PENGARUH KEPEMIMPINAN DAN PROFESIONALISME TERHADAP KINERJA GURU DI SEKOLAH MADRASAH TSANAWIYAH NASYRUL ULUM PURWAKARTA KOTA CILEGON

Rosdiana Rosdiana

Abstract


Penelitian ini menunjukkan hasil bahwa profesionalisme dan gaya kepemimpinan secara bersama-sama memiliki pengaruh yang positif terhadap kinerja pembelajaran di sekolah Madrasah Tsanawiyah (MTs) Nasyrul Ulum Purwakarta Kota Cilegon. Gaya kepemimpinan memiliki pengaruh yang signifikan dan positif terhadap kinerja belajar di sekolah Madrasah Tsanawiyah (MTs) Nasyrul Ulum Purwakarta Kota Cilegon. Profesionalisme juga memiliki hubungan yang signifikan dan positif terhadap pembelajaran di sekolah Madrasah Tsanawiyah (MTs) Nasyrul Ulum Purwakarta Kota Cilegon. Koefisien determinasi (R2) sebesar 93,2% yang berarti bahwa ada macam hasil kinerja pembelajaran di sekolah Madrasah Tsanawiyah (MTs) Nasyrul Ulum Purwakarta Kota Cilegon karena profesionalisme sikap dan gaya kepemimpinan, sedangkan sisanya 6,8% secara bersamaan karena faktor lain yang dalam penelitian ini tidak dianalisis lebih lanjut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) hasil belajar biologi siswa yang diberi perlakuan laboratorium virtual (mean = 18,90) lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang diberi perlakuan laboratorium riil (mean = 17,87), (2) hasil belajar siswa yang diberi perlakuan laboratorium riil (mean = 17,87). siswa ekstrovert (mean = 18,33) lebih pendek dari siswa introvert (mean = 18,43), (3) Terdapat pengaruh interaksional yang signifikan antara penggunaan gaya laboratorium dan kognitif terhadap hasil belajar biologi, (4) hasil belajar biologi siswa ekstrovert yang diberi perlakuan laboratorium virtual (mean = 18,93) lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang diberi perlakuan laboratorium riil (mean = 17,73), (5) Hasil belajar biologi siswa introvert yang diberi perlakuan laboratorium virtual (mean = 18,86) lebih tinggi dibandingkan dengan yang diberi perlakuan laboratorium riil (mean = 18,00), (6) hasil belajar biologi siswa ekstrovert yang diberi perlakuan laboratorium virtual (mean = 18,93) lebih tinggi dibandingkan dengan siswa introvert yang diberi perlakuan laboratorium virtual (rata-rata = 18,86), (7) Hasil belajar biologi siswa introvert yang diberi perlakuan laboratorium rill (mean = 18,00) lebih tinggi dibandingkan siswa ekstrovert yang diberi perlakuan laboratorium rill (mean = 17,73).

Kata Kunci: Gaya Kepemimpinan, Profesionalisme, Kinerja.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsini, 1996. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: Rineka Cipta

Dimyati & Mudjiono. 2009. Belajar dan pembelajaran. Jakara: Rineka Cipta

Dorneyi, Zoltan. 2005. The Psychology of The Language Learner Individual Differences in Second Language Acquisition. London: Lawrence Erlbaum Associates, Publishers Mahwah, New Jersey

Emzir. 2008. Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif dan kualitatif Jakarta: Raja Grafindo

Ghufron, M Nur & Rini Risnawita, S. 2012. Gaya Belajar Kajian Teoretik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Hamalik, Oemar. 1994. Metode Mengajar dan Kesulitan Mengajar. Bandung: Tarsito

Nurhadi, dkk. 2007. Biologi 1. Jakarta: Pelangi Indonesia

Permendikbud Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional

Poppy, K. Devi. 2013. Pendekatan Saintific. Bandung: P4TK IPA

Pratiwi, dkk. 2012. Biologi 3. Jakarta: Erlangga

Reigeluth, C.M (ed). 1983. Instructional Design Theories and Models: A New Paradigm of Instructional Theory. New Jersey: Lawrence Erlbauw Associates publisiers.

Riduwan. 2010. Metode dan Teknik Menyusun Tesis. Bandung: Alfabeta

Sadiman, Arief S., dkk. 2010. Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan pemanfaatannya. Jakarta: Raja Grafindo persada

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta

Smaldino, Sharon E,Deborah L Lowther, James D Russell. 2011. Instructional Technology & Media for Learning Teknologi Pembelajaran dan Media untuk Belajar. Jakarta: Kencana

Snelbecker, G.E. 1974. Learning Theory, Instructional Theory and Psycho educational Design. New York : Mc. Graw-Hill Company

Sobur, Alex. 2010. Psikologi Umum. Bandung: Pustaka Setia

Sudjadi, Bagog, dkk. 2006. Biologi Sains Dalam Kehidupan. Jakarta: Yudistira

Sudjana, Nana. 2010. Penilain Hasil dan Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Remaja Rosdakarya

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif, Kulitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Suparman, Atwi. 2014. Desain Instruksional Modern. Edisi keempat. Jakarta: Erlangga

Supranto, J. 2009. Statistik Teori dan Aplikasi. Edisi Ketujuh. Jakarta: Erlangga

Suyono dan Hariyanto. 2012. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya

Umaimah, dkk. 2014.Buku Petunjuk Eksperimen Biologi SMA/MA Kelas XII. Jakarta: Katalis Datesa Prima

Uno, Hamzah B, Nina Lamatenggo. 2011. Teknologi Komunikasi dan Informasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara

Yaumi, Muhammad. 2013. Desain Pembelajaran. Jakarta: Kencana 2014. Buku Pedoman Penulisan Tesis. Serang : Pascasarjana Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.




DOI: https://doi.org/10.33373/jeq.v9i1.4374

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.