PENGEMBANGAN BAHAN AJAR STRUKTUR ALJABAR BERBASIS PENDEKATAN DEDUKTIF UNTUK MENINGKATKAN HOT SKILL MAHASISWA UNIVERSITAS RIAU KEPULAUAN (UNRIKA) BATAM

Nina Agustyaningrum, Yessy Yusnita

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah: (1) Menghasilkan produk berupa bahan ajar berbentuk modul sruktur aljabar berbasis pendekatan deduktif yang valid dan praktis: (2) Mengetahui dampak bahan ajar struktur aljabar berbasis pendekatan deduktif dalam meningkatkan HOT skill mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Riau Kepulauan (UNRIKA). Metode penelitian ini menggunakan model pengembangan 4D dari Thiagarajan yaitudefine (pendefinisian),  design (perancangan), development (pengembangan), and dissemination  (penyebarluasan). Data yang diperoleh terdiri dari data validitas melalui instrumen lembar angket validasi bahan ajar, praktikalitas melalui angket respon mahasiswa, dan efektifitas melalui tes keterampilan berfikir tingkat tinggi. Kriteria validitas, praktikalitas dan efektivitas ditentukan oleh peneliti. Dari penelitian yang telah dilaksanakan, diperoleh kesimpulan: (1) Bahan ajar berupa modul struktur aljabar bebasis pendekatan deduktif yang dihasilkan telah valid dan praktis dengan tingkat kevalidan sebesar 90.77% (katagori sangat baik) dan tingkat kepraktisan sebesar 79.85% (kategori baik); (2) Dampak bahan ajar berupa modul modul struktur aljabar berbasis pendekatan deduktif yang dihasilkan belum cukup efektif dalam meningkatkan  hinger order thingking skill (kemampuan berpikir tingkat tinggi) mahasiswa dengan perolehan skor rata-rata hasil tes kemampuan berpikir tingkat tinggi pada kelas eksperimen sebesar 62.46 dan kelas kontrol 60.53. Dari hasil uji statistik dengan uji U Mann Whitney  diperoleh nilai signifikansi 0.31 lebih besar dari taraf signifikan0.05 sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil tes kelompok eksperimen dan kontrol.

 

Kata Kunci : Bahan Ajar, Struktur Aljabar, Pendekatan Deduktif, HOT skill

The study aim to: (1)  produce product in the form of algebra structure teaching materials based on deductive approach that valid and practical; (2) Determine the impact of using algebra structure teaching materials based of deducative approach in improving student”s HOT Skills on Mathematics Education Depatment, University of Riau Kepulauan (UNRIKA) Batam. Methods this research using the development model of 4D Thiagarajan which stands for define, design, development, and dissemination. The data consisted of validity, practicalities, and the effectiveness through higher order thingking skills test. The criterion of validity, practicalities, and the effectiveness was determined by the researher. The result of research: (1) the teaching materials in the form of algebra structure modules that generated based on deductive approach was valid and practical with the level of validity was 90.77 % (very good category) and the level of practicality was 79.85% (good category): (2) the impact of using the teaching materials in the form of algebra structure modules generated based deductive acquisition of the average score of the test result in the experimental class at 62.46 and the control class 60.53. From the result of statistical test by Mann Withney U test was obtained significance value of 0.31 was greater than the significance level of 0.05 so that it can be concluded that there was no significance different between the students test result of the experimental and control groups.

 

Keywords : teaching materials, algebra structure, deductive approach, HOT skill

 


Full Text:

PDF

References


Agustyaningrum, N. (2015). Mengembangkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi dalam Pembelajaran Matematika SMP. Pythagoras: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 4(1), 39–46. Retrieved from journal.unrika.ac.id/index.php/jurnalphythagoras/article/download/586/449

Chiappetta, Eugene L & Koballa Jr, Thomas R. (2010). Science Intruction in The Middle and Secondary Schools Developing Fundamental Knowledge and Skills. Boston: Pearson Education Inc.

Gusmania, Y. dan T. P. (2010). Pengembangan Modul Geometri Analitik Bidang Berbasis Contextual Teaching Learning (CTL) untuk Meningkatkan Kompetensi Mahasiswa Universitas Riau Kepulauan (UNRIKA). Dimensi, 4(3), 1–11. Retrieved from http://journal.unrika.ac.id/index.php/jurnaldms/article/view/44/42

Gunawan, Imam.,& Palupi, Anggraini R. (2008). Taksonomi Bloom – Revisi Ranah Kognitif: Kerangka Landasan Untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Penilaian. https://akhmadsudrajat.files.wordpress.com/2008/01/revisi-taksonomi-bloom.pdf diakses 10 Oktober 2016.

Hurlock, E.B. (1978). Child Development Sixth Edition. London: Mc-Graw-Hill, Inc.

Krathwohl, D.R. (2002). A Revision of Bloom’s Taxonomy: An Overview. https://teaching.yale-nus.edu.sg/wp-content/uploads/sites/25/2016/02/A-Revision-of-Blooms-Taxonomy_An-Overview.pdf diakses 10 Oktober 2016

Krulik, S & Rudnick. (1999). Innovative Tasks to Improve Critical- and Creative-Thinking Skills. Developing Mathematical Reasoning in Grades K-12 , pp. 138-145. idrisharta.blogspot.com/.../higher-order-thinking-skills-in-math.html.diakses 9 Oktober 2011

Mulyatiningsih, Endang. (2013). Pengembangan Model Pembelajaran.http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/pengabdian/dra-endang-mulyatiningsih-mpd/7cpengembangan-model-pembelajaran.pdf diakases 12 Desember 2016.

Tran Vui (2001). Effective Mathematics Teaching Strategies InspiringProgressive Students: Student-Centered Approach. Penang, Malaysia:Recsam

http://fadjarp3g.files.wordpress.com/2007/09/okberpikirtktinggimat_median.pdf diakses 10 Oktober 2011

Sagala, Syaiful. (2010). Konsep dan Makna Pembelajaran.Alfabeta : Bandung.

Sugiyono.(2015). Metode Penelitian & Pengembangan Research and Development. Bandung: Penerbit Alfabeta

Sukirman.(2005). Pengantar Aljabar Abstrak. Malang: Penerbit Universitas Negeri Malang.

Utari, R. (2017). TAKSONOMI BLOOM Apa dan Bagaimana Menggunakannya?.http://ueu7361.weblog.esaunggul.ac.id/wp-content/uploads/sites/5928/2017/01/Taksonomi-Bloom.pdf diakses 10 Oktober 2016

Rosnawati, R. (2009). Enam Tahapan Aktivitas dalam Pembelajaran Matematika untuk Mendayagunakan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa. In Seminar Nasional dengan tema : ”Revitalisasi MIPA dan Pendidikan MIPA dalam rangka Penguasaan Kapasitas Kelembagaan dan Profesionalisme Menuju WCU” pada tanggal 16 Mei 2009 (pp. 1–12). Yogyakarta. Retrieved from https://www.google.co.id/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=1&cad=rja&uact=8&ved=0ahUKEwi1ldO4g_LUAhXKO48KHVhlDkQQFggmMAA&url=http%3A%2F%2Fstaffnew.uny.ac.id%2Fupload%2F132001808%2Fpenelitian%2FENAM%2BTAHAPAN%2BAKTIVITAS%2BDALAM%2BPEMBELAJARAN%2BMATEMATIKA%2BUNTUK%2BMENDAYAGUNAKAN%2BBERPIKIR%2BTINGKAT%2BTINGGI%2BSISWA.pdf&usg=AFQjCNEBj6wyW6mFQIGJaTWyx8WAPI85Fw




DOI: https://doi.org/10.33373/dms.v6i2.1045

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.