EFEK KOMPENSASI TERHADAP MOTIVASI KERJA GURU PADA SEKOLAH WIDYA BATAM

Lutfi Erwin Lubis

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisa pengaruh kompensasi terhadap motivasi kerja guru di Sekolah Widya Batam. Populasi penelitian adalah guru di Sekolah Widya Batam sebesar 137 orang guru. Ukuran sampel yang di ambil adalah sebesar 102 orang guru, dengan teknik pengambilan sampel menggunakan rumus slovin. Penelitian ini menggunakan instrumen kuesioner untuk mengukur dua variabel: kompensasi dan motivasi. Instrumen ini telah dicoba sebelum digunakan untuk mengumpulkan data, dan hasil masing-masing instrumen valid dan dapat diandalkan. Hasil penelitian ini adalah ada pengaruh langsung yang signifikan antara kompensasi terhadap motivasi. Motivasi adalah variabel terikat. Kompensasi adalah variabel bebas yang mempengaruhi Motivasi, oleh karena itu disarankan Kompensasi harus mendapat perhatian dari para pemimpin di Sekolah Widya dalam rangka meningkatkan Motivasi guru.


Keywords


Kompensasi, Motivasi

Full Text:

PDF

References


Aityan, S.K. dan Gupta, 2011. Challenges of Employee Loyalty in Corporate America. Journal Research Article, Accepted Version. 2 (2). pp 47-54.

Ardana, Komang, Mudiarta Utama, I Wayan, Ni Wayan Mujiati. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Asmir 2014. “Pengaruh Gaya kepemimpinan dan Pelatihan Terhadap Kinerja Pegawai Melalui Kepuasan Kerja pada Rumah Sakit Umum Daerah Natuna”. Tesis. Batam: Universitas Batam.

Firmandari Nuraini. 2014. “Pengaruh Kompensasi Terhadap Kinerja Karyawan Dengan Motivasi Kerja Sebagai Variabel Moderasi (Studi Pada Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Yogyakarta)”. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam. Vol IX No 1 Desember 2014.

Kasenda Ririvega. 2013. “Kompensasi dan Motivasi Pengaruhnya terhadap kinerja Karyawan pada PT. Bangun Wenang Beveragen Company Manado”. Jurnal EMBA. Vol 1 No 3 Juni 2013.

Noor Asmirin. 2014. “Pengaruh Lingkungan Kerja Terhadap Motivasi Kerja dan Kinerja Pegawai di Satuan Kerja Unit Pelaksana Penimbangan (Jembatan Timbang) Dinas Perhubungan dan LLAJ Jawa Timur”. Jurnal Ekonomi. Vol 12 No 2, H.137-162.

Samsudin, Sadili. 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: CV. Pustaka Setia.

Samsul Arifin. 2012. Leadership, Ilmu dan Seni Kepemimpinan. Jakarta: Mitra Wacana Media

Suwardi dan Joko Utomo. 2011. “Pengaruh Motivasi Kerja, Kepuasan Kerja dan Komitmen Organisasional terhadap Kinerja Pegawai”. Jurnal Analisis Manajemen, Vol 5 No 1 Juli 2011.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen.

Wibowo. 2012. Manajemen Kinerja. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Yani, 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Mitra Wacana Media.




DOI: https://doi.org/10.33373/dms.v7i3.1715

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.