ANALISIS PENDEKATAN ITM (ILMU TEKNOLOGI MASYARAKAT) DI DALAM MENGATASI PEMBELAJARAN IPS PADA PESERTA DIDIK

Anastasia Dewi Anggraeni

Abstract


Dalam segi hasil atau dampak pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial atau IPS terhadap kehidupan bermasyarakat, masih belum begitu nampak. Perwujudan nilai-nilai sosial yang dikembangkan di sekolah belum nampak dalam kehidupan sehari-hari, keterampilan sosial para sosial para lulusan pendidikan dasar khususnya masih memprihatinkan, partisipasi dalam berbagai kegiatan kemasyarakatan semakin menyusut. Model pembelajaran saat ini juga lebih menekankan pada aspek kebutuhan formal dibanding kebutuhan real siswa sehingga proses pembelajaran terkesan sebagai pekerjaan administratif dan belum mengembangkan potensi anak secara optimal. Berdasarkan permasalahan pembelajaran IPS di atas, maka diperlukan model pembelajaran dengan pendekatan ITM (Ilmu Teknologi Masyarakat, sebuah pendekatan untuk mencapai tujuan pembelajaran yang berkaitan langsung dengan lingkungan nyata dengan cara melibatkan peran aktif peserta didik dalam mencari informasi untuk memecahkan masalah yang ditemukan dalam kehidupan kesehariannya.


Keywords


Analisis, Pendekatan ITM, Pembelajaran IPS, Peserta didik

Full Text:

PDF

References


Boediono, e. a. (1999). Penyempurnaan Kurikulum 1994 Berbasis Kemampuan Dasar: Laporan Awal. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 82-97.

Muchtar, S. (1991). Pengembangan Kemampuan Berpikir dan Nilai Dalam Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (Suatu Studi Sosial Budaya Pendidikan). Bandung: Disertasi Program Pasca Sarjana Universitas Pendidikan Indonesia.

Nurdin, S. (2001). Penerapan Model Pendekatan Aptitude Treatment Interaction (ATI) dalam Pembelajaran IPS di SD. (Disertasi). Bandung: PPs UPI: Tidak Diterbitkan.

Nursid, S. (1996). Manusia Dalam Konteks Sosial Budaya dan Lingkungan Hidup. Bandung: Alfabeta.

Permana, M. S. (1998). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Depdikbud.

Sudaryanto. (1993). Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa: Pengantar Penelitian Wahana Kebudayaan Secara Linguistik. Yogyakarta: Duta Wacana University Press.




DOI: https://doi.org/10.33373/dms.v7i1.1629

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.