REFORMASI BIROKRASI GUNA MENGEFEKTIFKAN KINERJA PEMERINTAH DI INDONESIA

Yustinus Farid Setyobudi

Abstract


Sejak lahir sampai sekarang, kita tidak bisa lepas dari apa yang namanya birokrasi. Kita lahir langsung berhadapan dengan birokrasi di dinas catatan sipil dan kependudukan. Apalagi sekarang, hampir tiap hari kita berhadapan dengan birokrasi, misalnya jika kita ingin mengurus KTP, Paspor, atau SIM yang sering dilakukan masyarakat pada umumnya, kita langsung dihadapkan pada birokrasi, mulai dari kelurahan, kecamatan, kabupaten maupun di kepolisian di tingkat Polres (Kabupaten).

Birokrasi merupakan sebuah konsekuensi logis yang harus diterima dari hipotesis bahwa negara mempunyai tujuan yang mulia yaitu untuk mensejahterakan rakyatnya. Untuk itu negara harus terlibat langsung dalam memproduksi barang dan jasa publik yang diperlukan oleh rakyatnya. Berkenaan dengan upaya pelayanan dan mewujudkan kesejahteraan rakyat, birokrasi publik memberikan andil yang besar. Barang dan jasa publik hendaknya dapat dikelola secara efisien dan efektif, dan hal tersebut merupakan tanggung jawab birokrasi.

Peran pemerintah yang strategis, akan banyak ditopang oleh bagaimana birokrasi mampu melaksanakan tugas dan fungsinya. Salah satu tantangan besar yang dihadapi birokrasi adalah bagaimana dapat melaksanakan kegiatan secara efektif dan efisien, dikarenakan selama ini birokrasi identik dengan segala macam bentuk patologi yang dideritanya.


Full Text:

PDF

References


Dwiyanto, Agus Dkk, Reformasi Birokrasi Publik di Indonesia, 2002, Yogyakarta : Gadjah Mada University Press

Hidajah, Siti Hidajatul, Birokrasi dan Pembentukan Civil Society (Analisa Peran dan Fungsi Birokrasi di Indonesia), 2004, Surabaya : Pukad-Hali

Ismatullah, Dedy dan Sahid Gatara, Ilmu Negara Dalam Multi Perspektif, 2007, Bandung : Pustaka Setia

Tamin, Feisal, Reformasi Birokrasi, Pendayagunaan Apartur Negara, 2004, Jakarta : Belantika

Thoha, Miftah, Birokrasi dan Politik di Indonesia, 2003, Jakarta : Raja Grafindo Persada

www.ditjen-otda.depdagri.go.id, Dalam Artikel Menyoal Peran Birokrasi oleh Dody Riyadmadji

www.transparansi.or.id, Dalam artikel Indonesia Masih Terburuk dalam Perbaikan Birokrasi




DOI: https://doi.org/10.33373/dms.v2i2.149

Refbacks

  • There are currently no refbacks.