PENGARUH LINGKUNGAN KERJA DAN DISIPLIN KERJA SERTA MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN

Abdul Hanafi, Zulkifli Zulkifli

Abstract


AbstrakTujuan dari penelitian ini adalah: 1) untuk mempelajari tentang pengaruh Lingkungan dan Disiplin dan Motivasi terhadap Kinerja; 2) untuk mempelajari tentang pengaruh Lingkungan dan Disiplin dan Motivasi parsial terhadap Kinerja; 3) untuk mempelajari tentang pengaruh Lingkungan dan Disiplin dan Motivasi yang memiliki pengaruh dominan pada jumlah karyawan yang menjadi populasi 60 orang responden oleh spesialis. Pengumpulan data adalah dengan memberikan kuesioner kepada responden, wawancara dengan anggota organisasi, dan juga melihat dokumen yang diperlukan. Data yang dikumpulkan didukung oleh pengujian asumsi dan reliabilitas. Analisis model didukung oleh pengujian asumsi klasik; uji korelasi otomatis multikolobieritas. Untuk mengetahui tentang penentuan koefisien determinasi, pengujian dilakukan dengan melihat koefisien determinasi. Dari data regresi berganda diperoleh garis kemiripan kemiripan: Y = -1,435 + 0,330 X1 + 0,609 X2 + 0,156 X3 + e dan diketahui bahwa hasil uji Hipotesis 1: F hitung adalah 143,958 dengan probabilitas 0,000 dan F tabel (= 0,05; df 1 = 3; df2 60) adalah 2,769, artinya variabel Lingkungan (X1) dan Diciplin (X2) dan Motivasi (X3) secara simultan berpengaruh terhadap kinerja (Y), maka hipotesis pertama diterima. Hipotesis 2: Ditemukan bahwa nilai tcount X1 adalah 3.059 dan nilai ttabel adalah 2003 dan dari akun lebih besar nilai ttabel 2.003, hipotesis kedua adalah variabel lingkungan (X1) dan Diciplin (X2) dan Motivasi (X3) secara parsial efek kinerja (Y) diterima.

Keywords


Lingkungan, Diciplin, Motivasi, Kinerja Karyawan

Full Text:

PDF

References


Anoraga S & Suyati S. 2015. Psikologi Industri dan Sosial, PT Dunia Pustaka Jaya. Jakarta

As’ad, Moh. 2015. Psikologi Industri. Liberty. Yogyakarta

Anton Dayan, 2016. Pengantar Metode Statistik, LP3ES Jakarta

Dewi Agung Nugraheni, Achmad Sudiro, Eka Afnan Troena. 2015. Pengaruh Motivasi Ekstrensik dan Motivasi Intrinsik Terhadap Kinerja Paramedis Keperawatan (Suatu Studi pada RSUUSD Gambiran Kediri). Kumpulan Artikel Seminar Hasil Penelitian. Program Magister Manajemen Program Pasca Sarjana Universitas Brawijaya.

Eko Agus Alfianto, H Bambang Swasto, Achmad Sudiro. 2014. Pengaruh Kompensasi Terhadap Motivasi, Kemampuan dan Kinerja Karyawan Studi pada Karyawan Bagian Pemimpin Perjalanan Kereta Api PT Kereta Api (Persero) Daerah Operasi VII Surabaya. Jurnal Aplikasi Manajemen, Vol 2. Nomer 1, April 2014.

Gasperz, Vincent, 2018. Manajemen Produktivitas Total, Strategi Peningkatan Produktivitas Global. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Gangsar Sulistiyo. 2015. Pengaruh Motivasi dan Kepemimpinan serta Iklim Organisasi Terhadap Kinerja Pegawai Badan Kesatuan Bangsa dan Perlindungan Masyarakat Pemerintah Kota Pasuruan. Thesis S-2 Universitas. Widya Gama Malang. Tidak Dipublikasikan.

Hasibuan H. Melayu S.P, 2013. Organisasi dan Motivasi, Dasar Peningkatan Produktivitas. Jakarta: Bumi Aksara.

Robbin, Stephen, 2016. Perilaku Organisasi: Konsep, Kontaversi, Aplikasi. Edisi Bahasa Indonesia, Alih Bahasa:Pujatmoko, Hudiana. Jakarta: Prenhallindo.

Roger G. Schroeder, 2014. Manajemen Operasi Pengambilan Keputusan dalam Fungsi Operasi, Jilid Dua Edisi Ketiga, Alih Bahasa Tim Penerjemah. Jakarta: Erlangga.

Rusman. Tedi. 2012. Pengaruh Imbalan dan Kepuasan Kerja Terhadap Peningkatan Produktivitas Kerja Karyawan, Thesis, Program Pasca Sarjana, Universitas Padjadjaran. Bandung.

Rahayu. 2012. Pengaruh Motivasi, Kemampuan dan Lingkungan kerja Terhadap Kinerja Pegawai BAPPEDA Kota Pasuruan, Thesis, Program Pasca Sarjana, Universitas Widya Gama Malang.




DOI: https://doi.org/10.33373/dms.v7i2.1702

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.