ANALISIS INVESTASI SEKTOR PARIWISATA OLEH PEMERINTAH DAERAH KOTA BATAM TAHUN 2014

Nurhayati N

Abstract


Invesatasi sering disebut penanaman modal, merupakan pengeluaran perusahaan secara keseluruhan untuk membeli barang-barang modal riel, baik untuk mendirikan perusahaan baru maupun untuk memperluas usaha yang telah ada, dengan tujuan untuk memperoleh keuntungan khususnya pada sector pariwisata. Antusiasme pemerintah daerah belum sepenuhnya di barengi dengan agenda-agenda yang jelas dan komprehensif yang secara internal kreasikan sendiri oleh pemerintah daerah. Perumusan kebijakan investasi, penyempurnaan peraturan dan regulasi, penyusunan master-plan investasi, pengembangan sistem informasi investasi, pelayanan one-roof system atau one-stop shop, pengembangan partnership, belum kembangkan secara optimal oleh pemerintah daerah. investasi Sektor Pariwisata dimana investasi yang lakukan bidang pariwisata untuk mendukung pengembangan pariwisata terutama dalam memfasilitasi sarana parasana pariwisata dan juga destinasi pariwisata. Invetasi bidang pariwisata Indonesia sangat menjajikan hal ini di karenakan Negara Indonesia merupakan salah satu tujuan wisata yang minati oleh tourism mancanegara khususnya sector pariwisata Kota Batam.

Penelitian ini bertujuan untuk; meningkatkan investasi sektor pariwisata pemerintah Kota Batam, Penelitian investasi sektor pariwisata ini menggunakan pendekatan kualitatif. Dalam analisis data, diawali dengan menghimpun data melalui metode kepustakaan (dokumentasi), observasi dan wawancara.

Hasil Penelitian ini menyimpulkan; dalam mengelola sector pariwisata untuk menarik investasi pariwisata khususnya di Kota Batam dengan memberikan fasilitas baik sarana dan prasarana guna untuk menunjang prosedur pelayanannya kepada para investor dalam menanamkan modal usaha disektor pariwisata. Pemerintah Daerah Kota Batam sudah merealisasikan beberapa kegiatan kepariwisataan guna investasi dalam mengembangkan obyek pariwisata yaitu meningkatkan pengembangan obyek wisata yang dimiliki Kota Batam. Selain itu juga guna untuk investasi penguatan modal pelaku pariwisata Kota Batam.

Penelitian ini merekomendasikan; Diharapkan Pemerintah Kota Batam mendorong pertumbuhan investasi sektor pariwisata, serta semakin meningkatkan pergerakkan investasi sektor pariwisata serta Pemerintah Kota Batam diharapkan lebih fokus memperhatikan perkembangan pembangunan sektor pariwisata yang dapat menyerap tenaga kerja lebih banyak lagi pada sektor pariwisata.


Full Text:

PDF

References


Anastasia Diana dan Fandy Tjiptono, Prinsip Dinamika Pemasaran, J dan J Learning Yogyakarta, 2000.

Alma Buchari, Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa, Penerbit ALFABETA, Bandung 2011.

Armstrong Kotler, Dasar-Dasar Pemasaran, Penerbit CV Intemedia: Jakarta, 1998.

Chadid Narbuko dan Abu Achmadi, Metodologi Penelitian, Bumi Aksara. Jakarta, 2007.

David W. Cravens, Pemasaran Strategis, Penerbit Erlangga, 1996.

Doli D. Siregar, Manajemen Aset, PT Gramedia Pustaka Utama: Jakarta, 2004.

M. J. Prajogo, Pengatar Pariwisata Indonesia, Penerbit Direktorat Jenderal Pariwisata Departemen Perhubungan, 1976.

Freddy Rankuti, Manajemen Pemasaran. Penerbit PT Gramedia Pustaka Utama: Jakarta, 2004.

Gamal Suwantoro, Dasar-dasar Pariwisata, Penerbit PT. Andi yogyakarta, 1997.

Herwan Kartajaya, Marketing Plus 2000 Siasat Memenangkan Persaingan Global, PT Gramedia Pustaka Utama Mark Plus Profesional Service Harian Bisnis Indonesia Jakarta, 2001.

Happy, Marpaung, Pengetahuan Kepariwisataan, ALFABETA: Bandung, 2000

I Ketut Suwena dan I Gst Ngr Widyatama, Pengetahuan Dasar Ilmu Pariwisata, Udayana University Press, 2010.

J David Hunger dan Thomas L. Wheeen, Manajemen Strategis, Andi Yogyakarta, 2003.

Kuntjoro Suwandi, Panduan Cerdas Investasi,Reksa Dana,Saham,Stock Option,Valas,Emas, Penerbit Pinang Merah Publisher, Yogyakarta, 2011.

Kotler Philip, Dasar-Dasar Pemasaran, Penerbit PT. Midas Surya Grafindo, Jakarta, 1987.

Lexy J. Moleong, Metode Penelitian Kualitatif, PT Remaja Rosdakarya, Bandung, 2011.

Pitana I Gde dan I Ketut Surya Diarta, Pengatar Ilmu Pariwisat, Penerbit Andi, Jakarta, 2009.

Sugiono, Metode Penelitian Pendidikan (PendekatanKuantitatif, Kualitatif, dan R&D), Bandung: Alfabeta, 2010.

Suharno dan Yudi Sutarso, Marketing In Practice. Penerbit Graha Ilmu, 2010.

Sofyan Efendi dan Masri Singarimbun, Metode Penelitian Survey, LP3ES. Jakarta, 1984.

Sofyan Assauri, Manajemen Pemasaran, Dasar Konsep dan Strategi, Penerbit PT. Damar Mulia Pustaka, Jakarta, 1999.

Tjiptono Fandy, Strategi Pemasaran, Edisi III, CV. ANDI OFFSET, ANDI Yogyakarta, 2008.

Tandelilin Eduardus, Portofolio dan Investasi Teori dan Aplikasi, Penerbit KANISIUS (Anggota IKAPI), Yogyakarta, 2010.

W.J.S. Poerwadarminta, Kamus Umum Bahasa Indonesia, Penerbit Balai Pustaka, Jakarta, 1976.

Yoeti Oka A, Pengantar Ilmu Pariwisata, penerbit PT. Angkasa, Bandung, 1996.

Yoeti A, Oka, Perencanaan Strategis Pemasaaran Daerah Tujuan Wisata, Jakarta: Pradnya Paramita, 2005

Sumber lain

Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (Lakip) Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Batam, Tahun 2014

Rencana Kerja (RENJA), Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Batam, Tahun 2014

Proyek Investasi Kota Batam, Badan Koordinasi Modal dan Perizinan Terpadu Tahun 2012.

Data Usaha Pariwisata (Direktori), Pariwisata dan Kebudayaan Kota Batam, Tahun 2014.

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Batam, (http://skpd.batamkota.go.id/pariwisata), Tahun 2013.

BPM-PTSP Kota Batam, (http://skpd.batamkota.go.id/penanamanmodal), Tahun 2014




DOI: https://doi.org/10.33373/dms.v5i2.11

Refbacks

  • There are currently no refbacks.