SISTEM MANAJEMEN MUTU ISO 9000 DALAM PENINGKATAN MUTU PRODUK DAN PELAYANAN SERTA KEPUASAN PELANGGAN DI PASAR INTERNASIONAL

Dian Fitri, Widodo Ismanto

Abstract


Sistem Manajemen Mutu ISO seri  9000  Dalam Peningkatan Mutu  Produk dan Pelayanan Indonesia serta Kepuasan di Pasar Internasional. Tujuan dari penulisan skripsi ini adalah untuk menggambarkan serta mengetahui Sistem Manajemen Mutu ISO seri 9000  dalam peningkatan mutu Produk Indonesia di Pasar Internasional. Fokus penelitian yang diangkat mengenai Respon Indonesia terhadap Pemberlakuan Sistem Manajemen Mutu ISO seri 9000 di pasar Internasional. Indonesia menetapkan suatu komitmen Inlooking Policy dan Outlooking Policy untuk meningkatkan Kualitas Produk dan Pelayanan sehingga Produk Eksport kita dapat di terima di kancah internasional. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara penelitian kepustakaan dan dokumentasi, Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dan akan dianalisis secara kualitatif. Dari hasil penelitian diketahui bahwa Sistem Manajemen Mutu dalam peningkatan mutu Produk dan Pelayanan dan kepuasan pelanggan di Pasar Internasional.


Keywords


Sistem Manajemen Mutu, ISO 9000, Kepuasan Pelanggan

Full Text:

PDF

References


Arikunto. 2012. Metodologi Penelitian Suatu Pendekatan Proposal. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Chatab, Nevizond 2017. Mendokumentasi Sistem Mutu ISO seri 9000.Andi Yogyakarta, Yogyakarta.

David L. Goetsch dan Stanley B. Davis. 2017. Pengantar Manajemen Mutu 2. Jakarta: PT. Prenhalindo.

Dimas Wicaksono, Bayu dan Sri Langgeng Ratnasari. 2018. Jurnal_ Determinasi Komunikasi,Motivasi dan Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Karyawan di Perusahaan Umum ( PERUM) Bulog Sub-Drive Kota Batam.

Freddy, Rangkuti. 2011. Customer Service Satisfaction & Call Center Berdasarkan ISO 9001. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Gaspersz, Vincent. (2011). Total Quality Management. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Ibrahim, Buddy. (2010). TQM (Total Quality Management): Panduan Untuk Menghadapi Persaingan Global. Jakarta: Djambatan.

J, Lexy Moleong. 2012. Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Miles Matthew B. A. Michael Hubberman. 2012. Analisis Data Kualitatif. Penterjemah Tjejep R. Rohidi. Jakarta: UI Press.

Rahman, A. 2011. Sistem Politik Indonesia. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabet.

Supranto. 2010. Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran Untuk Memenangkan Persaingan Bisnis. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Syafiie, Inu Kencana. 2011. Manajemen Pemerintahan. Bandung: Pustaka Reka Cipta.

Waluyo. 2010. Manajemen Publik (Konsep, Aplikasi dan Implementasinya Dalam Pelaksanaan Otonomi Daerah. Bandung: Mandar Maju.

Yayat M. Herujito. 201). Dasar-dasar Manajemen. Jakarta: Grasindo.




DOI: https://doi.org/10.33373/dms.v7i3.1705

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.