PERBEDAAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA PADA POKOK BAHASAN DINAMIKA POPULASI PADA HEWAN ANTARA KELAS PBL (PROBLEM BASED LEARNING) DENGAN KELAS KONVENSIONAL DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI FKIP UMB

Rahmi Sikumbang

Abstract


Penelitian yang menggunakan metode Quasi Eksperimen ini bertujuan untuk perbedaan kemampuan berpikir kritis mahasiswa padapokok bahasan dinamika populasi pada hewan antara kelas PBL (Problem Based Learning) dengan kelas konvensional, dan mengatahui deskripsi indikator dari kemampuan berpikir kritis mahasiswa padapokok bahasan dinamika populasi pada hewan di Program Studi Pendidikan Biologi FKIP UMB. Sampel penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi semester VI pada tahun akademik 2011/2012. Penguasaan kemampuan berpikir kritis diukur dengan menggunakan tes uraian materi dinamika populasi pada hewan sebanyak lima soal, masing-masing mengukur ketercapaian lima indikator kemampuan berpikir kritis.Analisis data menggunaka uji-t.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelas PBL berbeda signifikan pada kemampuan berpikir kritis di bandingkan dengan kelas konvensional dan menggunakan uji-t juga penelitian menunjukkan bahwa dari lima indikator kemampuan berpikir kritis pada indikator melakukan deduksi dan induksi dan melakukan evaluasi tersebut berbeda signifikan dibandingkan dengan indikator yang lain. Kemampuan berpikir kritis yang berbeda signifikan pemilikannya pada mahasiswa yang belajar dengan menggunakan model PBL adalah kemampuan melakukan deduksi dan induksi, serta melakukan evaluasi.Model pembelajaran PBLlebih cocok digunakan pada kemampuan berpikir kritis mahasiswa dan model PBL juga cocok digunakan pada matakuliah yang mempunyai  karakteristik yang sama denganpokok bahasan dinamika populasi pada hewan.


Full Text:

PDF

References


Anggraeni, Sri. 2006. Pengembangan program perkuliahan Biologi Umum berbasis inkuiri bagi calon guru Biologi. Disertasi Program Studi Pendidikan IPA.Bandung : SPS UPI

Hanafiah, Nanang dan Suhana, Cucu. 2009. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: Refika Aditama.

Hermelly, romsiati. 2011. “ perbedaan prestasi belajar biologi siswa yang menggunakan pembelajaran kooperatif tipe STAD (student teams achievement divisions) berbasis media komputer dan tanpa media komputer di SMP negeri 10 kota bengkulu”

Sugiyono, 2008, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung : Alfabeta.

Suryadi, ending. 2011 “ pengaruh pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan berpikir kritis dan pemahaman konsep biologi siswa kelas X SMA negeri 1 ujan mas kepahiayang”.

Trianto. 2007. Model – model Pembelajaran inovatif berorientasi konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Wena, Made. 2009. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: https://doi.org/10.33373/dms.v2i2.115

Refbacks

  • There are currently no refbacks.