KUALITAS PELAYANAN KANTOR PERTANAHAN DALAM PELAKSANAAN PENDAFTARAN TANAH UNTUK PERTAMA KALI SECARA SPORADIK DI KOTA BATAM

Meri Enita Puspita Sari

Abstract


Pendaftaran tanah untuk pertama kalinya dapat dilakukan secara sporadik adalah bagian pertama pendaftaran tanah yang dilakukan atas permintaan pihak yang berkepentingan, mengenai satu atau beberapa objek pendaftaran tanah di dalam wilayah atau bagian dari desa / kelurahan secara individu atau berkelompok. Dinas Pertanahan Batam bertugas untuk melakukan layanan pendaftaran tanah yang dikelola oleh Kantor Pertanahan sendiri. Selain tugas lain yang ditugaskan oleh Menteri Agraria, hal ini sesuai dengan Keputusan Menteri Tenaga Kerja Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor 63 Tahun 2003 sebagai berikut: pelayanan publik adalah kegiatan pelayanan yang dilakukan oleh penyelenggara pelayanan publik sebagai upaya. untuk memenuhi kebutuhan penerima layanan serta pelaksanaan ketentuan undangan undang-undang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kualitas Layanan Kantor Pertanahan dalam Pelaksanaan Pendaftaran Tanah Pertama secara sporadik dalam memberikan layanan pendaftaran tanah kepada pemohon atau masyarakat sudah berjalan dengan baik meski masih ada beberapa pegawai yang belum maksimal dalam memberikan pelayanan sehingga bias mempengaruhi pelayanan, Kurangnya sarana dan prasarana yang ada di Kantor Pertanggu Kota Batam.

 

Kata Kunci: Kualitas, Pelayanan, Tanah, Sporadik

 

Registration of land for the first time can be done by sporadic is the first part of land registration done at the request of the interested parties, concerning one or several objects of land registration within the territory or part of a village / kelurahan individually or massively.Batam Land Office has duty to carry out land registration service which managed by Land Office itself. As well as other tasks assigned by the Minister of Agrarian Affairs, this is in line with the Decision of Minister of Defense Apparatus State Apparatus Number 63 Year 2003 as follows: public service is any service activities undertaken by the providers of public services as an effort to meet the needs of service recipients as well as the implementation of the provisions of legislation invitation.The result of the research shows that the Quality of Land Office Service in the Implementation of First Land Registration Sporadically in giving the land registration service to the applicant or the community, has been running properly although there are still some employees still not maximally in providing services so that the bias affects the service, Lack of facilities and infrastructure facilities that exist in Batam City Pertanahan Office.

 

Keywords: quality, service, land, sporadic.


Full Text:

PDF

References


Achmad, Ali, 2002. Hukum Pertanahan, Pemberian Hak Atas Tanah Negara, Sertifikat dan Permasalahan. Jakarta: Prestasi Pustaka

Brotosoelarni, Soelarman, 1997. Aspek Teknis Yuridis Pendaftaran Tanah Berasarkan PP Nomor 24 Tahun 1997, Yogyakarta,

Fea, Oryza, Radhite, Dyara, 2016. Buku Pintar Mengurus Sertifikat Tanah Rumah & Perizinannya, Yogyakarta. Buku Pintar.

Harsono, Boedi, 2012. Hukum Agraria Indonesia.Jakarta. Katalog Dalam Terbitan(TDP)

Lupiyoadi.Rambat dan Hamdan i. A. ,2006. Manajemen Pemasaran Jasa, Edisi ke2.Jakarta: Salemba

Ratminto & Atik Septi Winarsih, 2015.manajemen Pelayanan.Jogjakarta: pustaka pelajar

Sahnan, 2016.Hukum Agraria Indonesia,malang. Setara Press Kelompok Intrans Publishing

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & . Bandung.Alfabeta

Thamrin, Husni, 2013. Hukum Pelayanan Publik di Indonesia, Yogyakarta. Aswaja

Wahanisa, Rofi, 2008, Buku Ajar Pendaftaran Tanah. Semarang: Universita Negeri Semarang.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 1997 Tentang Pendaftaran Tanah

Undang-undang Republik Indinesia Nomor 5 Tahun 1960. tentang Peraturan Dasar Pokok-Pokok Agraria (UUPA).

Peraturan Menteri Negara Agraria/ Kepala Badan Pertanahan Nasional Nomor 3 Tahun 1997Tentang Ketentuan Pelaksanaan Peraturan Pemerintah Nomor 24 Tahun 1997 Tentang Pendaftaran Tanah.

Tunjungsari, Hamni, Eka. 2007. Analisis Kualitas Pelayanan Sertifikat Tanah Secara Konveksi Sporadik Di Kantor Pertanahan Kabupaten Bayuwangi.




DOI: https://doi.org/10.33373/dms.v6i2.1053

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.