HUBUNGAN MANAJEMEN WAKTU BELAJAR DAN PERAN SERTA ORANGTUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XI IPA SMAN 5 BATAM

Merdeka Wati, Nailul Himmi

Abstract


Penelitian ini untuk mengetahui: (1) Hubungan positif dan signifikan antara manajemen waktu belajar  dengan prestasi belajar  matematika siswa SMAN 5 Batam. (2) Hubungan positif dan signifikan antara peran serta orang tua dengan prestasi belajar  matematika siswa SMAN 5 Batam. (3) Hubungan positif dan signifikan antara manajemen waktu belajar  dan peran serta orang tua secara bersama-sama  dengan prestasi belajar  matematika siswa. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMAN 5 Batam Tahun Pelajaran 2017/2018 sejumlah 217 siswa dengan jumlah sampel 141 siswa. Instrument penelitian menggunakan angket sudah dianalisis validasi dan reliabilitas. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Simple Random Sampling. Pengujian hipotesis dengan menggunakan analisis korelasi Pearson Product Moment dan analisis korelasi ganda, yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat analisis meliputi uji normalitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat hubungan positif dan signifikan antara manajemen waktu belajar dengan prestasi belajar matematika siswa dengan rhitung=0.517 pada kategori cukup kuat, (2) Terdapat hubungan positif dan signifikan peran serta orang tua dengan prestasi belajar  matematika siswa dengan rhitung=0.207 pada kategori rendah, (3) Terdapat hubungan positif dan signifikan antara manajemen waktu belajar  dan peran serta orang tua secara bersama-sama  dengan prestasi belajar  matematika siswa dengan Rhitung=0.205 pada kategori rendah.


Keywords


Manajemen Waktu Belajar, Peran Serta Orang Tua, dan Prestasi Belajar Matematika

Full Text:

PDF

References


Anggraeni.N.D, Yoto, & Basuki. (2015). Studi tentang peran serta orang tua dan dunia usaha/industry dalam peningkatan mutu pendidikan di SMK N 1 Singosari. Jurnal Teknik Mesin 23 (1). 11-20.

Hasbullah. (2013). Pengaruh komunikasi keluarga terhadap prestasi belajar matematika. Jurnal EducatiO 8(2). 1-15.

Juliasari, N. & Benecdictus. (2016). Hubungan antara manajemen waktu belajar, motivasi belajar, dan fasilitas belajar dengan prestasi belajar matematika siswa SMP kelas VII se-Kecamatan Danurajen Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Matematika 4 (3). 405-412.

Linda. (2017). Pengantar rancangan modul pelatihan manajemen waktu pada himpunan mahasiswa program studi psikologi Universitas ”X”. Jurnal Psikologi Psibernetika 10 (1). 1-8.

Riduwan. (2012). Belajar mudah penelitian untuk guru – karyawan dan peneliti pemula. Bandung: Alfabeta.

Rusdi, R. (2015). Hubungan antara efikasi diri dan manajemen waktu terhadap stress mahasiswa farmasi semester IV Universitas Mulawarman. eJournal Psikologi ISSN:0000-0000. 53-64.

Slameto. (2010). Balajar & factor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. (2011). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan r&d. Bandung: Alfabeta.

Umar, M. (2015). Peran orang tua dalam peningkatan prestasi belajar anak. Jurnal Ilmiah Edukasi 1 (1). 20-28.

Willis, SS. (2012). Psikologi pendidikan. Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.33373/dms.v7i3.1714

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.