalah variabel kompetensi digital berpengaruh positi terhadap kinerja karyawan, variabel motivasi kerja berpengaruh psitif terhadap kinerja karyawan, dan variabel disiplin kerja berpengaruh positif terhadap kinerja karyawan. Berdasarkan analisis data, diketahui bahwa variabel disiplin kerja merupakan variabel yang paling dominan berpengarh terhadap kinerja karyawan.2023-11-25T14:36:51+07:00Copyright (c) 2023 BENINGhttps://www.journal.unrika.ac.id/index.php/beningjournal/article/view/5609“PENGARUH STRUKTUR MODAL, RETURN ON ASSET, RETURN ON EQUITY,” “DAN SALES GROWTH TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA” “PERUSAHAAN SUB SEKTOR FARMASI YANG TERDAFTAR” “DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2017-2021”2024-03-11T18:23:18+07:00Anggias Ni Pandan Arumanggiasnipandan@gmail.comTri Handayanitrihandayani94@ymail.comVictor Prasetyavictor.prasetya2@gmail.comDian Murdianingsihdian.murdianingsih20@gmail.comNoor Rosyadinoorrosyadi7@gmail.comTujuan studi ini adalah untuk menilai bagaimana perubahan pendapatan, harga saham, nilai aset, atau struktur modal dapat mempengaruhi nilai suatu perusahaan. Empat puluh sampel data digunakan untuk pengambilan sampel penelitian ini. Penelitian ini dianalisis dengan menggunakan berbagai metode statistik, antara lain analisis deskriptif, uji multikolinearitas, uji autokorelasi, analisis regresi berganda, uji t, uji F, dan koefisien determinasi. Struktur modal (X1), return on assets (X2), dan return on equity (X3) semuanya terbukti berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Nilai Perusahaan pada usaha subsektor farmasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2017-2021 dipengaruhi secara signifikan oleh struktur modal (X1), return on equity (X2), dan return on assets (X3).2023-11-25T14:50:28+07:00Copyright (c) 2023 BENINGhttps://www.journal.unrika.ac.id/index.php/beningjournal/article/view/5517PENGARUH PENGALAMAN PELANGGAN DAN KONDISI FASILITAS TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DAN PENGARUHNYA TERHADAP NIAT MENGINAP KEMBALI2024-03-11T18:23:21+07:00Wiji Dinda Lestarib2041212026@student.untan.ac.idRamadania Ramadaniaramadhania@ekonomi.untan.ac.idErna Listianaerlistiana@gmail.comPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana variabel pengalaman pelanggan dan variabel kondisi fasilitas mempengaruhi variabel niat menginap kembali dengan kepuasan pelanggan sebagai variabel mediasi pada kamar executive room Hotel Orchardz Gajahmada Pontianak. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang didistribusikan melalui google form dengan 153 responden pelanggan kamar executive room Hotel Orchardz Gajahmada Pontianak dengan menggunakan metode purposive sampling. Data dianalisis menggunakan metode Structural Equation Model (SEM) berbasis Partial Least Square atau PLS. (SmartPLS) versi 4.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh langsung antara variabel pengalaman pelanggan terhadap variabel kepuasan pelanggan dan variabel niat menginap kembali. Kemudian variabel kondisi fasilitas berpengaruh langsung terhadap kepuasan pelanggan, namun tidak berpengaruh langsung terhadap variabel niat menginap kembali. Variabel kepuasan pelanggan berpengaruh langsung terhadap variabel niat menginap kembali. Pada hubungan pengaruh tidak langsung variabel kepuasan pelanggan dapat memediasi pengaruh variabel pengalaman pelanggan dan variabel kondisi fasilitas terhadap varaibel niat menginap kembali. Kata Kunci – Pengalaman Pelanggan, Kondisi Fasilitas, Kepuasan Pelanggan, dan Niat Menginap Kembali2023-11-25T15:05:48+07:00Copyright (c) 2023 BENINGhttps://www.journal.unrika.ac.id/index.php/beningjournal/article/view/5698ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI LOYALITAS PADA JASA NOTARIS DAN PPAT2024-03-11T18:23:23+07:00Elisa Purnawatielisapurnawati@staimi.ac.idfathur rochmanfathurrochman@staimi.ac.iddevia urrin janahambuelsa@gmail.comPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelayanan Notaris-PPAT pelanggan Notaris-PPAT Bapak Joko Pranoto, SH, M.Kn. di kota tangerang selatan. Penelitian ini menggunakan metode survei kuantitatif dan teknik pengambilan sampel non-probabilitas, yaitu purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dengan skala likert lima poin. Penelitian ini menggunakan teknik analisis statistik yaitu analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Nilai signifikansi variabel kepuasan konsumen (X1) sebesar .005<.05 dan nilai t hitung sebesar 2,941>2,012. (2) Nilai signifikansi variabel lokasi (X2) sebesar .016 < .05 dan nilai t hitung sebesar 2,490 > 2,012 yang berarti variabel kepuasan pelanggan dan lokasi mempunyai pengaruh signifikan secara parsial. (3) Kepuasan pelanggan dan lokasi secara simultan berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan Jasa Notaris dan PPAT Tangerang Selatan Bapak Joko Pranoto, SH, M.Kn dengan nilai F sebesar 21,801 dan nilai signifikan sebesar .000. Berdasarkan hasil tersebut, diharapkan Kantor Pelayanan Notaris dan PPAT Bapak Joko Pranoto, SH, Bapak Kn yang berlokasi di Tangerang Selatan dapat memperbaiki dan meningkatkan kualitas indikator kepuasan pelanggan dan kinerja Notaris dan PPAT. lokasi kantor untuk mempertahankan loyalitas pelanggan Manajemen yang baik berorientasi pada ijazah. Kata Kunci : kepuasan pelanggan, lokasi, loyalitas pelanggan2023-11-26T14:04:20+07:00Copyright (c) 2023 BENINGhttps://www.journal.unrika.ac.id/index.php/beningjournal/article/view/5692PENGARUH KOMPENSASI, LINGKUNGAN KERJA, DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PT MCDERMOTT INDONESIA BATAM2024-03-11T18:23:26+07:00Rita Haironirita.haironi@gmail.comTri Lestaritri399132@gmail.comArne Huzaimaharnehuzaimah_uin@radenfatah.ac.idThe aim of this research is to determine the influence of compensation, work environment, and job satisfaction on the performance of PT McDERMOTT Indonesia Batam employees. The population in this study was 1026 employees, with the employees used as samples determined using the Slovin formula, obtaining a sample of 92 employees. The analytical method used is multiple linear regression analysis, and the research results show that simultaneously the compensation variables, work environment, and job satisfaction have a significant effect on employee performance, and partially the compensation variables, work environment, and job satisfaction have a significant effect on employee performance. From the research results it is also known that the job satisfaction variable has a dominant influence on the performance of McDERMOTT Indonesia Batam employees.2023-11-26T14:31:12+07:00Copyright (c) 2023 BENINGhttps://www.journal.unrika.ac.id/index.php/beningjournal/article/view/5926PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN, KOMPENSASI, PROMOSI JABATAN DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PT. HO WAH GENTING BATAM2024-03-11T18:23:28+07:00Rahman Hasibuanrahman.hasibuan@yahoo.comAnersih Anersiharnesih1303@g.mail.comMira Yonamirayona@yahoo.co.idPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Kompensasi, Promosi Jabatan Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan PT. Ho Wah Genting Batam. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah sebanyak 100 orang yang merupakan Kinerja Karyawan PT. Ho Wah Genting Batam. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan nonprobability sampling dengan menggunakan teknik sampel jenuh sehingga didapat sampel berjumlah 100 responden. Data diperoleh dengan menggunakan instrument wawancara dan instrument angket yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Analisis data menggunakan regresi berganda dan uji hipotesis dengan menggunakan alat uji SPSS versi 25. Hasil penelitian ini disimpulkan bahwa secara parsial Gaya Kepemimpinan dan Kompensasi tidak berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap Kinerja Karyawan, namun Promosi Jabatan Dan Lingkungan Kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja Karyawan PT. Ho Wah Genting Batam. Sedangkan secara simultan keempat variabel independennya berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja Karyawan PT. Ho Wah Genting Batam.2023-12-28T19:45:24+07:00Copyright (c) 2023 BENINGhttps://www.journal.unrika.ac.id/index.php/beningjournal/article/view/5939PENGARUH EVALUASI KERJA, MOTIVASI KERJA, TANGGUNG JAWAB DAN LOYALITAS TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA KARYAWAN2024-03-11T18:23:30+07:00Rini Elfinarini.elfina@uis.ac.idMuhammad Siddikmuhammad.siddik@uis.ac.idHutri Agus Romihutri_romi@yahoo.com.sgAde Sarminiadesarmini@gmail.comPenelitian ini bersetujuan untuk mengetahui pengaruh evaluasi kinerja, motivasi kerja, tanggung jawab dan loyalitas terhadap kinerja karyawan. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan Sample dan contoh Jenuh. Jumlah respon…yang…digunakan…sebayak….75 responden. Data di dapat diperoleh dengan mengumpulkan data primer berupa kuesioner. Data diperoleh dengan menggunakan instrumen angket yang telah di uji validitas dan realibilitasnya dan analisis.data pada penelitian ini adalah model regresi linear berganda yang diolah dengan menggunakan software SPSS versi 25. Dari hasil uji t, evaluasi kinerja berpengaruh signifikan terhadap.kinerja karyawan dengan nilai t hitung 4,561 > 1,994 t tabel dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Motivasi kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja…karyawan dengan nilai t hitung 2,080 > 1,994 t tabel dengan nilai…signifikansi 0,041 < 0,05. Tanggung Jawab berpengaruh tidak signifikan terhadap….kinerja karyawan dengan nilai t hitung 0,565 < 1,994 t tabel dengan nilai signifikansi…0,574 > 0,05. Loyalitas berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan oleh sama dengan….nilai t hitung 6,917 > 1,994 t tabel dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Dari uji F evaluasi kinerja, motivasi kerja, tanggung jawab dan loyalitas secara simultan berpengaruh terhadap kinerja karyawan dengan nilai F hitung 40,958 > 2,503 F tabel…dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05.2023-12-29T18:40:03+07:00Copyright (c) 2023 BENINGhttps://www.journal.unrika.ac.id/index.php/beningjournal/article/view/5966PENGARUH BRAND IMAGE, BRAND ENDORSEMENT, WORD OF MOUTH MARKETING DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PRODUK SKINCARE AVOSKIN2024-03-11T18:23:33+07:00Rimayang Anggun Laras Prastianty Ramlirimayangramli@gmail.comDini Anggrainidiniunrika@gmail.comMagneta Hisyammagneta@feb.unrika.ac.idPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Brand Image, Brand Endorsement, Word Of Mouth Marketing dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan Produk Skincare Avoskin. Jenis Penelitian yakni kuantitatif. Populasi penelitian yakni sebanyak 603 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel yakni dengan purposive sampling dengan Teknik penentuan sampel menggunakan teknik slovin yang menghasilkan 86 responden yang menjadi sampel. Data diolah menggunakan SPSS V25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Brand Image tidak berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan dibuktikan dengan t hitung -0,499 < t tabel 1,98969 dan nilai sig 0,619 > 0,05, Brand Endorsement berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan dibuktikan dengan t hitung 2,190 > t tabel 1,98969 dan nilai sig 0,031 < 0,05, Word Of Mouth Marketing tidak berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan dibuktikan dengan t hitung 1,927 < t tabel 1,98969 dan nilai sig 0,057 > 0,05 dan Kualitas Pelayanan berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan dibuktikan dengan t hitung 3,749 > t tabel 1,98969 dan nilai sig 0,000 < 0,05. Secara simultan Brand Image, Brand Endorsement, Word Of Mouth Marketing dan Kualitas Pelayanan berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan dibuktikan dengan f hitung 69,381 > f tabel 2,48 dan nilai sig 0,000 < 0,05.2023-12-29T18:59:43+07:00Copyright (c) 2023 BENINGhttps://www.journal.unrika.ac.id/index.php/beningjournal/article/view/5972PENGARUH KUALITAS PRODUK, KUALITAS PELAYANAN, HARGA DAN STRATEGI PEMASARAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN2024-03-11T18:23:35+07:00Edwin Agung Wibowoeawibowo@unrika.ac.idTibrani Tibranitibrani_se@yahoo.co.idHabibuddin Nasutionhabibudinnasution1@gmail.comPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk, kualitas pelayanan, harga, dan strategi pemasaran terhadap kepuasan konsumen pada Kentucky Fried Chicken (KFC) Palm Spring Kota Batam. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasinya adalah konsumen yang pernah membeli produk KFC di Gelael. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan rumus Slovin sehingga didapat sampel berjumlah 93 responden. Hasil penelitian ini disimpulkan secara parsial dan simultan kualitas produk, kualitas pelayanan, harga, dan strategi pemasaran berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen pada Kentucky Fried Chicken (KFC) Palm Spring Kota Batam. Dibuktikan dari hasil uji t bahwa variabel Kualitas Produk dengan t hitung 2,342 > t tabel 1,987 dan signifikansi 0,021 < 0,05. Variabel Kualitas Pelayanan dengan t hitung 2,265 > t tabel 1,987 dan signifikansi 0,026 < 0,05. Variabel Harga dengan t hitung 3,205 > t tabel 1,987 dan signifikansi 0,002 < 0,05. Variabel Strategi Pemasaran dengan t hitung 3,772 > t tabel 1,987 dan signifikansi 0,000 < 0,05. Serta hasil uji F yang menunjukkan nilai F hitung 19,232 > F tabel 2,48 dengan Sig. (0,000) < 0,05.2023-12-29T19:56:11+07:00Copyright (c) 2023 BENINGhttps://www.journal.unrika.ac.id/index.php/beningjournal/article/view/5963Konsep Dasar Analisis Kebijakan2024-03-11T18:23:37+07:00Khairina Khairinakhairina@gmail.comMuhammad Syaifuddinmuhammad_syaifuddin@uin-suska.ac.idTujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui tentang apa itu konsep dasar analisis kebijakan, tujuan dari analisis kebijakan, dasar dari analisis kebijakan, jenis dan sudut pandangan analisis kebijakan dari Islam. Penelitian ini menggunakan metode penelitian studi pustaka atau library reseach, studi pustaka merupakan sebuah metode penelitian yang memanfaatkan sumber pustaka sebagai sumber dalam kegiatan penelitian dan juga mencari informasi. Dari hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa analisis kebijakan tidak hanya berfokus pada analisis data dan informasi semata. Sebaliknya, analisis kebijakan melibatkan pertimbangan terhadap semua aspek yang terkait dengan proses pembuatan suatu kebijakan. Ini mencakup analisis terhadap masalah yang dihadapi, pengumpulan informasi yang relevan, analisis informasi tersebut, penentuan opsi kebijakan yang mungkin, dan akhirnya penyampaian opsi-opsi tersebut kepada para pengambil Keputusan dan Konsep kebijakan adalah salah satu pesan syari'at yang ditekankan dalam al-Qur'an, yang berlaku dalam berbagai aspek kehidupan manusia.2024-01-05T22:29:21+07:00Copyright (c) 2024 BENINGhttps://www.journal.unrika.ac.id/index.php/beningjournal/article/view/6018Pengaruh Kepribadian, Komitmen Kerja Dan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan2024-03-11T18:23:39+07:00Titis Sri Wulantitissriwulan@gmail.comReni Renireni8511@gmail.comPutri Ayu Permata Deviayudevie8682@gmail.comR. Dewi Mutia Faridaradendewimutia@gmail.comPada saat ini, kebutuhan akan tenaga kerja atau karyawan yang berkualitas dan terampil sangat dibutuhkan oleh setiap perusahaan. Karyawan produksi merupakan sumber daya yang dipercaya mempunyai kendali terhadap proses produksi di perusahaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kepribadian, komitmen kerja dan motivasi terhadap kinerja karyawan. Populasi penelitian ini adalah 200 karyawan. Namun sampelnya berjumlah 67 responden, diambil menggunakan metode Slovin dengan tingkat kesalahan yang diinginkan sebesar 10%. Analisis data menggunakan regresi linier berganda dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa variabel kepribadian berpengaruh signifikan dengan angka thitung 2,615>1,669 ttabel dan signifikansi 0,011<0,05, variabel komitmen kerja dengan angka thitung 6,053>1,669 ttabel dan signifikansi sebesar 0,000<0,05 maka variabel motivasi tidak berpengaruh signifikan dengan thitung sebesar 0,469<1,669 ttabel dan signifikansi 0,641<0,05. Pengaruh variabel kepribadian, komitmen kerja dan motivasi dengan fhitung sebesar 13,710 > ftabel 2,75 dengan tingkat signifikansi 0,000<0,05, maka secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai.2024-01-14T20:53:21+07:00Copyright (c) 2024 BENINGhttps://www.journal.unrika.ac.id/index.php/beningjournal/article/view/6028JOB INSECURITY,JOB DESCRIPTION, DAN KOMPENSASI TERHADAP TURNOVER INTENTION KARYAWAN DI PT. INDOSAT OOREDOO TBK REGIONAL BATAM2024-03-11T18:23:42+07:00Ramon Zamorazmr_rmn@yahoo.comRona Tanjungronatanjung07@gmail.comSriwati Sriwatiwatieputri@gmail.comJeffi MutiaraJeffi.mutiara@uis.ac.idAde Riska Febrianiaderiskafebriani@gmail.comTujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh variabel Job Insecurity, Job Description, dan Kompensasi secara parsial dan simultan terhadap Turnover Intention karyawan PT. Indosat Ooredoo Tbk Regional Batam. Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan PT. Indosat Ooredoo Tbk Regional Batam yang berjumlah 90 orang dengan anggota populasi dijadikan sampel secara keseluruhan dengan metode kuesioner. Hasil penelitian ini dengan analisis regresi linear berganda. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) job insecurity berpengaruh terhadap turnover intention karyawan dilihat dari nilai signifikan 0,000 < 0,05 dan nilai t hitung 4,305 > t tabel 1,988. (2) job description berpengaruh terhadap turnover intention karyawan dilihat dari nilai signifikan 0,000 < 0,05 dan nilai t hitung 2,772. (3) kompensasi tidak berpengaruh terhadap turnover intention karyawan dilihat dari nilai signifikan 0,380 > 0,05 dan nilai t hitung -0,883 < t tabel 1,988. (4) hasil penelitian secara simultan menujukkan bahwa job insecurity, job description dan kompensasi berpengaruh bersama-sama terhadap turnover intention karyawan PT Indosat Ooredoo Tbk Regional Batam. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil uji F dimana dimana nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 dan nilai F hitung 29,994 > F tabel 2,71.2024-01-17T19:42:21+07:00Copyright (c) 2024 BENINGhttps://www.journal.unrika.ac.id/index.php/beningjournal/article/view/6064PERILAKU MENABUNG MAHASISWA: LITERASI KEUANGAN DAN LOCUS OF CONTROL MELALUI MOTIVASI MENABUNG2024-03-11T18:23:47+07:00Nurchayati Nurchayatinurchayatiatik@gmail.comPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh literasi keuangan dan locus of control, terhadap perilaku menabung mahasiswa di Semarang melalui motivasi menabung. Sampel penelitian ditentukan 100 mahasiswa Untag Semarang. Data dikumpulkan melalui survei dengan menggunakan google form. Instrumen penelitian diuji dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Analisis data penelitian menggunakan regresi linear berganda tahap satu dan regresi linier berganda tahap dua serta uji sobel untuk menguji variabel mediasi, kemudian diuji normalitas, uji asumsi klasik, uji kelayakan model dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa literasi keuangan dan locus of control berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi menabung. Literasi keuangan, locus of control, dan motivasi menabung berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku menabung mahasiswa. Motivasi menabung dapat memediasi pengaruh literasi keuangan dan locus of control terhadap perilaku menabung mahasiswa2024-01-26T10:18:38+07:00Copyright (c) 2024 BENINGhttps://www.journal.unrika.ac.id/index.php/beningjournal/article/view/6086Komitmen, Disiplin, Shift Kerja dan Lingkungan Kerja Terhadap Tim Service Point dimasa Pandemi Covid-192024-03-11T18:23:48+07:00Tiara Helpytiarahelpy26@gmail.comDesty Prawatiningsihdesty.prawatiningsih@uinbanten.ac.idAbdul Mananmanan@feb.unrika.ac.idFirdaus Firdausboyfirdaus23@gmail.comSepta Diana Nabellaseptadiana1717@gmail.comPenelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh komitmen organisasi, disiplin, shift kerja dan lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan di saat pandemi Covid-19. Adapun objek dalam penelitian ini adalah tim service point engineer PT. Nusantara Compnet Integrator. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah tim service point engineer PT. Nusantara Compnet Integrator sejumlah 33 engineer yang terdapat diberbagai macam daerah. Penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh dengan cara penyebaran kuesioner secara online. Data yang diperoleh kemudian diolah dengan menggunakan alat analisis IBM SPSS statistic 20 adapun data yang diperolah lalu di uji dengan uji validitas, reliabilitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, uji normalitas, dan analisis regresi berganda (uji F, uji T, dan uji R2). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial, komitmen organisasi berpengaruh terhadap kinerja tim service point yang ditunjukkan tingkat signifikansi 0,035 < 0,05, dan lingkungan kerja juga berpengaruh terhadap kinerja tim service point yang ditunjukkan tingkat signifikansi 0,008 < 0,05 sedangkan disiplin dan shift kerja tidak berpengaruh terhadap kinerja tim service point engineer Compnet dimasa pandemi berdasarkan data signifikansi 0,187 > 0.05 dan 0,342 > 0,05. Namun secara simultan komitmen organisasi, disiplin kerja, shift serja dan lingkungan kerja berpengaruh positif terhadap kinerja engineer service point Compnet dimasa pandemi ini ditunjukkan dari hasil data signifikansi 0.000 < 0.05.2024-01-31T21:32:15+07:00Copyright (c) 2024 BENINGhttps://www.journal.unrika.ac.id/index.php/beningjournal/article/view/6176PENGARUH FINANCIAL STABILITY DAN EXTERNAL PRESSURE TERHADAP FINANCIAL STATEMENT FRAUD PADA PERUSAHAAN SEKTOR BARANG KONSUMEN PRIMER YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2019-20212024-03-11T18:25:26+07:00Heny Fitrianiheny.Fitriani88@gmail.comYusuf Bachtiaryusuffbachtiar7@gmail.comPenelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh Financial Stability dan External Pressure Terhadap Financial Statement Fraud. Pada penelitian ini penulis menggunakan metode kuantitatif dengan instrument laporan keuangan perusahaan Sektor Barang Konsumen Primer yang listing di Bursa Efek Indonesia Periode 2019-2021.Pengujian hipotesis menggunakan statistik inferensial parametrik dengan bantuan software Statistical Program for Social Science (SPSS) V.25. Hasil penelitian secara parsial menunjukkan bahwa Financial Stability berpengaruh signifikan terhadap Financial Statement Fraud dengan signifikansi sebesar 0.022< 0.05, sedangkan External Pressure berpengaruh tidak signifikan terhadapFinancial Statement Fraud dengan nilai signifikansi sebesar 0.103 > 0.05. Hasil uji simultan diperoleh nilai signifikansi sebesar 0.027 < 0.05 yang berarti secara bersama-sama Financial Stability dan External Pressure berpengaruh signifikan. Pengaruh secara simultan sebesar 22.7% dengan kontribusi Financial Stability dan External Pressure masing-masing sebesar 15.7% dan 10.7%.2024-03-11T18:18:34+07:00Copyright (c) 2024 BENING