MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ARTICULATE STORYLINE 2 PADA MATERI MENGGAMBAR GRAFIK FUNGSI DI SMP PATRA DHARMA 2 BALIKPAPAN

Ryan Angga Pratama

Abstract


 

Penelitian ini termasuk dalam kategori penelitian dan pengembangan (R& D) dengan tiga tahapan utama yang dimodifikasi dari Borg & Gall (1989), yakni: 1) Pendahuluan dan Perencanaan, 2) Pengembangan Produk Awal, dan 3) Pelaksanaan (Validasi, Revisi, serta Uji Coba I dan II). Dalam pelaksanaannya, media pembelaajran Al Barik (Tutorial Gambar Grafik) terlebih dahulu divalidasi oleh 1 ahli media, 1 ahli materi, dan 1 praktisi/guru, yang selanjutnya direvisi dan diujicobakan dalam lingkup skala kecil dengan subjek 8 siswa les privat peneliti dan skala besar dengan subjek 31 siswa di SMP Patra Dharma 2 Balikpapan. Adapun metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah wawancara, studi dokumentasi, dan angket yang telah divalidasi oleh ahli bahasa dan materi. Pada penelitian ini diperoleh hasil jika ditinjau berdasarkan tingkat kevalidan, kepraktisan, dan efektivitasnya; diperoleh hasil sebagai berikut : Al Barik (Tutorial Gambar Grafik) Valid dengan rata-rata persentase 87,35%, Praktis dengan persentase 81,53%, dan Efektif dengan sumbangan keberhasilan penggunaan media tersebut pada uji coba sebesar 90,83% (skala kecil) dan 88,13% (skala besar). Selain itu, berdasarkan  capaian hasil belajar siswa juga menunjukkan rata-rata di atas 75, meskipun terdapat 3 siswa pada uji coba skala besar yang skor pencapaiannya tepat di angka 75.


Keywords


Media pembelajaran, Al Barik (Tutorial Gambar Grafik)

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Yogyakarta: Rineka Cipta.

Arsyad. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Asyhar, R. (2012). Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Referensi.

Darmawan. (2012). Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Daryanto. (2010). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Farihah, U. (2015). Pengaruh Program Interaktif Geogebra Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Grafik Persamaan Garis Lurus. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika (JP2M), 1(1), 11–23.

Kachepa, A., & Jere, N. (2014). Implementation of Mobile Games for Mathematics Learning : a Case of Namibian Schools. Sept, 5(5), 7.

Kholifah, N., & Santosa, A. B. (2016). Pembelajaran Menggunakan Software Articulate pada Mata Pelajaran Elektronika Dasar Kelas X TAV di SMK Negeri 1 Madiun. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 5(1), 265–270.

Munadi. (2013). Media Pembelajaran; Sebuah Pendekatan Baru. Jakarta: Referensi.

Narullita, D., & Masduki. (2016). Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Fungsi. In Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP I) Universitas Muhammadiyah Surakarta (pp. 164–171). Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Pratama, R. A. (2017). GAMBAR (Game Aljabar) in Learning Algebra. In ICONS - CHARACTER DEVELOPMENT IN THE 21 CENTURY EDUCATION (pp. 866–875). Yogyakarta: Universitas PGRI Yogyakarta. Retrieved from http://icons.upy.ac.id/2017/11/16/gambar-game-aljabar-in-learning-algebra/

Purnama, S. I., & B, I. G. P. A. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Software Articulate Storyline pada Mata Pelajaran Teknik Elektronika Dasar Kelas X TEI 1 Di SMK Negeri 2 Probolinggo. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 3(2), 275–279.

Puspitasari, & Hardini. (2012). Strategi Pembelajaran Terpadu (Teori, Konsep, Implementasi). Yogyakarta: Familia.

Rusman. (2012). Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer : Mengembangkan Profesionalisme Guru Abad 21. Bandung: Alfabeta.

Sanjaya. (2012). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.




DOI: https://doi.org/10.33373/dms.v7i1.1631

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.