PENGARUH KESADARAN WAJIB PAJAK, PROGRAM SAMSAT CORNER DAN SISTEM SAMSAT DRIVE THRU TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK KENDARAAN BERMOTOR DI KOTA BATAM

Adila Silfiani, Aznedra Aznedra, Rizki Eka Putra

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kesadaran wajib pajak, Program Samsat Corner, dan Sistem Samsat Drive Thru terhadap kepatuhan wajib pajak kendaraan bermotor di Kota Batam. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dari hasil kuesioner. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jumlah sampel 100 responden dengan menggunakan metode purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda yang diolah dengan SPSS 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kesadaran wajib pajak, Program Samsat Corner, dan Sistem Samsat Drive Thru berpengaruh signifikan secara parsial dan simultan terhadap kepatuhan wajib pajak kendaraan bermotor di Kota Batam.

Kata Kunci: Kesadaran, Corner, Drive Thru, Kepatuhan.

Full Text:

PDF

References


Batampos. 2020. Kesadaran Masyarakat Kepri Bayar Pajak Kendaraan Rendah. https://batampos.co.id/2020/01/16/kesadaran-masyarakat-kepri-bayar-pajak-kendaraan-rendah/. Diakses pada tanggal 24 November 2020.

Ilhamsyah, R., Endang, M. G. W., dan Dewantara, R. Y. (2016). Pengaruh Pemahaman dan Pengetahuan Wajib Pajak Tentang Peraturan Perpajakan, Kesadaran Wajib Pajak, Kualitas Pelayanan, dan Sanksi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor (Studi Samsat Kota Malang). Jurnal Perpajakan (JEJAK). Vol. 8, No. 1, hal : 1-9.

Rizal, A. S. (2019). Pengaruh Pengetahuan Wajib Pajak, Kesadaran Wajib Pajak, Sanksi Pajak Kendaraan Bermotor dan Sistem Samsat Drive Thru Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor. Jurnal Ilmiah Akuntansi. Vol. 7, No. 1 Januari 2019, hal : 76-90.

Wardani, D. K. dan Asis, M. R. (2017). Pengaruh Pengetahuan Wajib Pajak, Kesadaran Wajib Pajak, dan Program Samsat Corner Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor. Akuntansi Dewantara. Vol. 1, No. 2 Oktober 2017, hal : 106-116.

Wardani, D. K. dan Rumiyatun. (2017). Pengaruh Pengetahuan Wajib Pajak, Kesadaran Wajib Pajak, Sanksi Pajak Kendaraan Bermotor, dan Sistem Samsat Drive Thru Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor Jurnal Akuntansi. Vol. 5, No. 1 Juni 2017, hal :15-24.




DOI: https://doi.org/10.33373/jeq.v8i2.3817

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.