PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN TERHADAP KEPUASAN KERJA KARYAWAN PADA PT. LION MENTARI AIRLINES

Herman Herman, Nasruji Nasruji

Abstract


Kepemimpinan dapat dikatakan sebagai cara dari seorang pemimpin, dalam mengarahkan, mendorong, dan mengatur semua unsur-unsur didalam suatu organisasi untuk mewujudkan suatu tujuan yang akan dicapai, sehingga menghasilkan kinerja pegawai yang maksimal. Untuk meraih tujuan tersebut harus di upayakan bagaimana cara seorang pemimpin dapat memberikan dorongan semangat kerja kepada karyawan, agar sasaran maupun tujuan yang di rencanakan secara bersama dapat mencapai target. Selain itu, pemimpin dapat memberikan promosi jabatan bagi karyawan yang berprestasi agar, terciptanya kepuasan kerja karyawan. Dengan memberikan kompensasi, karyawan akan memiliki kepuasan kerja maupun semangat kerja yang tinggi untuk mencapai suatu target. Kepuasan kerja adalah keadaan emosional karyawan di mana terjadi atau pun tidak terjadi titik temu antara nilai balas jasa kerja karyawan dari perusahaan/organisasi dengan tingkat nilai balas jasa yang memang diinginkan oleh karyawan yang bersangkutan. Penelitian dilakukan pada PT. Lion Mentari Airlines. Dalam melakukan penelitian penulis menggunakan metode analisa regresi berganda dan menggunakan koefisien determinasi uji F dan uji T untuk melakukan pengujian hipotesis. Data yang dikumpulkan melalui kuesioner yang dibagikan kepada 50 responden karyawan PT. Lion Mentari Airlines. Dari ketiga variabel independen yang diuji secara individual, tipe kepemimpinan yang paling dominan dalam mempengaruhi kepuasan kerja karyawan adalah tipe pemimpin Otoriter (X2).


Keywords


Gaya Kepemimpinan, Kepuasan Kerja, Perseroan Terbatas

Full Text:

PDF

References


Andhara, S. De, Utami, H. N., & Mayowan, Y. (2015). Pengaruh Senioritas Dan Loyalitas Terhadap Promosi Jabatan ( Studi pada Karyawan Departemen Kebijakan Ekonomi dan Moneter Bank Indonesia Jakarta ) Abstrak. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 22(1), 1–9.

Azwar, M. S. (2016). Pengaruh gaya kepemimpinan, komunikasi, dan disiplin kerja terhadap kinerja karyawan. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 5(3), 1–20.

Handoko, T, H. 2010. Manajemen Peronalia dan Sumber Daya Manusia. Edisi 2.

Hamzah, F. M., Musadieq, M. Al, & Hakam, M. S. (2013). Pengaruh Senioritas dan Loyalitas terhadap promosi (Studi Pada Karyawan PT. Pembangunan Perumahan DVO III Surabaya). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 6(2), 1–8.

Jain, R., & Kaur, S. (2014). Impact Of Work Environment On Job Satisfaction. International Journal of Scientific and Research Publications, 4(1), 1–8.

Kusuma, Y. W. (2016). Pengaruh Motivasi Kerja Dan Insentif Terhadap Semangat Kerja Karyawan CV, F.A Management. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 5(2).

Martoyo, Susilo. 2010. Manajemen dan Sumber Daya Manusia. Edisi 2.

Nitisemito, A. (2010). Manajemen Personalia (Edisi Kede). Jakarta: Ghalia Indonesia.

Priyatno, duwi. (2012). Cara Kilat Belajar Analisis Data Dengan SPSS 20. Yogyakarta: CV. Andi Offset.

Robbins, S. P., & Judge, T. A. (2008). Perilaku Organisasi Edisi 12. Jakarta: Salemba Empat.

Saputra, H., Hendriani, S., & Amsal, C. (2014). Pengaruh Kompensasi dan Lingkungan Kerja Terhadap Semangat Kerja Karyawan pada PT. Bina Sawit Nusantara (BSN) Pekanbaru. JOM FEKON, 1(2), 1–16.

Sari, D. C. (2015). Pengaruh Lingkungan Kerja Dan Senioritas Terhadap Produktivitas Kerja Dosen Di Jurusan Administrasi Niaga Politeknik Negeri Medan. Jurnal Ilmiah Research Sains, 1(3).

Sugiono. (2014). Metode Penelitian Administrasi Dilengkapi Dengan Metode R & D. Bandung: Alfabeta.

Sunyoto, D. (2011). Metodologi Penelitiana Untuk Ekonomi. Yogyakarta: CAPS.

Suwatno, D., & Priansa, J. (2014). Manajemen SDM Dalam Organisasi Publik Dan Bisnis. Bandung: CV. Alfabeta.

Tulenan, S. (2015). The Effect Of Work Environment And Compensation Toward Employee Performance At The Office Of State Assets And Auction Service Manado. Jurnal EMBA, 3(3), 672–682.

Widani, N. L. S. (2017). Pengaruh Kompensasi Dan Komunikasi Terhadap Semangat Kerja Karyawan Pada Hotel Puri Dajuma Resort. E-Journal Jurusan Pendidikan Ekonomi, 10(2).

Yuliyanti, Y., Istiatin, & Aryati, I. (2017). Pengaruh Insentif, Disiplin Kerja, Dan Komunikasi Terhadap Kinerja Karyawan Bagian Sewing PT. Pelita Tomangmas Karanganyar. Jurnal Akuntansi Dan Pajak, 18(1), 145–157.




DOI: https://doi.org/10.33373/dms.v7i3.1707

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.