PENERAPAN MODEL PBL (PROBLEM BASED LEARNING) DALAM UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KONSEP PENCEMARAN LINGKUNGAN DAN DAUR ULANG LIMBAH KELAS X3 MAN 1 MODEL KOTA BENGKULU.

Rahmi Sikumbang

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar biologi siswa dengan penerapan model PBL (problem based learning) dalam upaya peningkatan hasil belajar siswa pada konsep pencemaran lingkungan dan daur ulang limbah kelas X3 MAN 1 Model kota bengkulu. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus, dimana tiap siklus ada 4 komponen, yaitu: 1) perencanaan (planning), 2) tindakan (acting), 3)pengamatan (observing), 4) refleksi (reflecting). Dari hasil penelitian diperoleh yaitu pada siklus 1 didapat rata-rata skor observasi akrivitas guru 24 yang termasuk dalam kategori cukup dan rata-rata aktivitas siswa 22,5 dengan kategori cukup. Sedangkan pada siklus II rata-rata skor aktivitas guru meningkat menjadi 31 kategori baik dan rata-rata skor siswa 33,5 juga kategori baik. Rata –rata hasil belajar siswa juga meningkat pada siklus 1 yaitu 61,61 dengan 15 orang siswa yang tuntas dari 31 siswa sedangkan pada siklus II rata-rata hasil belajar siswa 81,25 dengan 28 orang siswa yang tuntas dari 32 siswa. Analisis terhadap ketuntasan klasikal pada siklus 1 yaitu 51,61% sedangkan pada siklus II ketuntasan belajar meningkat menjadi 87,5%. Dari hasil analisis data tersebut menunjukkan bahwa proses pembeajaran biologi dengan menerapkan model PBL (probelm based learning) Dalam Upaya Peningkatan  Hasil Belajar Siswa Pada Konsep Pencemaran Lingkungan Dan Daur Ulang Limbah sudah berjalan dengan baik dan dapat meningkatkan hasil belajar biologi siswa.


Full Text:

PDF

References


Amir, M. Taufiq. 2009. Inovasi Pendidikan malalui Problem Based Learning. Jakarta: Kencana.

Arikunto, S. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta : Bina Aksara.

Asnimar, dkk. 2008. Model – model Pembelajaran Biologi SMP dan SMA. Palembang: Universitas Sriwijaya.

Daryanto. 2009. Panduan Proses Pembelajaran Kreatif dan Inovatif. Jakarta: Publisher.

Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, Syaiful Bahri dan Zain, Aswan. 2002. Strategi Belajar-Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Hanafiah, Nanang dan Suhana, Cucu. 2009. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: Refika Aditama.

M, Sardiman A. 2008. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Grafindo Persada.

Purwanto. 2005. Tujuan Pendidikan dan Hasil Belajar : Domain Taksonomi. Jakarta : Jurnal Teknnodik No.16/IX/Teknodik/ Juni /2005.

Sakti, Indra dan Connie, 2002. Pedoman Penulisan Skripsi Dan Karya Tulis Ilmiah. Bengkulu: FKIP UNIB.

Sudarman. ”Problem Based Learning : Suatu Model Pembelajaran untuk Mengembangkan dan Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah.” Jurnal Pendidikan Inovatif, Vol. 2 No. 2 Maret. 2007: 69.

Trianto. 2007. Model – model Pembelajaran inovatif berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.




DOI: https://doi.org/10.33373/dms.v3i2.105

Refbacks

  • There are currently no refbacks.