ANALISIS RISIKO OPERASIONAL BERDASARKAN PENDEKATAN ENTERPRISE RISK MANAGEMENT (ERM) PADA PT. SWAKARYA INDAH BUSANA TANJUNGPINANG

Dwi Septi Haryani, Risnawati Risnawati

Abstract


Di dalam mejalankan sebuah perusahaan pasti akan menghadapi risiko. Risiko yang muncul berasal dari lingkungan eksternal maupun lingkungan internal perusahaan yang membuat perusahaan mengalami kerugian. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mengidentifikasi  resiko operasional, untuk mengetahui dampak yang di timbulkan, dan untuk  mengetahui tindakan yang perlu di lakukan sebagai antisipasi dan pencegahan atas resiko operasional yang dapat timbul di PT. Swakarya Indah Busana. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa risiko operasional yang terjadi pada PT. Swakarya Indah Busana meliputi dari risiko sumber daya manusia meliputi terjadinya pencurian bahan jadi oleh karyawan, kecelakaan kerja, strategi pengembangan karyawan kurang efektif, performa kinerja menurun, lalu risiko produktivitas meliputi pelaksanaan kerja tidak sesuai SOP, terjadi kerusakan mesin pada saat produksi, lalu risiko system meliputi terjadinya gangguan pada computer perusahaan yang menyebabkan data perusahaan hilang, kemudian risiko proses meliputi supplier terlambat mengirim barang, terjadinya kesalahan produksi sehingga menghasilkan produk yang cacat.


Keywords


Enterprise Risk Management , Risiko, Operasional

Full Text:

PDF

References


Darmawi, H. (2016). Manajemen Risiko (2nd ed.). Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Fahmi, I. (2010). Manajemen Risiko. Bandung: Alfabeta.

Hanafi, M. M. (2014). Manajemen Risiko (2nd ed.). Yogyakarta: UPP STIM YKPN.

Luppino, R., Hosseini, M. R., & Rameezdeen, R. (2014). Risk management in research and development (R&D) projects: The case of South Australia. Asian Academy of Management Journal, 19(2), 67–85.

Mellisa, & Andono, F. A. (2013). PENERAPAN ENTERPRISE RISK MANAGEMENT DALAM RANGKA MENINGKATKAN EFEKTIFITAS KEGIATAN OPERASIONAL “CV. ANUGERAH BERKAT CALINDOJAYA.” Calyptra: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya, 2(1). https://doi.org/10.1017/CBO9780511778711.004

Mulyawan, S. (2015). Manajemen Risiko. Bandung: CV.Pustaka Setia.

Mustapha, M., & Adnan, A. (2015). A Case Study of Enterprise Risk Management Implementation in Malaysian Construction Companies. International Journal of Economics and Financial Issues, 5(2), 70–76.

Sirait, N. M., & Susanty, A. (2016). ANALISIS RISIKO OPERASIONAL BERDASARKAN PENDEKATAN ENTERPRISE RISK MANAGEMENT ( ERM ) PADA PERUSAHAAN. Industrial Engineering Online Journal, 5(4).

Wiryono, S. K., & Suharto. (2008). Analisis Risiko Operasional di PT TELKOM dengan pendekatan Metode ERM. Jurnal Manajemen Teknologi, 7(1).




DOI: https://doi.org/10.33373/dms.v7i2.1699

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.