PENGARUH PENGETAHUAN PAJAK DAN SANKSI PAJAK TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI (STUDI PADA WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI YANG TERDAFTAR DI KPP PRATAMA BATAM UTARA)

Hetty Syairesa Gustiana, Firdaus Hamta, Rizki Eka Putra

Abstract


Pajak berfungsi sebagai sumber utama penerimaan negara yang digunakan untuk membiayai pengeluaran negara, namun hal ini tidak akan berjalan efektif apabila tingkat kepatuhan wajib pajak rendah. Beberapa faktor yang mempengaruhi kepatuhan wajib pajak adalah pengetahuan pajak dan sanksi pajak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pengetahuan pajak dan sanksi pajak secara parsial dan simultan terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi. Objek penelitian ini adalah wajib pajak orang pribadi yang terdaftar di KPP Pratama Batam Utara dengan sample sebanyak 100 orang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakanBadalah regresi linier berganda menggunakan aplikasi SPSS versi 21. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan pajak dan sanksi pajak secara parsial dan simultan berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi yang terdaftar di KPP Pratama Batam Utara.

Kata Kunci: Pengetahuan, Sanksi, Kepatuhan Wajib Pajak.


Full Text:

PDF

References


Batamtoday. 2019. Tingkat Kepatuhan Wajib Pajak Kepri Rendah. https://batamtoday.com/batam/read/133020/Tingkat-Kepatuhan-Wajib-Pajak-Kepri-Rendah. Diakses pada tanggal 07 November 2020.

Ekonomi Bisnis. 2020. Kepatuhan Formal Wajib Pajak Melempem.https://ekonomi.bisnis.com/read/20200909/259/1289281/kepatuhan formal-wajib-pajak-melempem-tren-buruk-berlanjut. Diakses pada tanggal 13 November 2020.

Hartini, O. S. dan Sopian, D. 2018.Pengaruh Pengetahuan pajak dan Kesadaran Wajib Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi (Studi Kasus Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Karees).Jurnal Sains Manajemen & Akuntansi,Vol. 10, No. 2, 43-56.

Lydiana.2018. Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Pengetahuan Pajak, dan Sanksi Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi di KPP Pratama Surabaya Gubeng.Calyptra: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya, Vol. 7, No. 1, 125-133.

Siahaan, S. dan Halimatusyadiah. 2018. Pengaruh Kesadaran Perpajakan, Sosialisasi Perpajakan, Pelayanan Fiskus, dan Sanksi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi. Jurnal Akuntansi, Vol8, No. 1, 1-13.




DOI: https://doi.org/10.33373/jeq.v8i2.3851

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.