PENGARUH HARGA, PELAYANAN DAN FASILITAS TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN ALFAMART

Heny Fitriani

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh harga, pelayanan dan fasilitas terhadap kepuasan pelanggan. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode analisa deskripsi yaitu memberikan gambaran setiap variabel tentang objek penelitian yang sedang diteliti dan kemudian ditarik kesimpulannya. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh pelanggan Alfamart Toko Sat Villa Taman Bunga Batam. Metode yang digunakan untuk pengambilan sampel yakni dengan metode teknik Purposive Sampling dengan sehingga sampel yang dapat diambil dari penelitian ini berjumlah 50 orang pelanggan. Berdasarkan hasil pengolahan data penelitian menunjukkan adanya pengaruh harga, pelayanan dan fasilitas terhadap kepuasan pelanggan di Alfamart Toko Sat Villa Taman Bunga Batam. Berdasarkan penelitian harga tidak berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan dengan t hitung sebesar -0.914 sig 0.365, pelayanan tidak berpengaruh signifikan dengan t hitung 1.619 sig 0.112 dan Fasilitas berpengaruh signifikan dengan t hitung 3.429 sig 0.001. Secara simultan berpengaruh signifikan dengan nilai f hitung 6.105 sig 0.001. Hasil nilai R square (R)2 = 0.285. nilai R square berasal dari pengkuadratan nilai koefisien atau R yaitu, 0.534 x 0.534 =0.285. dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa variabel harga, pelayanan dan fasilitas secara simultan berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan sebesar 28.5% dan Sedangkan sisanya sebanyak 71,5% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak teliti atau di masukkan pada penelitian ini.

Kata Kunci: Harga, Pelayanan, Fasilitas, Kepuasan Pelanggan.


Full Text:

PDF

References


Ayu Marini. (2020). Pengaruh kualitas pelayanan, citra merek dan promosi terhadap keputusan pembelian jasa transportasi Online grab. Jurnal Manajemen Bisnis, 33(1), 1–14.

Gale 2013. (2019). Passion Berwirausaha pada Pengusaha Muda. Gadjah Mada Journal of Psychology (GamaJoP), 3(1), 13.

Kevinlanne, philip kotler dan. (2017). Strategi Pengembangan Usaha Untuk Mengatasi Persaingan ( Studi Kasus PT . Kimia Farma Jakarta ). Cakrawala, XVII(1), 81– 87.

Lestari, N. E. P. (2020). Hubungan Antara Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Di Waroeng Steak and Shake Cabang Margonda. Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 18(2), 107–115.

Margareta Dan Edwin . (2012) analisa pengaruh food quality dan brand image terhadap keputusan pembelian roti kecik toko roti Ganep's. manajemen pemasaran,1,1.

Nasution. (2019). Pengaruh Kepuasan Dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas Pelanggan Jasa Pengiriman Barang Jne di Kota Palu. Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako, 5(2), 160–170.

Nirwana. (2020). Pengaruh Fasilitas Terhadap Keputusan Menginap di Homestay Desa. 25(1), 26–39.

Ratih Andalusi (2012) pengaruh positif terhadap kepuasan pelanggan ejournal.stiemj.ac.id/index.php/ekobis/article/download/91/88

Sugiyono. (2017). Pengaruh Profitabilitas dan Non-Debt Tax Shield Terhadap Struktur Modal Pada Perusahaan Manufaktur Subsektor Otomotif dan Komponen yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Selama Periode Tahun 2011-2015. “Metode Penelitian Pada Dasarnya Merupakan Cara Ilmiah Untuk Mendapatkan Data dengan Tujuan dan Kegunaan Tertentu.” dalam, 1(2), 47–71.

Wilson. (2014). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Manajemen Hubungan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.




DOI: https://doi.org/10.33373/jeq.v9i1.4927

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.