KONTRIBUSI MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJARWIRAUSAHA DENGAN KESIAPAN BERWIRAUSAHA SISWA KELAS XII SMK NEGERI 1 BATAM

Nispida Yeni, Suryo Hartanto

Abstract


Kesiapan berwirausaha siswa SMK N I Batam sangat rendah dibuktikandengan rendahnyajumlah lulusanyang berwirausaha. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkapkan Hubungan motivasi berwirausaha dan hasil belajar kewirausahaan dengan kesiapan berwirausaha siswa kelas XII SMK N I Batam. Penelitian ini adalah penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII SMK N I Batam yang berjumlah 282 orang dan sampel sebanyak 159, sampel dipilih acak dengan metode sampling menggunakan nomogram Harry King. Instumen penelitian ini menggunakan angket dan nilai hasil belajar kewirausahaan. Angket yang digunakan telah di Uji validitas dan reliabilitas. Berdasarkan hasil penelitian, terdapat hubungan motivasi berwirausaha dengan kesiapan berwirausaha  r = 0.533 dan kontribusi sebesar 28.4%, terdapat hubungan hasil belajar kewirausahaan dengan kesiapan berwirausaha r = 0.594 dan kontribusi sebesar 35.2%, terdapat hubungan motivasi berwirausaha dan hasil belajar kewirausahaan secara simultan dengan kesiapan berwirausaha r = 0,678 dan kontribusi sebesar 46%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa motivasi berwirausaha dan hasil belajar kewirausaha adalah dua faktor yang berhubungan dengan kesiapan berwirausaha siswa SMK N I Batam.


Keywords


Motivasi, Hasil belajar, Kesiapan berwirausaha

Full Text:

PDF

References


Alma, B. (2004). Kewirausahaan. Bandung: Alfabeta.

Astamoen, P.M. (2005). Entrepreneurship dalam Persepktif Kondisi Bangsa Indonesia. Bandung: Alfabeta.

Dit. PSMK. (2006). Sekolah Menengah Kejuruan. Jakarta: Depdiknas.

Hartanto, S. (2015). Komparasi Pemahaman Geometris Karyawan Lulusan SMK Dan SMA Terhadap Proses Machining CNC Di PT.Tomoe Valve Batam, 4(2), 34–42. Retrieved from http://journal.unrika.ac.id/index.php/jurnalphythagoras/issue/view/20

Hartanto, S., Lubis, S., & Rizal, F. (2017). Need And Analysis Of Soft Skills For Students Of The Mechanical Engineering Department Of Vocational, 12(30), 156–159. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.21660/2017.30.TVET017

Hisrich. Peters. M (2004). Entrepreneur.4 th edition. Singapore. Mc Graw Hill Companies, Inc

Indriyanto, B. (2004). Model Layanan Profesional Pemelajaran Kewirausahaan: Sekolah Menengah Kejuruan. Jakarta: Balitbang Puskur Depdiknas.

Rukun, K., Huda, A., & Hartanto, S. (2015). Designing Interactive Tutorial Compact Disc For Computer Network Subject, 23(Cd), 21–26. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.11113/jt.v77.6682

Shane, S.,Locke, E. A, Collins, C. J (2007). Entrepreneurial Motivation Human Resource Management Review. Elsevier Sciense Inc.

Soemanto, W. (2002). Pendidikan Wiraswasta. Jakarta: Bumi Aksara.

Sugiyono. (2006). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Widodo, W. (2005). Jendela Cakrawala Kewirausahaan. Bogor: IPB Press.




DOI: https://doi.org/10.33373/dms.v7i1.1630

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.